Analisis Klaster Untuk Hubungan Antara Kemampuan Komunikasi Matematis Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunkan K-Means
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.8234Abstract
Ada beberapa kemampuan matematis yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran, diantaranya kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan komunikasi matematis adalah kemapuan siswa menyatakan ide-ide pada pembelajaran, sedangkan kemampuan pemecahan masalah yaitu siswa mamupu mengidentifikasi suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori dan hubungan kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan teknik analisis klaster untuk membagi data kedalam kategori tinggi, sedang, dan rendah serta menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMPN 1 Rengasdengklok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Rengasdengklok dengan sampel sebanyak 83 orang yang dihitung berdasarkan perhitungan rumus Slovin. Sampel dalam penelitian ini dipilih memakai teknik purposive sampling, dimana pengambilan sampel berdasrkan pertimbangan difokuskan kepada siswa yang telah memperoleh pembelajaran matematika tentang relasi dan fungsi. Pada penelitin diperoleh data klaster 1 sebanyak 34 siswa berkategori tinggi, klaster 2 sebanyak 37 siswa berkategori sedang, dan klaster 3 sebanyak 12 siswa berkategori rendah. Hasil uji pada data seluruh sampel diperoleh hubungan yang signifikan dan searah dengan kontribusi kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah sebesar 45,97%. Kemudian hasil uji data klaster 1 diperoleh hubungan yang signifikan dan searah dengan kontribusi kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah sebesar 15,29%. Sedangkan hasil uji data klaster 2 diperoleh hubungan yang tidak signifikan dan tidak searah. Perbedaan siginifikansi hubungan dan tingkat keeratan yang ada pada penelitian salah satu faktornya berada pada sampel yang tidak sama.
Keywords:
Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah, K-Means ClusteringDownloads
References
Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diberi Pembelajaran Realistik. Gantang, 3(2), 83–95.
Aisyah, P, N., Yuliani, A., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 82–91.
Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). 231-Article. Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, 1(2), 82–91.
Arina, J., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMK di Ponpes Nurul Huda. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 315–324. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1877
Hafriani, H. (2021). Mengembangkan Kemampuan Dasar Matematika Siswa Berdasarkan NCTM Melalui Tugas Terstruktur Dengan Menggunakan ICT (Developing The Basic Abilities Of Mathematics Students Based On NCTM Through Structured Tasks Using ICT). Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 22(1), 63. https://doi.org/10.22373/jid.v22i1.7974
Ismayanti, S., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII di Kampung Cigulawing. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 183–196. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1036
Khairiyah, U., Idayani, D., & Puspitasari, Y. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Kelas XI Ma Darul Ulum. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 77–86. https://doi.org/10.47668/pkwu.v8i1.68
La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021
Ningsih, R. S., Rif’at, M., & Hartoyo, A. (2021). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(1), 129. https://doi.org/10.26418/ja.v2i1.48069
Nurlaila, S., Sariningsih, R., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Terhadap Soal-Soal Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1113. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1113-1120
Prayitno, S. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Lombok: Duta Pustaka Ilmu.
Riskyanti, D., Hamid, H., & Jalal, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 14 Halmahera Selatan Pada Materi Aritmetika Sosial. Pendidikan Guru Matematika, 1(1).
Sohilait, E. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: CV. Cakra.
Sulistiyawati, A., & Supriyanto, E. (2021). Implementasi Algoritma K-means Clustring dalam Penetuan Siswa Kelas Unggulan. Jurnal Tekno Kompak, 15(2), 25. https://doi.org/10.33365/jtk.v15i2.1162
Wardani, Hikmah, N., Triutami, T.W, & Soepriyanto, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMAN 2 Selong pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Tahun Pelajaran 2020/2021. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 304–316. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.193
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Devi Dwitasari, Mokhammad Ridwan Yudhanegara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work