Analisis Klaster Untuk Hubungan Antara Kemampuan Komunikasi Matematis Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunkan K-Means

Authors

  • Devi Dwitasari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Mokhammad Ridwan Yudhanegara Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.8234

Abstract

Ada beberapa kemampuan matematis yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran, diantaranya kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan komunikasi matematis adalah kemapuan siswa menyatakan ide-ide pada pembelajaran, sedangkan kemampuan pemecahan masalah yaitu siswa mamupu mengidentifikasi suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori dan hubungan kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan teknik analisis klaster untuk membagi data kedalam kategori tinggi, sedang, dan rendah serta menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMPN 1 Rengasdengklok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Rengasdengklok dengan sampel sebanyak 83 orang yang dihitung berdasarkan perhitungan rumus Slovin. Sampel dalam penelitian ini dipilih memakai teknik purposive sampling, dimana pengambilan sampel berdasrkan pertimbangan difokuskan kepada siswa yang telah memperoleh pembelajaran matematika tentang relasi dan fungsi. Pada penelitin diperoleh data klaster 1 sebanyak 34 siswa berkategori tinggi, klaster 2 sebanyak 37 siswa berkategori sedang, dan klaster 3 sebanyak 12 siswa berkategori rendah. Hasil uji pada data seluruh sampel diperoleh hubungan yang signifikan dan searah dengan kontribusi kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah sebesar 45,97%. Kemudian hasil uji data klaster 1 diperoleh hubungan yang signifikan dan searah dengan kontribusi kemampuan komunikasi matematis dan pemecahan masalah sebesar 15,29%. Sedangkan hasil uji data klaster 2 diperoleh hubungan yang tidak signifikan dan tidak searah. Perbedaan siginifikansi hubungan dan tingkat keeratan yang ada pada penelitian salah satu faktornya berada pada sampel yang tidak sama.

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah, K-Means Clustering

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diberi Pembelajaran Realistik. Gantang, 3(2), 83–95.

Aisyah, P, N., Yuliani, A., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 82–91.

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). 231-Article. Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, 1(2), 82–91.

Arina, J., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMK di Ponpes Nurul Huda. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 315–324. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1877

Hafriani, H. (2021). Mengembangkan Kemampuan Dasar Matematika Siswa Berdasarkan NCTM Melalui Tugas Terstruktur Dengan Menggunakan ICT (Developing The Basic Abilities Of Mathematics Students Based On NCTM Through Structured Tasks Using ICT). Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 22(1), 63. https://doi.org/10.22373/jid.v22i1.7974

Ismayanti, S., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII di Kampung Cigulawing. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 183–196. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1036

Khairiyah, U., Idayani, D., & Puspitasari, Y. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Kelas XI Ma Darul Ulum. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(1), 77–86. https://doi.org/10.47668/pkwu.v8i1.68

La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021

Ningsih, R. S., Rif’at, M., & Hartoyo, A. (2021). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(1), 129. https://doi.org/10.26418/ja.v2i1.48069

Nurlaila, S., Sariningsih, R., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Terhadap Soal-Soal Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1113. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1113-1120

Prayitno, S. (2019). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Lombok: Duta Pustaka Ilmu.

Riskyanti, D., Hamid, H., & Jalal, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII-1 SMP Negeri 14 Halmahera Selatan Pada Materi Aritmetika Sosial. Pendidikan Guru Matematika, 1(1).

Sohilait, E. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: CV. Cakra.

Sulistiyawati, A., & Supriyanto, E. (2021). Implementasi Algoritma K-means Clustring dalam Penetuan Siswa Kelas Unggulan. Jurnal Tekno Kompak, 15(2), 25. https://doi.org/10.33365/jtk.v15i2.1162

Wardani, Hikmah, N., Triutami, T.W, & Soepriyanto, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMAN 2 Selong pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Tahun Pelajaran 2020/2021. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 304–316. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.193

Downloads

Abstract Views : 376
Downloads Count: 98

Published

2024-09-29

How to Cite

Dwitasari, D., & Yudhanegara, M. R. (2024). Analisis Klaster Untuk Hubungan Antara Kemampuan Komunikasi Matematis Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunkan K-Means. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(3). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i3.8234

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.