Respon Siswa SD Terhadap Modul Digital Materi Teks Nonfiksi Berbasis Kearifan Lokal
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4575Abstract
Kecanggihan teknologi digital dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan media pembelajaran yang efektif dan menarik bagi siswa sekolah dasar. Penggunaan modul digital yang diintegrasikan dengan kearifan lokal sebagai media pembelajaran yang inovatif diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran menjadi lebih berkualitas. Tujuan penelitian ini menganalisis respon siswa terhadap modul digital materi teks nonfiksi berbasis kearifan lokal di SDN Ngepon 1 Tuban. Metode penelitian yang digunakan menerapkan metode campuran (mixed methods) dengan model varian sequential explanatory. Data yang digunakan berupa analisis angket respon siswa dan diperkuat dengan wawancara. Sampel penelitian menggunakan 5 orang siswa kelas V di SDN Ngepon 1 Tuban dengan uji coba skala terbatas. Hasil angket respon siswa terhadap modul digital materi teks nonfiksi berbasis kearifan lokal Tuban memperoleh skor sebesar 91% dan dikategorikan sangat positif. Modul digital materi teks nonfiksi berbasis kearifan lokal Tuban mendapat tanggapan sangat menarik bagi siswa untuk digunakan dalam pembelajaran, memiliki penyajian materi yang sangat jelas dan mudah dipahami, serta dapat memudahkan siswa dalam menulis teks nonfiksi secara mandiri.
Keywords:
teknologi digital, modul digital, kearifan lokal, teks nonfiksiDownloads
References
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Candrawaty, D. A., Damariswara, R., & Aka, K. A. (2022). Jurnal basicedu. 6(4), 7456–7465.
Cresswell, J. W., & Clark, V. L. . (2011). Designing and Conducting Mixed Methods Research. Sage Publications.
Dwija, I. W. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yayasan Gandhi Putri.
Fajrie, N, Azhari, M. N., & Purbasari, I. (2022). Education Based on A Collaborative Approach with The Pottery Community for Students’ Art Learning. Journal of Elementary, 6(1), 1–9. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/41117%0Ahttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/download/41117/pdf
Fajrie, Nur, Purbasari, I., & Sholikhan, M. (2022). ISSN 2407-5299 SOSIAL HORIZON : Jurnal Pendidikan Sosial Analisis Pemahaman Dasar Penggunaan Smartphone di Kasus Panti Pelayanan Disabilitas Sensorik Netra SOSIAL HORIZON : Jurnal Pendidikan Sosial , Perkembangan teknologi saat ini merupakan kebutuhan man. 9(2).
Fausih, M., & Danang, T. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)” Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di Smk Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal UNESA, 01(01), 1–9. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/10375
Khairiyah, U. (2018). Respon Siswa Terhadap Media Dakon Matika Materi KPK dan FPB pada Siswa Kelas IV di SD/MI Lamongan. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(2), 197–204. https://doi.org/10.53627/jam.v5i2.3476
Khairiyah, U., & Faizah, S. N. (2020). Respon Siswa Terhadap Penggunaan Modul Tematik Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 1. https://doi.org/10.33474/elementeris.v2i1.4903
Midroro, J. N., Prastowo, B., & Nuraini, L. (2021). Analisis Respon Siswa SMA Plus Al - Azhar Jember Terhadap Modul Fisika Digital Berbasis Articulate Storyline 3. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(1), 8–14.
Muttaqin, I., Widiaty, I., & Rinekasari, N. R. (2020). Pengembangan Modul Digital Berbasis Self-Determined Learning Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Dasar Pekerjaan Sosial Di Smkn 15 Bandung. FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 6(1), 47–57. https://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu/article/view/25841
Nazara, A. W., Halang, B., & Rezeki, A. (2022). Respon Siswa Terhadap Modul Elektronik Subkonsep Sistem Peredaran Darah Manusia Berbasis Problem Based Learning. JISIP (Jurnal Ilmu …, 6(2), 3804–3811. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/view/2978%0Ahttp://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/article/download/2978/2389
Permansah, S., & Murwaningsih, T. (2018). Media Pembelajaran Digital: Kajian Literatur Tentang Dampak Penggunaan Media Pembelajaran Digital di SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Administrasi Perkantoran, 3(2), 75. https://jurnal.uns.ac.id/snpap/article/view/27906
Pujiastuti, I., & Lestari, D. (2020). Tingkat Keterbacaan Wacana Buku Teks Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama dengan Grafik Fry dan Raygor. GENTA BAHTERA: Jurnal Ilmiah Kebahasaan Dan Kesastraan, 127–142. https://doi.org/10.26499/gb.v5i2.89.g57
Putra, H. A. (2022). Respon Siswa Terhadap Modul Inovatif Berbasis Qr Code Technology Pada Materi Sistem Ekskresi. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 10(1), 36–39. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/PBiotik/article/view/14548%0Ahttps://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/PBiotik/article/download/14548/7236
Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). Dalam Pembelajaran. 3, 123–133.
Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development. PUSAKA.
Sarkonah, Rohmayati, M., Damayanti, D., Rinata, N., & Nurlia, I. (2021). Buku Siswa Tematik Terpadu Tema 5 Ekosistem. CV Arya Duta.
Shufi, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1, 4–53.
Suryani, K., Utami, I. S., Khairudin, K., Ariska, A., & Rahmadani, A. F. (2020). Pengembangan Modul Digital berbasis STEM menggunakan Aplikasi 3D FlipBook pada Mata Kuliah Sistem Operasi. Mimbar Ilmu, 25(3), 358–367. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/28702
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Khansa Rofifah Salsabila, Nur Fajrie, Diana Ermawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work