Teknologi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4116Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknologi pendidikan dalam pembelajaran pendidikan agama islam berbasis blended learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, dengan mengumpulkan berbagai data, melalui literatur ilmiah pada artikel dan dokumen lainnya yang masih berkaitan dengan tema artikel. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teknologi yang terus meningkat pada era ini, pendidik dan peserta didik diharuskan untuk mengembangkan teknologi dalam pembelajaran. Dalam menerapkan model pembelajaran blended learning ada 3 tahapan yaitu; tahap persiapan yang berisi mengenai persiapan guru dalam memulai pembelajaran, tahap pelaksanaan yang dalam tahap ini pembelajaran dilaksanakan dengan daring, luring, dan tatap muka dikelas. tahap evaluasi yang berisi penilaiaan dan seberapa efektif pembelajaran blended learning digunakan terhadap peserta didik.
Keywords:
Implementasi, Teknologi Pendidikan, Blended LearningDownloads
References
Anggraeni, D. P. (2021). Implementasi Pembelajaran Blended Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Kesatrian 1 Semarang. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Anggraeni, D., Zahra, L. A., & Shoheh, R. A. (2020). Pembelajaran Blended Learning Berbasis Schoology Pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 7(1), 56–69. https://doi.org/10.17509/T.V7I1.21735
Anggraeni, D., Zahra, L. A., Shoheh, R. A., & Jakarta, U. N. (2020). PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY PADA MATA KULIAH. 7(1), 56–69. https://doi.org/10.17509/t.v7i1.
Ariani, D. (2017). Aktualisasi Profesi Teknologi Pendidikan di Indonesia. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 5(1), 1–9.
Aslamiyah, T. Al, Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2019). Blended Learning dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.17977/UM038V2I22019P109
Budiman, A. (2016). Teknologi Pendidikan dan Dinamika Pendidikan Agama Islam. At-Ta’dib, 3(2). https://doi.org/10.21111/AT-TADIB.V3I2.564
Faizatin, A. (2021). Implementasi Blended Learning untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19. 9(2).
Fitriyani, F., Febriyeni, M. D., & Kamsi, N. (2020). Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting pada Proses Pembelajaran Online Sebagai Solusi di Masa Pandemi Covid 19. Edification Journal, 3(1), 23–34. https://doi.org/10.37092/ej.v3i1.221
Hanifah, H., & Salsabila, U. . (2020). Strategi Alternatif Pembelajaran Daring Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edusciense Jurnal Edusciense, 7(2), 78–88.
Hasibuan, N. (2015). Pengembangan Pendidikan Islam dengan Implikasi Teknologi Pendidikan. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 1(2), 189–206. https://doi.org/10.24952/FITRAH.V1I2.313
Irsyadiah dkk, N. (2021). INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS BLENDED COOPERATIVE E LEARNING DI MASA PANDEMI. Syntax Idea, 3(2), 347–353.
Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52. Diambil dari http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54
Majid, D. A. (2019). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Berbasis Blended Learning. Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 178–197. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v4i1.4209
Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 281–296. Diambil dari http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/31
Nihayati, Kayyis, R., & Khasanah, B. A. (2020). Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan di Rumah pada Era Pandemi Covid-19. Bagimu Negeri: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1–8.
Nugroho, R. A. (2021). PENERAPAN METODE BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA ERA NEW NORMAL Risky Aviv Nugroho. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, (3), 17–30.
Nurhadi, N. (2020). Blended Learning dan Aplikasinya di Era New Normal Pandemi Covid-19. Agriekstensia, 19(2), 121–128.
Nuryana, Z. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Agama Islam. TAMADDUN, 19(1), 75–86. https://doi.org/10.30587/TAMADDUN.V0I0.818
Rangkuti, R. U. (2019). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran berbasis Blended Learning pada Mahasiswa Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan (UNIMED). Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 888–893. Diambil dari http://semnasfis.unimed.ac.id2549-435x
Rusmana, M. A., Yuliani, Maslahah, A., Sumarni, Y., Halimurosid, A., Hadiansah, D., … Rachman, D. A. (2020). Pengembangan Pembelajaran PAI di Era Digital (Pertama; A. Herdiana & T. R. A, Ed.). Banyumas: CV. Amerta Media.
Salsabila, U. H., Wati, R. R., Masturoh, S., & Rohma, A. N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 127–137. https://doi.org/10.36418/JAPENDI.V2I1.71
Saputro, Y. R. (2021). Implementsi Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Dolopo Madiun. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Setiawan, I., & Mulyati, S. (2019). Efektivitas Mata Kuliah Pembelajaran Mikro (Microteaching) Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar dan Kesiapan Mengajar (Survey Pada Mahasiswa FKIP Semester Genap T.A 2017/2018). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 15(02), 51–60. https://doi.org/10.25134/equi.v15i02.1619
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Cetakan 1; Ayup, Ed.). Sleman: Literasi Media Publishing.
Sohaya, E. M. (2018). Pemanfaatan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Mengembangkan dan Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik di Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 5, 584–594. Diambil dari http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38852
Sutiah. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pertama; R. Janata, Ed.). Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Syakur, A. (2016). Revitalisasi Teknologi Pendidikan Islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 40–57.
Umar, Lulus Mufarikhah, M. N. (2020). Studi Kepustakaan Tentang Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Program Studi Bimbingan Konseling,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, 599–609.
Wardani, D. N., Toenlioe, A. J., & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran di Era 21 dengan Blended Learning. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 13–18. Diambil dari http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/2852
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Unik Hanifah Salsabila, Jany Fitria Khoirunnisa, Rasyid Herbanu Indra Saputra, Alfi Zidanurrohim, Muhammad Hafidhdin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work