Teknologi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Unik Hanifah Salsabila Universitas Ahmad Dahlan
  • Jany Fitria Khoirunnisa Universitas Ahmad Dahlan
  • Rasyid Herbanu Indra Saputra Universitas Ahmad Dahlan
  • Alfi Zidanurrohim Universitas Ahmad Dahlan
  • Muhammad Hafidhdin Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4116

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan teknologi pendidikan dalam pembelajaran pendidikan agama islam berbasis blended learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, dengan mengumpulkan berbagai data, melalui literatur ilmiah pada artikel dan dokumen lainnya yang masih berkaitan dengan tema artikel. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa teknologi yang terus meningkat pada era ini, pendidik dan peserta didik diharuskan untuk mengembangkan teknologi dalam pembelajaran. Dalam menerapkan model pembelajaran blended learning ada 3 tahapan yaitu; tahap persiapan yang berisi mengenai persiapan guru dalam memulai pembelajaran, tahap pelaksanaan yang dalam tahap ini pembelajaran dilaksanakan dengan daring, luring, dan tatap muka dikelas. tahap evaluasi yang berisi penilaiaan dan seberapa efektif pembelajaran blended learning digunakan terhadap peserta didik.

Keywords:

Implementasi, Teknologi Pendidikan, Blended Learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, D. P. (2021). Implementasi Pembelajaran Blended Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Kesatrian 1 Semarang. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Anggraeni, D., Zahra, L. A., & Shoheh, R. A. (2020). Pembelajaran Blended Learning Berbasis Schoology Pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 7(1), 56–69. https://doi.org/10.17509/T.V7I1.21735

Anggraeni, D., Zahra, L. A., Shoheh, R. A., & Jakarta, U. N. (2020). PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY PADA MATA KULIAH. 7(1), 56–69. https://doi.org/10.17509/t.v7i1.

Ariani, D. (2017). Aktualisasi Profesi Teknologi Pendidikan di Indonesia. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 5(1), 1–9.

Aslamiyah, T. Al, Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2019). Blended Learning dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.17977/UM038V2I22019P109

Budiman, A. (2016). Teknologi Pendidikan dan Dinamika Pendidikan Agama Islam. At-Ta’dib, 3(2). https://doi.org/10.21111/AT-TADIB.V3I2.564

Faizatin, A. (2021). Implementasi Blended Learning untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19. 9(2).

Fitriyani, F., Febriyeni, M. D., & Kamsi, N. (2020). Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting pada Proses Pembelajaran Online Sebagai Solusi di Masa Pandemi Covid 19. Edification Journal, 3(1), 23–34. https://doi.org/10.37092/ej.v3i1.221

Hanifah, H., & Salsabila, U. . (2020). Strategi Alternatif Pembelajaran Daring Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edusciense Jurnal Edusciense, 7(2), 78–88.

Hasibuan, N. (2015). Pengembangan Pendidikan Islam dengan Implikasi Teknologi Pendidikan. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 1(2), 189–206. https://doi.org/10.24952/FITRAH.V1I2.313

Irsyadiah dkk, N. (2021). INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS BLENDED COOPERATIVE E LEARNING DI MASA PANDEMI. Syntax Idea, 3(2), 347–353.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52. Diambil dari http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54

Majid, D. A. (2019). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Berbasis Blended Learning. Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 178–197. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v4i1.4209

Maya, R. (2017). Esensi Guru dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 281–296. Diambil dari http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/31

Nihayati, Kayyis, R., & Khasanah, B. A. (2020). Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan di Rumah pada Era Pandemi Covid-19. Bagimu Negeri: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1–8.

Nugroho, R. A. (2021). PENERAPAN METODE BLENDED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA ERA NEW NORMAL Risky Aviv Nugroho. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, (3), 17–30.

Nurhadi, N. (2020). Blended Learning dan Aplikasinya di Era New Normal Pandemi Covid-19. Agriekstensia, 19(2), 121–128.

Nuryana, Z. (2019). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pendidikan Agama Islam. TAMADDUN, 19(1), 75–86. https://doi.org/10.30587/TAMADDUN.V0I0.818

Rangkuti, R. U. (2019). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran berbasis Blended Learning pada Mahasiswa Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan (UNIMED). Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3, 888–893. Diambil dari http://semnasfis.unimed.ac.id2549-435x

Rusmana, M. A., Yuliani, Maslahah, A., Sumarni, Y., Halimurosid, A., Hadiansah, D., … Rachman, D. A. (2020). Pengembangan Pembelajaran PAI di Era Digital (Pertama; A. Herdiana & T. R. A, Ed.). Banyumas: CV. Amerta Media.

Salsabila, U. H., Wati, R. R., Masturoh, S., & Rohma, A. N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 127–137. https://doi.org/10.36418/JAPENDI.V2I1.71

Saputro, Y. R. (2021). Implementsi Model Blended Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Dolopo Madiun. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Setiawan, I., & Mulyati, S. (2019). Efektivitas Mata Kuliah Pembelajaran Mikro (Microteaching) Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar dan Kesiapan Mengajar (Survey Pada Mahasiswa FKIP Semester Genap T.A 2017/2018). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 15(02), 51–60. https://doi.org/10.25134/equi.v15i02.1619

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Cetakan 1; Ayup, Ed.). Sleman: Literasi Media Publishing.

Sohaya, E. M. (2018). Pemanfaatan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Mengembangkan dan Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik di Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED, 5, 584–594. Diambil dari http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38852

Sutiah. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pertama; R. Janata, Ed.). Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Syakur, A. (2016). Revitalisasi Teknologi Pendidikan Islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 40–57.

Umar, Lulus Mufarikhah, M. N. (2020). Studi Kepustakaan Tentang Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Program Studi Bimbingan Konseling,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, 599–609.

Wardani, D. N., Toenlioe, A. J., & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran di Era 21 dengan Blended Learning. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 13–18. Diambil dari http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/2852

Downloads

Abstract Views : 863
Downloads Count: 1030

Published

2022-12-30

How to Cite

Salsabila, U. H., Khoirunnisa, J. F., Saputra, R. H. I., Zidanurrohim, A., & Hafidhdin, M. (2022). Teknologi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1634–1640. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4116

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.