Analisis Keterampilan Menulis Ditinjau Dari Kemampuan Kognitif Siswa Kelas 1 SD 3 Piji Kudus
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1398Abstract
Kegiatan menulis merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam proses pembelajaran. Untuk dapat menguasai keterampilan dalam menulis maka perlu adanya pembelajaran menulis permulaan. Karena begitu pentingnya kegiatan menulis dalam proses pembelajaran maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterampilan menulis permulaan berdasarakan kemampuan kognitif anak pada tahap operasional konkret di SD 3 Piji, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan menulis anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas 1 SD 3 Piji sesuai dengan kemampuan kognitif tahap operasional konkret dalam hal keterampilan menulis sudah mampu dan menguasai indikator-indikator keterampilan menulis permulaan. Dari 13 siswa hampir semua sudah dapat mecapai indikator menulis permulaan tersebut. Hanya saja ada beberapa siswa yang penulisan huruf alfabet masih kurang sesuai dengan penulisan huruf alfabet di dalam PUEBI. Faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan menulis anak antara lain kurangnya stimulus menulis yang diberikan, kemamuan motorik anak yang berbeda antara satu dengan yang lain, dan kurangnya perhatian dan dukungan dari keluarga
Keywords:
keterampilan menulis permulaan, kemampuan kognitifDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work