Pembelajaran Berbasis Budaya Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler

Authors

  • Muhammad Kemal Firdaus Universitas Muria Kudus
  • Nur Fajrie Universitas Muria Kudus
  • Imaniar Purbasari Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4595

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis budaya melalui kegiatan ekstrakulikuler pada sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di SD Segugus Ahmad Yani yang terletak di Kota Kudus pada Desa Demangan dan Purwosari antara lain SD 1 Purwosari, SD 2 Purwosari, SD 3 Purwosari, SD Demangan, SD NU Mafatihul Ulum. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang menjadi instruktur dan para siswa peserta ekstrakurikuler. Berdasarkan hasil penelitian, ekstrakurikuler di SD Segugus Ahmad Yani Kota Kudus menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler SD 1 Purwosar yang berhubungan dengan budaya yaitu tari, gendang dan BTQ, Kegiatan ekstrakurikuler SD 2 Purwosari meliputi seni tari, seni rupa dan rebana, Kegiatan ekstrakurikuler Sd 3 Purwosar meliputi seni tari, menyanyi dan seni rupa dan Kegiatan ekstrakurikuler SD NU Mafatihul Ulum meliputi drum band dan rebana. Hal-hal yang mempengaruhi pembelajaran berbasis budaya antara lain kurangnya wawasan siswa terhadap budaya lokal, kurangnya pengajar ekstrakurikuler, kurangnya dukungan dari orang tua, dan minimnya dana. Simpulan dalam penelitian ini adalah bentuk pembelajaran berbasis budaya di SD Segugus Ahmad Yani itu pada kegiatan ekstrakurikuler atau di luar jam pembelajaran. Faktor yang mempengaruhi pembelajaran berbasis budaya yang dihadapi SD Segugus Ahmad Yani antara lain adalah dari minat, potensi, dana, waktu, pengajar, dan fasilitas.

Keywords:

pembelajaran berbasis budaya, ekstrakulikuler

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisara, F., Nursaptini, N., & Widodo, A. (2020). Melestarikan Kembali Budaya Lokal melalui Kegiatan Ekstrakulikuler untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 9(2), 149-166.

Anwar, R. (2014). Hal-hal yang mendasari penerapan Kurikulum 2013. Humaniora, 5(1), 97-106.

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829-837.

Diniaty, A. (2017). Dukungan Orangtua terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 3(1), 90-100.

Fadillah, A. (2016). Analisis minat belajar dan bakat terhadap hasil belajar matematika siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113-122.

Johannes, N. Y., Ritiauw, S. P., Mahananingtyas, E., & Nurhayati, N. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal Dalam Meningkatkan Sikap Positif Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2), 84-94.

Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 87-97.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).

Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor–Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1).

Nurabadi, A. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya dan Lingkunan Sekolah. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 3(2), 92-99.

Santika, I. G. N. N. (2020). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Menghadapi Persoalan Covid-19: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 6(2), 127-137.

Sawawa, D., Solehudin, A., & Sabri, S. (2018). Pengaruh faktor internal dan eksternal siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran mekanika teknik dan elemen mesin. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(1), 21-26.

Setyawan, B. W. (2019). Metode Pembelajaran Berbasis Budaya Jawa Dalam Rangka Menyukseskan Pendidikan Multikultural Di Era Revolusi Industri 4.0. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 4(3), 1-12.

Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran berbasis kearifan lokal di sekolah dasar: Sebuah kerangka konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1). Doi:10.24176/Jino.Vlil.2316

Suprayekti, Dicky, Djalil, A., Panen, P., Winataputra, U. S., Rahmi, T., & Satya, W. I. (2011). Pembaruan Dalam Pembelajaran Di Sd. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tilaar, H. A. (2002). Pendidikan, Kebudayaan, Dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: Pt. Remaja Rosadakarya.

Warsito, H. R. (2017). Antropologi Budaya. Yogyakarta: Ombak.

Downloads

Abstract Views : 1555
Downloads Count: 1163

Published

2023-03-31

How to Cite

Firdaus, M. K., Fajrie, N., & Purbasari, I. (2023). Pembelajaran Berbasis Budaya Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 402–412. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4595

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.