Pembelajaran Berbasis Budaya Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4595Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berbasis budaya melalui kegiatan ekstrakulikuler pada sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilakukan di SD Segugus Ahmad Yani yang terletak di Kota Kudus pada Desa Demangan dan Purwosari antara lain SD 1 Purwosari, SD 2 Purwosari, SD 3 Purwosari, SD Demangan, SD NU Mafatihul Ulum. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang menjadi instruktur dan para siswa peserta ekstrakurikuler. Berdasarkan hasil penelitian, ekstrakurikuler di SD Segugus Ahmad Yani Kota Kudus menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler SD 1 Purwosar yang berhubungan dengan budaya yaitu tari, gendang dan BTQ, Kegiatan ekstrakurikuler SD 2 Purwosari meliputi seni tari, seni rupa dan rebana, Kegiatan ekstrakurikuler Sd 3 Purwosar meliputi seni tari, menyanyi dan seni rupa dan Kegiatan ekstrakurikuler SD NU Mafatihul Ulum meliputi drum band dan rebana. Hal-hal yang mempengaruhi pembelajaran berbasis budaya antara lain kurangnya wawasan siswa terhadap budaya lokal, kurangnya pengajar ekstrakurikuler, kurangnya dukungan dari orang tua, dan minimnya dana. Simpulan dalam penelitian ini adalah bentuk pembelajaran berbasis budaya di SD Segugus Ahmad Yani itu pada kegiatan ekstrakurikuler atau di luar jam pembelajaran. Faktor yang mempengaruhi pembelajaran berbasis budaya yang dihadapi SD Segugus Ahmad Yani antara lain adalah dari minat, potensi, dana, waktu, pengajar, dan fasilitas.
Keywords:
pembelajaran berbasis budaya, ekstrakulikulerDownloads
References
Aisara, F., Nursaptini, N., & Widodo, A. (2020). Melestarikan Kembali Budaya Lokal melalui Kegiatan Ekstrakulikuler untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 9(2), 149-166.
Anwar, R. (2014). Hal-hal yang mendasari penerapan Kurikulum 2013. Humaniora, 5(1), 97-106.
Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829-837.
Diniaty, A. (2017). Dukungan Orangtua terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 3(1), 90-100.
Fadillah, A. (2016). Analisis minat belajar dan bakat terhadap hasil belajar matematika siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113-122.
Johannes, N. Y., Ritiauw, S. P., Mahananingtyas, E., & Nurhayati, N. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal Dalam Meningkatkan Sikap Positif Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(2), 84-94.
Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 87-97.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Ningrum, R. W., Ismaya, E. A., & Fajrie, N. (2020). Faktor–Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1).
Nurabadi, A. (2019). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya dan Lingkunan Sekolah. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 3(2), 92-99.
Santika, I. G. N. N. (2020). Optimalisasi Peran Keluarga Dalam Menghadapi Persoalan Covid-19: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 6(2), 127-137.
Sawawa, D., Solehudin, A., & Sabri, S. (2018). Pengaruh faktor internal dan eksternal siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran mekanika teknik dan elemen mesin. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(1), 21-26.
Setyawan, B. W. (2019). Metode Pembelajaran Berbasis Budaya Jawa Dalam Rangka Menyukseskan Pendidikan Multikultural Di Era Revolusi Industri 4.0. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 4(3), 1-12.
Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran berbasis kearifan lokal di sekolah dasar: Sebuah kerangka konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1). Doi:10.24176/Jino.Vlil.2316
Suprayekti, Dicky, Djalil, A., Panen, P., Winataputra, U. S., Rahmi, T., & Satya, W. I. (2011). Pembaruan Dalam Pembelajaran Di Sd. Jakarta: Universitas Terbuka.
Tilaar, H. A. (2002). Pendidikan, Kebudayaan, Dan Masyarakat Madani Indonesia. Bandung: Pt. Remaja Rosadakarya.
Warsito, H. R. (2017). Antropologi Budaya. Yogyakarta: Ombak.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Kemal Firdaus, Nur Fajrie, Imaniar Purbasari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work