Karakteristik Anak Dari Keluarga Perantauan Dalam Berperilaku Sopan Santun
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3520Abstract
Karakteristik merupakan ciri khas sesorang yang sudah melekat dalam diri yang dapat membuatnya berperilaku dan bertindak secara otomatis. Perantauan yaitu perginya seseorang dari asal dia tinggal ke wilayah lain untuk mencari penghidupan yang lebih baik. Sopan santun adalah sifat lemah lembut yang dimiliki seseorang yang dapat di lihat tingkah laku maupun bahasa yang diperlihatkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik anak dari keluarga perantauan dalam berperilaku sopan santun di Desa Mangunrekso. Penelitian ini di laksanakan di Desa Mangunrekso dan menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Informan utama dalam penelitian ini berjumlah lima anak dari keluarga perantauan di Desa Mangunrekso. Sedangkan objek yang diteliti yaitu perilaku sopan santun anak dari keluarga perantauan di Desa Mangunrekso dan menggunakan teknik pengambilan subjek yaitu purposive. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dalam penelittian menunjukan bahwa karakteristik anak dari keluarga perantauan di Desa Mangunrekso dalam berperilaku sopan santun yaitu tiga dari lima anak masih berkata kasar atau kotor, masih ada anak yang belum bisa menghormati orang yang lebih tua serta menyayangi orang lebih muda, anak masih bersikap acuh tak acuh saat bertemu dengan tetangga, masih ada anak yang menyela ketika orang lain berbicara, serta berbicara dengan orang yang lebih tua menggunakan bahasa jawa ngoko atau tidak menggunakan unggah ungguh bahasa.
Keywords:
karakteristik anak, keluarga perantauan, sopan santunDownloads
References
Amini, M., & Mariyati, M. (2021). Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini melalui Pemberian Penguatan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2101-2113. doi:https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1128
Dani, R. P., Mundzir, M., & Hardika, H. (2018). Pendidikan Luar Sekolah dalam Perspektif Purna Tenaga Kerja Indonesia (Studi Fenomenologi Di Pagelaran Malang). Jurnal Pendidikan Nonformal, 10(1), 25-35.
Daradjat, Z. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Djuwita, P. (2017). Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Nomor 45 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 27-36.
Lestari, E. P. (2014). Kajian Tingkat Kesejahteraan Dan Pendidikan Anak Keluarga Perantau Di Desa Sumampir Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).
Faizah, R. N., Fajrie, N., & Rahayu, R. (2021). Sikap Sopan Santun Anak Dilihat Dari Pola Asuh Orang Tua Tunggal. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(1).
Idris, M. H. (2016). Karakteristik Anak Usia Dini. Permata: Edisi Khusus Hasil Riset Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 1(1), 37–43.
Lawotan, Y. E., & Uran, M. A. D. (2022). Peran Pola Asuh Orangtua Terhadap Karakter Sopan Santun Siswa Kelas IV SD Inpres Beru. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 229-233.
Munib, A. (2012). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT UNNES Press.
Mustafa, J. I. (2016). Peran Orang Tua dalam pembentukan karakter anak sejak dini. Jurnal Al Athfal, 1(2), 45–54.
Nuraeni, N. (2020). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Jurnal Paedagogy, 3(2), 65-73.
Nurhidayati, V. (2019). Implementasi nilai-nilai agama Islam dari orang tua pengganti terhadap terbentuknya perilaku anak pada keluarga perantau di desa Dukuhlo kecamatan Bulakamba kabupaten Brebes. OASIS: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 3 (2), 79-100.
Oetomo, H. (2012). Pedoman Dasar Pendidikan Budi Pekerti. Jakarta: PT. Presatasi Pustakaraya.
Puspa, D. (2016). Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewaganegaraan. Jurnal Pendidikan. 10(1), 27-36.
Putri, O. N., & Hudah, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Materi Bola Basket Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Ketanggungan. Jendela Olahraga, 4(2), 57. https://doi.org/10.26877/jo.v4i2.4005
Rindawan, I. K., Purana, I. M., & Siham, F. K. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Pada Anak Dalam Lingkungan Keluarga. Jurnal Pacta Sunt Servanda, 1(2), 53-63.
Samsidar. B, S. T. (2016). Pola Asuh Keluarga Perantau (Studi Kasus Pada Anak Di Dusun Mabbiring Kecamatan Dua Boccoe Kabupaten Bone). Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 3(2), 84–89. http://ojs.unm.ac.id/sosialisasi/article/view/2376
Samsiyah, S., Hanif, M., & Parji, P. (2020). Peningkatan Sopan-Santun dan Disiplin melalui Tembang Dolanan pada Siswa TKIT Al Furqon Maospati Magetan. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 5(1), 40-51.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suwandi, M. (2013). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press
Suryani. (2011). Sopan Santun Dalam Pergaulan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wahyudi, D. (2014). Pola Pengasuhan Anak pada Keluarga Perantau (Kasus pada Keluarga Perantau di Desa Bune Kecamatan Libureng Kabupaten Bone (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Zuriah, N. (2007). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perpektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nur Afipah Tania Dwi Safitri, Sumaji, Diana Ermawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work