Pengembangan E-Book Berbantuan Flip Pdf Profesional Pada Materi Tumbuhan dan Hewan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Dinar Prasetyo Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka, Jakarta
  • Zulherman Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5826

Abstract

Kemajuan teknologi telah menghasilkan dampak signifikan dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berlangsung dengan cepat, memungkinkan kemudahan dan efisiensi dalam berbagai kegiatan. Dalam konteks pendidikan, guru memiliki peran penting dalam meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa. Inovasi dalam proses pembelajaran menjadi kunci untuk membuatnya lebih menarik dan efektif. Penggunaan media pembelajaran, seperti buku digital atau e-book, dianggap dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini berfokus pada pengembangan e-book dengan bantuan Flip Pdf Professional pada materi Tumbuhan dan Hewan untuk siswa sekolah dasar. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Uji validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Selain itu, uji coba siswa juga dilakukan dengan angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media e-book ini mendapatkan validasi yang baik dari para ahli dalam aspek tampilan, isi materi, dan bahasa. Uji coba siswa menghasilkan respon positif terhadap tampilan, materi, komunikasi, dan visual dari e-book tersebut. Hasil posttest menunjukkan peningkatan nilai belajar siswa setelah menggunakan e-book. Dalam uji N-Gain Score, nilai rata-rata N-Gain kelompok eksperimen adalah 65%, sementara kelompok kontrol hanya 30%, menunjukkan efektivitas e-book dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi dalam konteks pendidikan dasar.

Keywords:

Media E-book, Flip Pdf Professional, tumbuhan dan hewan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Audia, C., Yatri, I., Aslam, Mawani, S., & Zulherman. (2021). Development of Smart Card Media for Elementary Students. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012114

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(2).

Fatayan, A., Zulherman, Z., & Triannisa, S. W. (2022). Pengembangan Media Visual Flashcard Berbasis Adobe Premiere Di Sekolah Dasar. Jurnal Eduscience, 9(1), 28–39. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2518

Feri, A., & Zulherman, Z. (2021). Development of nearpod-based e module on science material “energy and its changes” to improve elementary school student learning achievement. International Journal of Education and Learning, 3(2), 165–174. https://doi.org/10.31763/ijele.v3i2.400

Hikmah, V. N., & Purnamasari, I. (2017). Pengembangan video animasi “bang dasi” berbasis aplikasi camtasia pada materi bangun datar kelas V sekolah dasar. Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar, 4(2), 182-191. Https://Doi.Org/10.23819/Mimbar-Sd.V4i2.6352

Hisbullah, H., & Firman, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal Of Primary Education, 2(2), 100–113. Https://Doi.Org/10.30605/Cjpe.222019.231

Khoirunisa, I., Purwoko, R. Y. ., & Anjarini, T. (2023). Multimedia Interaktif Berbasis Contekstual Teaching Learning Pada Materi Pecahan Sederhana di Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 186–196. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.389

Khikmawati, D. K., Alfian, R., Nugroho, A. A., Susilo, A., Rusnoto, & Cholifah, Nn. (2021). Pemanfaatan E-Book Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kudus. Buletin Kkn Pendidikan, 3(1), 74–82. Https://Doi.Org/10.23917/Bkkndik.V3i1.14671

Mahlianurrahman, M. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Implementasi Metode Inquiry Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5335

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Research & Learning In Faculty Of Education Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi ( Iptek ) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 3, 101–109.

Nurfadhillah, S., Tantular, L. D., Syafitri, H. A., Fauzan, M. I., & Haq, A. S. (2021). Analisis Pengembangan Media Interaktif Berbasis Power Point Pada Pembelajaran Jarak Jauh di MI Darussaman. PENSA, 3(2), 267-279.

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz pada masa pencegahan penyebaran covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145-150.

Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. Https://Edukatif.Org/Index.Php/Edukatif/Index%0Apengaruh

Pratiwi, M., & Rofii, A. (2023). Learning Media of Animation in Elementary School: How to Improve Student’s Narrative Writing Skills. Journal of Innovation and Research in Primary Education, 2(1), 22–28. https://doi.org/10.56916/jirpe.v2i1.461

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a

Putri, Q. K., Pratjojo, P., & Wijayanti, A. (2019). Pengembangan media buku Pop-Up untuk meningkatkan kemampuan menyimak tema menyayangi tumbuhan dan hewan di sekitar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 169-175.

Rijal, A. S. R. J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kreativitas Guru. Jurnal Ideas, 6, 81–96. Https://Doi.Org/10.32884/Ideas.V6i1.238

Roza, L., Aulia, N., & Zulherman, Z. (2021). Analisa pemanfaatan e-learning menggunakan data statistik pengguna aplikasi startup pendidikan selama wabah pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(3), 407-420. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i3.20396

Sugiharni, G. A. D. (2018). Pengujian validitas konten media pembelajaran interaktif berorientasi model creative problem solving. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 88-95.

Wardani, M. A., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis E-Book Melalui Pendekatan SAVI Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 230-239.

Yasin, Z., Anwar, H., & Luneto, B. (2021). Multimedia Powerpoint-Based Arabic Learning And Its Effect To Students’ Learning Motivation: A Treatment By Level Designs Experimental Study. International Journal Of Instruction, 14(4), 33–50. Https://Doi.Org/10.29333/Iji.2021.1443a

Zulherman, Z., Iba, K., Paramita, A. A., Supriansyah, S., & Aji, G. B. (2021a). The Influence Of The Question Box Media Assisted Teams Games Tournament Model On Science Learning Outcomes At Elementary School. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 30(1), 88. Https://Doi.Org/10.17977/Um009v30i12021p088

Zulherman, Z., Aji, G. B., & Supriansyah, S. (2021b). Android Based Animation Video Using Millealab Virtual Reality Application For Elementary School. Jpi (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(4), 754–764. Https://Doi.Org/10.23887/Jpi-Undiksha.V10i4.29429

Zulmi, F. A., Akhlis, I., Fisika, J., Matematika, F., Alam, P., & Semarang, U. N. (2020). Pengembangan Lkpd Berekstensi Epub Berbasis Discovery Learning Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Upej Unnes Physics Education Journal, 9(2), 209–216.

Downloads

Abstract Views : 236
Downloads Count: 180

Published

2023-10-01

How to Cite

Prasetyo, D., & Zulherman, Z. (2023). Pengembangan E-Book Berbantuan Flip Pdf Profesional Pada Materi Tumbuhan dan Hewan Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1709–1718. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5826