Dongeng Kancil dan Buaya Sebagai Stimulasi Keterampilan Berbicara Anak Usia 8-9 Tahun

Authors

  • Khoirunnisa Universitas Muria Kudus
  • Mohammad Kanzunnudin Universitas Muria Kudus
  • Nur Fajrie Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1892

Keywords:

persepsi, dongeng, keterampilan berbicara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang persepsi anak terhadap cerita dongeng yang ditinjau dari keterampilan berbicara anak di Desa Karanganyar Rw 05 usia 8-9 tahun. Penelitian membahas tentang bagaimana keterampilan berbicara anak dalam menyampaikan apa yang diamati melalui indera yang dimiliki. Faktor percaya diri yang sangat berpengaruh dalam keterapilan berbicara anak. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif studi kasus yang dilaksanakan di Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak. Subjek penelitian 6 anak  yang terdiri dari 3 laki-laki dan 3 perempuan. Penelitian ini menggunkan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbicara sebagian anak di Desa Karanganyar Rw 05 masih rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu kurang rasa percaya diri sehingga menyebabkan anak menjadi gugup dan mengulang-ulang kata dalam menyampaikan pendapat kepada orang lain. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-29

How to Cite

Khoirunnisa, K., Kanzunnudin, M. ., & Fajrie, N. . (2022). Dongeng Kancil dan Buaya Sebagai Stimulasi Keterampilan Berbicara Anak Usia 8-9 Tahun. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 410–414. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1892

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)