Pola Belajar Anak Pekerja Pabrik Garment Dalam Pembimbingan Orang Tua
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2980Abstract
Penelitian ini membahas pola belajar anak yang orang tuanya bekerja di pabrik garment. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh orang tua yang bekerja di pabrik garment tidak bisa mendampingi anak belajar saat di rumah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola belajar anak pekerja pabrik garment dalam pembimbingan orang tua. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak SD yang orang tuanya bekerja di pabrik garment sebanyak 4 orang yang dilaksanakan di Desa Dorang, Nalumsari Jepara pada bulan April 2022 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola belajar anak pada anak yang orang tuanya bekerja di pabrik garment ialah pola belajar mandiri dimana penelitian ini anak sudah memiliki persiapan belajar yang baik, cara mengikuti pelajaran belum terlaksana dengan baik karena masih ada beberapa anak yang tidak mau membaca materi, mencatat materi dan pengulangan bahan pelajaran, pembuatan jadwal belajar dan catatan belum terlaksana dengan baik karena beberapa anak hanya belajar saat ada tugas rumah saja. Selanjutnya dalam mengerjakan tugas anak mengerjakannya sendiri tetapi kadang dibantu oleh kakak, ibu atau mencari jawaban di internet.
Keywords:
pola belajar anak, orang tua, buruh pabrik garmentDownloads
References
Antoko, S. (2015). Analisis Pola Belajar Siswa Berprestasi Di Sma Negeri 2 Jember. 3, 103–111.
Aravik, H. (2018). Konsep Buruh dalam Perspektif Islam. Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.36908/isbank.v4i1.50
Bahresi, M. (2014). Pola Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah Diniyah Puteri Kota Pekanbaru. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 7(2), 269–277.
Digara, R. T. (2015). Pengaruh Pola Belajar dan Persepsi Mahasiswa Tentang Keterampilan Mengajar Dosen Terhadap Prestasi belajar Dasar Akuntansi Keuangan 2 Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 201. 224–233.
Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Hidayatulloh, T. (2015). Perancangan sistem penjadwalan pembelajaran menggunakan graph coloring. Jurnal Informatika (JI) UBSI, II(2), 416–424.
Kalina, N. (2021). Analisis Pola Belajar dan Motivasi Belajar Siswa pada Proses Pembelajaran Matematika Kelas VII MTS di Pondok Pesantren Al-Urwatul Wutsqaa Sidenreng Rappang. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Nadhifah, I., Kanzunnudin, M., & Khamdun. (2021). Analisis Peran Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Education FKIP UNMA, 7(1), 91 – 96. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.852
Nugraheni, S. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Disiplin Belajar Siswa. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 30–36. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17317
Putri, R. R., Kanzunnudin, M., & Fajrie, N. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Ditinjau Dari Kemampuan Kognitif Siswa Kelas 1 SD 3 Piji Kudus. 7(4), 1394–1402. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1398
Rizki, U. Y. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Dengan Optimisme Mengerjakan Ujian. Educational Psychology Journal, 2(1), 49–56. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/epj
Roestiyah N.K. (2000). Masalah Pengajaran Sebagai Suatu System. PT. Rineka Cipta.
Sari, F. N. (2013). Kebiasaan Belajar Siswa Kelas Iv Yang Orang Tuanya Bekerja Sebagai Buruh Rokok Di Sd Negeri 5 Temulus Kec. Mejobo, Kab. Kudus.
Suryani, A. I. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Smartphone terhadap Pola Belajar, Hasil Belajar, dan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI SMA Negeri di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Sutejo, B. P., Setiawan, D., & Masfuah, S. (2021). Pola Belajar Anak Usia 10-11 Tahun Pada Pembelajaran Daring. Civis, X(1). http://journal.upgris.ac.id/index.php/civis/article/view/8164
Syahputra, M. R. (2016). Pengaruh Persiapan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Kuadrat dan Akar Kuadrat Bilangan Bulat Siswa SMP Swasta Bandung Percut Sei Tuan. Jurnal Matik Penusa, 19(1), 79–86. http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/108
Ufairoh, N. Y., Purnamasari, L., & Sulianto, J. (2022). Pola Belajar Peserta Didik dalam Program Belajar dari Rumah. 5, 110–122.
Wibawa Restu, D. D. (2020). Pola Belajar Mahasiswa Pekerja Part-time: Studi Terhadap Mahasiswa Jurusan PAI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tarbawi, 8(2), 119–136. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v8i2.3068
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Cindy Millenia Sari, Nur Fajrie, Khamdun

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work