Analisis Peran Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Anak

Authors

  • Izzatullaili Nadhifah Universitas Muria Kudus
  • Mohammad Kanzunnudin Universitas Muria Kudus
  • Khamdun Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.852

Keywords:

pola asuh, motivasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam memotivasi belajar anak, dengan rumusan masalah peran pola asuh orang tua terhadap anak dalam meningkatkan  motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini akan dilaksanakan  dengan mengambil subjek orang tua dan siswa sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orangtua menerapkan jenis pola asuh demokratis, dengan menerapkan kebiasaan disiplin belajar, mandiri, dan taat beribadah mampu memberikan peran untuk anak terutama dalam motivasi belajar. Pola asuh yang diterapkan kepada anak dan mampu membuat motivasi belajar anak sehingga mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Pola asuh demokratis juga dapat membentuk karakter berupa kedisiplinan, kemandirian, religius, dan komunikatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implementasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. 7 (1). 33-48.

Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengusaha Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal. 5 (1). 103-122.

Djamarah, S.B. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadhilah, T. N. Dkk. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran. 2 (2). 249-255.

Filisyamala, J. Dkk. (2016). Bentuk Pola Asuh Demokratis Dalam Kedisiplinan Siswa SD. Jurnal Pendidikan. 1 (4). 668-672.

Harianti, R. & Suci A. (2016). Pola Asuh Orang Tua Dan Lingkungan Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Curricula. 1 (2). 20-29.

Munib, A. (2012). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang. UPT UNNES Press. Jurnal Kreatif Februari 2017.

Musliman. (2015). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Finansial Anak. Internasional Journal Of Child And Gender Studies. 1 (1). 85-98.

Putro, K.Z., Dkk. (2020). Pola Interaksi Anak Dan Orang Tua Selama Kebijakan Pembelajaran Di Rumah. Journal Of Islamic Education. 1 (1). 125-140.

Rubiyanto, R. (20110. Metode Penelitian Pendidikan. Solobaru: Qinant.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Shocib, M. (2010). Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Beru. Bandung: PT. Remaja.

Tambolo, D. Dkk. (2008). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Kasimbar Melalui Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Pkn. Jurnal Kreatif Taduloko Online. 2 (4). 44-63.

Viandari, K. D. & Kadek Pande A.S. (2019). Peran Pola Asuh Orang Tua Dan Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Prasekolah. Jurnal Pesikologi Udayana. 6 (1). 76-87.

Downloads

Published

2021-03-03

How to Cite

Nadhifah, I. ., Kanzunnudin, M. ., & Khamdun, K. (2021). Analisis Peran Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 91–96. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.852