Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Kelas VIII di MTs Mambaul Ulum

Authors

  • Rizqi Akromil Umam Universitas nurul jadid
  • Mu'alim Wijaya Universitas Nurul Jadid, Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.10731

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar Bahasa Arab siswa, proses pembelajarannya dan upaya-upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada mata pelajaran Bahasa Arab di MTs Mambaul Ulum. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan teknik pengumpulan datanya dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah kesulitan belajar yang dihadapi siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab dikarenakan kurangnya paham siswa akan pentingnya bahasa arab, kurangnya siswa menyerap materi-materi yang disampaikan guru, dan cara belajar siswa yang kurang efektif menjadikan siswa mengalami kesulitan dalam belajar. Strategi yang dilakukan oleh guru bahasa Arab yakni dengan menggunak metode pembelajaran yang variatif, berupa metode pembelajaran demonstrasi, metode drill dan pembelajaran berkelompok, strategi yang selanjutnya yakni evaluasi diakhir pembelajaran. Hambatan yang dihadapi oleh guru bahasa Arab berupa minat belajar anak yang kurang terhadap pelajaran bahasa Arab karena pesepsi yang terbenam dikalangan peserta didik yakni pelajaran bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit, selain itu juga motivasi dan kontrol orang tua terhadap anak yang sangat rendah menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Keywords:

Strategi, Kesulitan, Bahasa Arab

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqib, Z., & Murtadlo, A. (2018). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Sarana Tutorial Nuraini Sejahtera.

Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah, 6(2), 26. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301

Dr. Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif (Emjy (ed.)). Zifatama Publishing.

Euis Karwati, D. J. P. (2019). Manajemen kelas (Classroom management) : guru profesional yang inspiratif, kreatif, menyenangkan, dan berprestasi (A. K. H. Rismi Somad (ed.)). Alfabeta.

Juhji. (2016). Peran guru dalam pendidikan. Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 52–62.

Kementrian Agama RI. (2019). Al Qur’an dan Terjemahnya. Lajnah Pentashih Mushaf Al Qur’an.

Pratama, A. I., & Musthofa, M. (2019). Konsep Kepribadian Guru Menurut Ibnu Sahnun. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 94. https://doi.org/10.32832/tawazun.v12i1.1891

Salimul Jihad, M. S. (2017). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pelajaran Mufrodat Kelas VI MI NW Dasan Agung Mataram Tahun Pelajaran 2016 / 2017. El - Tsaqafah, xvii(3), 96–118. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/eltsaqafah/article/view/480

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan : Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Cet. 21). Alfabeta.

Syaiful Bahri Djamarah, A. Z. (2014). Strategi belajar mengajar (Cet. 5). Rineka Cipt.

Ulin Nuha. (2012). Metodologi super efektif pembelajaran bahasa arab (Cet 1). Diva Press.

Zainal, A. Q., & Ansar, A. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Education and Learning Journal, 2(2), 126. https://doi.org/10.33096/eljour.v2i2.135

Downloads

Abstract Views : 293
Downloads Count: 127

Published

2025-01-25

How to Cite

Umam, R. A., & Wijaya, M. (2025). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Kelas VIII di MTs Mambaul Ulum. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.10731

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.