Nilai Sosial Religi Pada Cagar Budaya Sendang Sani Pati

Authors

  • Debby Sinta Dewi Universitas Muria Kudus
  • Lintang Kironoratri Universitas Muria Kudus
  • Nur Fajrie Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12731

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena keprihatinan peneliti terhadap mulai kurangnya minat Masyarakat untuk mengunjungi situs bangunan bersejarah yang dimana dalam cerita dibalik berdirinya suatu bangunan pastinya banyak sekali Pelajaran yang dapat kita teladani,yang bisa menjadi sumber pembelajaran nilai edukasi untuk siswa.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif etnografi,dimana peneliti lebih terfokus kepada nilai-nilai sosial religi yang terkandung dalam situs bangunan peninggalan bersejarah cagar budaya Sendang Sani, Penelitian kualitatif ini mencakup data lisan dan ditulis secara tertulis dari wawancara dengan komunitas sekitarnya dan Penjaga situs Sendang Sani di Desa Tamansari, Tlogowungu, Kabupaten Pati. Jurnal ilmiah dan karya yang terkait dengan topik diselesaikan oleh para peneliti. Penelitian ini memuat mengenai asal-usul Sendang Sani dan juga terdapat nilai-nilai edukasi yang terkandung dalam kisah cerita mengenai Sendang Sani yaitu nilai sosial dan juga nilai religi,dimana Situs Cagar Budaya Sendang Sani tersebut memiliki potensi besar sebagai sarana pembelajaran karakter dan pengembangan spiritual bagi siswa sekolah dasar (SD).

Keywords:

Refleksi, Cagar Budaya, Sendang Sani, Edukasi Sosial Religi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afisa, Z. R., Fajrie, N., & Pratiwi, I. A. (2023). Pengembangan Media Komik Edukasi Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Mi Pim Mujahidin. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3848-3861.

Aini, D. E. N., Ismaya, E. A., & Kironoratri, L. (2023). Pemanfaatan Wisata Pintu Gerbang Majapahit Sebagai Sumber Pembelajaran Ipas Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 419-428.

Ansori, Y. Z. (2020). Pembinaan karakter siswa melalui pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 6(1), 177-186.

Aryani, V., Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2023). Pengembangan media e-story book berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran dongeng sastra anak kelas III Sekolah Dasar.Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1939-1954.

Aufa, M. R., Kironoratri, L., & Fardani, M. A. (2023). Peranan Pembiasaan Ibadah Dalam Pengembangan Karakter Religius Siswa Di SD Muhammadiyah 1 Kudus. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1339-1348.

Darmawan, M. F. (2024). Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Dalam Gerakan Literasi Di Sekolah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7311-7316.

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Eksistensi nilai kearifan lokal kaulinan dan kakawihan barudak sebagai upaya penanaman nilai jatidiri bangsa. Jurnal Education and Development, 8(4), 27-27

Iye, R., & Susiati, S. (2018). Nilai Edukatif dalam Novel Sebait Cinta di Bawah Langit Kairo Karya Mahmud Jauhari Ali (Educative Values in Sebait Cinta di Bawah Langit Kairo by Mahmud Jauhari Ali). Sirok Bastra, 6(2), 185-191.

Nurachmana, A., Purwaka, A., Supardi, S., & Yuliani, Y. (2020). Analisis Nilai Edukatif dalam Novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata: Tinjauan Sosiologi Sastra. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(1), 57-66.

Persada, A. Y., Fajrie, N., & Ismaya, E. A. (2021). Respon Anak dalam Pelestarian Cagar Budaya Situs Patiayam Kudus. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 4(2), 46-51.

Rahayu, S., Ismaya, E. A., & Kironoratri, L. (2023). ANALISIS KEBUTUHAN SISWA TERHADAP MODUL BAHASA INDONESIA: SEHATLAH RAGAKU BERBASIS KEARIFAN LOKAL JEPARA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1138-1147.

Rahmawati, I. S., Sutrisna, D., & Nisya, R. K. (2023). Nilai-nilai kearifan lokal dan pendidikan karakter dalam cerita rakyat Lutung Kasarung. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2).

Rofiah, N. C., Fajrie, N., & Rondli, W. S. (2023). Prosesi tradisi larungan dalam pendidikan karakter anak. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 483-492.

Sari, D. A. (2024). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DALAM CERITA SYAIKH JANGKUNG LANDOH KARYA AMIRUL ULUM. Jurnal Prasasti Ilmu, 4(1).

Sari, M. P., Wijaya, A. K., Hidayatullah, B., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Penggunaan metode etnografi dalam penelitian sosial. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01), 84-90.

Septiana, E., Ermawati, D., & Kironoratri, L. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Materi Sudut Dan Simbol Siswa Kelas III Sd Melalui Media Patatik. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 14(2), 115-128.

Ummah, R. R., Oktavianti, I., & Kironoratri, L. (2024). Optimalisasi Kemampuan Literasi Siswa SD Melalui IPAS: Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Box TESANRA. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(1), 10-21.

Wulandari, F. N., Fajrie, N., & Najikhah, F. (2024). Strategi Guru dalam Mengembangkan Apresiasi Siswa Seni Ukir Gebyok melalui Pendidikan Berbasis Budaya Lokal. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 9(2), 211-222.

Downloads

Abstract Views : 27
Downloads Count: 6

Published

2025-04-04

How to Cite

Dewi, D. S., Kironoratri, L., & Fajrie, N. (2025). Nilai Sosial Religi Pada Cagar Budaya Sendang Sani Pati. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12731

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.