Nilai Sosial Religi Pada Cagar Budaya Sendang Sani Pati
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12731Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena keprihatinan peneliti terhadap mulai kurangnya minat Masyarakat untuk mengunjungi situs bangunan bersejarah yang dimana dalam cerita dibalik berdirinya suatu bangunan pastinya banyak sekali Pelajaran yang dapat kita teladani,yang bisa menjadi sumber pembelajaran nilai edukasi untuk siswa.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif etnografi,dimana peneliti lebih terfokus kepada nilai-nilai sosial religi yang terkandung dalam situs bangunan peninggalan bersejarah cagar budaya Sendang Sani, Penelitian kualitatif ini mencakup data lisan dan ditulis secara tertulis dari wawancara dengan komunitas sekitarnya dan Penjaga situs Sendang Sani di Desa Tamansari, Tlogowungu, Kabupaten Pati. Jurnal ilmiah dan karya yang terkait dengan topik diselesaikan oleh para peneliti. Penelitian ini memuat mengenai asal-usul Sendang Sani dan juga terdapat nilai-nilai edukasi yang terkandung dalam kisah cerita mengenai Sendang Sani yaitu nilai sosial dan juga nilai religi,dimana Situs Cagar Budaya Sendang Sani tersebut memiliki potensi besar sebagai sarana pembelajaran karakter dan pengembangan spiritual bagi siswa sekolah dasar (SD).
Keywords:
Refleksi, Cagar Budaya, Sendang Sani, Edukasi Sosial ReligiDownloads
References
Afisa, Z. R., Fajrie, N., & Pratiwi, I. A. (2023). Pengembangan Media Komik Edukasi Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Mi Pim Mujahidin. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3848-3861.
Aini, D. E. N., Ismaya, E. A., & Kironoratri, L. (2023). Pemanfaatan Wisata Pintu Gerbang Majapahit Sebagai Sumber Pembelajaran Ipas Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 8(2), 419-428.
Ansori, Y. Z. (2020). Pembinaan karakter siswa melalui pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 6(1), 177-186.
Aryani, V., Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2023). Pengembangan media e-story book berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran dongeng sastra anak kelas III Sekolah Dasar.Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1939-1954.
Aufa, M. R., Kironoratri, L., & Fardani, M. A. (2023). Peranan Pembiasaan Ibadah Dalam Pengembangan Karakter Religius Siswa Di SD Muhammadiyah 1 Kudus. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 1339-1348.
Darmawan, M. F. (2024). Pengembangan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Dalam Gerakan Literasi Di Sekolah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 7311-7316.
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Eksistensi nilai kearifan lokal kaulinan dan kakawihan barudak sebagai upaya penanaman nilai jatidiri bangsa. Jurnal Education and Development, 8(4), 27-27
Iye, R., & Susiati, S. (2018). Nilai Edukatif dalam Novel Sebait Cinta di Bawah Langit Kairo Karya Mahmud Jauhari Ali (Educative Values in Sebait Cinta di Bawah Langit Kairo by Mahmud Jauhari Ali). Sirok Bastra, 6(2), 185-191.
Nurachmana, A., Purwaka, A., Supardi, S., & Yuliani, Y. (2020). Analisis Nilai Edukatif dalam Novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata: Tinjauan Sosiologi Sastra. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 1(1), 57-66.
Persada, A. Y., Fajrie, N., & Ismaya, E. A. (2021). Respon Anak dalam Pelestarian Cagar Budaya Situs Patiayam Kudus. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 4(2), 46-51.
Rahayu, S., Ismaya, E. A., & Kironoratri, L. (2023). ANALISIS KEBUTUHAN SISWA TERHADAP MODUL BAHASA INDONESIA: SEHATLAH RAGAKU BERBASIS KEARIFAN LOKAL JEPARA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1138-1147.
Rahmawati, I. S., Sutrisna, D., & Nisya, R. K. (2023). Nilai-nilai kearifan lokal dan pendidikan karakter dalam cerita rakyat Lutung Kasarung. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2).
Rofiah, N. C., Fajrie, N., & Rondli, W. S. (2023). Prosesi tradisi larungan dalam pendidikan karakter anak. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 483-492.
Sari, D. A. (2024). NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DALAM CERITA SYAIKH JANGKUNG LANDOH KARYA AMIRUL ULUM. Jurnal Prasasti Ilmu, 4(1).
Sari, M. P., Wijaya, A. K., Hidayatullah, B., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Penggunaan metode etnografi dalam penelitian sosial. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01), 84-90.
Septiana, E., Ermawati, D., & Kironoratri, L. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Materi Sudut Dan Simbol Siswa Kelas III Sd Melalui Media Patatik. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 14(2), 115-128.
Ummah, R. R., Oktavianti, I., & Kironoratri, L. (2024). Optimalisasi Kemampuan Literasi Siswa SD Melalui IPAS: Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Box TESANRA. Afeksi: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(1), 10-21.
Wulandari, F. N., Fajrie, N., & Najikhah, F. (2024). Strategi Guru dalam Mengembangkan Apresiasi Siswa Seni Ukir Gebyok melalui Pendidikan Berbasis Budaya Lokal. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 9(2), 211-222.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Debby Sinta Dewi, Lintang Kironoratri, Nur Fajrie

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work