Metode Social Story Untuk Mengurangi Perilaku Maladaptif Anak Autis
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3816Abstract
Permasalahan perilaku pada anak autis menjadi salah satu permasalahan yang dihadapi anak autis. Perilaku maladaptif yang terjadi pada subjek penelitian berupa perilaku mengganggu teman/orang lain (maladaptif externalizing) yang sudah terjadi sejak lama dan belum adanya penanganan yang tepat sehingga menimbulkan dampak pada orang disekitarnya. Penerapan metode social story digunakan dalam penelitian ini, metode social story merupakan metode intervensi berupa cerita sosial yang disesuaikan dengan kebutuhan ataupun tujuan intervensi itu sendiri dalam mengembangkan keterampilan sosial atau perilaku yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode social story dalam mengurangi perilaku maladaptif anak autis kelas IV SDKh di SKh Griya Mandiri. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen untuk penelitian subjek tunggal. Target behavior dalam penelitian ini yaitu perilaku maladaptif pada anak autis dapat berkurang atau menurun. Hasil penelitian dalam mengurangi perilaku maladaptif pada anak autis memperoleh rata-rata presentase atau mean level dari fase baseline1 (A1), intervensi (B) dan baseline 2 (A2) yaitu 11,25 (A1), 5,87 (B), 3,75 (A2). Dari data yang diperoleh menunjukkan bahwa perilaku maladaptif anak autis berkurang atau menurun, dilihat dari presentase yang terus menurun setelah memperolehnya intervensi melalui penerapan metode social story, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode social story dapat mengurangi perilaku maladaptif anak autis kelas IV SDkh di SKh Griya Mandiri.
Keywords:
anak autis, perilaku maladaptif, metode social storyDownloads
References
Adjeng, J., & Hatta, I. (2015). Pengaruh Terapi ABA terhadap Interaksi Sosial Anak Autis di SLB Autis Prananda Bandung. Prosiding Psikologi, 430-436.
Damri, D., Taufan, J., Irdamurni, I., Zulmiyetri, Z., & Afrianti, N. (2018). Mengurangi Perilaku Stereotype Menjilat Tangan pada Siswa Autis Melalui Teknik Aversi. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 10-14.
Daulay, N. (2021). Perilaku Maladaptive Anak dan Pengukurannya. Buletin Psikologi, 29(1), 45-63.
Firdausiyah, N. (2013). Terapi Musik Klasik Terhadap Perilaku Hiperaktif Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 3(3).
Gustiana, R., Wardany, O. F., & Herlina, H. (2021). Efektivitas Terapi Psikomotorik Untuk Mengurangi Repetitive And Restricted Behavior Pada Anak Autis Kelas X Di Slb It Baitul Jannah Bandar Lampung. Sneed Journal, 1(2), 71-76.
Halidu, S. (2022). Pendidikan Anak berkebutuhan Khusus. Penerbit P4I.
Imanniyah, A. (2014). Bermain Bola Terhadap Kemampuan Aktivitas Gerak Anak Autis Hipoaktif. Jurnal Pendidikan Khusus, 6(6).
Koswara, D. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autis. Bandung: Luxima Metro Media
Laugeson, E. A., & Ellingsen, R. (2014). Social skills training for adolescents and adults with autism spectrum disorder. In Adolescents and adults with autism spectrum disorders (pp. 61-85). Springer, New York, NY.
Prakoso, G. D., & Fatah, M. Z. (2017). Analisis pengaruh sikap, kontrol perilaku, dan norma subjektif terhadap perilaku safety. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, 5(2), 193-204.
Purnamasari, R. J. A. (2015). Pengaruh Terapi Aba Terhadap Interaksi Sosial Anak Autis Usia 6-7 Tahun di Slb Autis Prananda Bandung (Doctoral dissertation, Fakultas Psikologi (UNISBA)).
Puspitasari, O. D. (2016). Penanganan perilaku hiperaktif pada anak autis di Paud Inklusi Ahsanu Amala. Widia Ortodidaktika, 5(10), 1061-1070.
Rahma, A. (2017). Social Story Untuk Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Ridha, A. A. (2017). Social Story sebagai Metode untuk Meningkatkan Perilaku Positif Siswa dengan Autisme. Fakultas Psikologi. Surabaya: Universitas Airlangga.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sunarya, P. B., Irvan, M., & Dewi, D. P. (2018). Kajian penanganan terhadap anak berkebutuhan khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 11-19.
Susilo, A. P. (2017). Memahami Komunikasi Penyesuaian Diri Anak Tunarungu Di Sekolah Inklusi. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 1-10.
Taradipta, S. C. (2016). Ketrampilan Colour Corrugated Paper (Kokoru) Terhadap Motorik Halus Anak Autis Hipoaktif. Jurnal Pendidikan Khusus, 8(2).
Yovita, M., & Tjakrawiralaksana, M. A. (2021). Penerapan Intervensi Social Story Dan Roleplay Untuk Meningkatkan Kompetensi Sosial Pada Remaja Dengan Autism Sepctrum Disorder. Jurnal Psikologi Insight, 5(1), 1-18.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Helis Fauziah, Dedi Mulia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work