EVALUASI RPP DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI MODEL BEBAS TUJUAN PADA MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

Authors

  • Mila Roysa Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.11

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program RPP dan pelaksanaan program RPP di SMA 1 Pecangaan kelas X selama tahun ajaran 2017/2018 dengan menggunakan metodologi observasi sederhana. Proses evaluasi berfokus pada efek sampingan positif, negatif, dan positif yang relevan dengan tujuan atau di luar program. Subjek penelitian adalah siswa kelas X dan guru bahasa Indonesia di SMA 1 Pecangaan. Metode analisis yang digunakan adalah kualitatif dengan studi literatur. Selain itu, teknik analisis data seperti observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner digunakan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi RPP dan kegiatan pembelajaran menghasilkan pengembalian investasi positif sebesar 81,8%, pengembalian investasi negatif sebesar 69,6%, dan pengembalian investasi positif sebesar 76,1%. Berdasarkan temuan penelitian, efek positif dan negatif lebih menonjol daripada efek negatifnya. Dari hasil temuan disimpulkan evaluasi RPP dan proses pembelajaran telah selesai atau memuaskan namun, dampak negatif yang terjadi harus dipertimbangkan dan dicari solusinya.

Keywords:

Evaluasi Program, Model Bebas Tujuan, Teks LHO, Bahasa Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Madjid, H. Prof. Dr. MM. M.Pd. 2014. Evaluasi Kinerja SDM. Jakarta : Haja Mandiri.

Anitah, Sri. 2017. Media Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Arikunto, Suharsimi, Prof. Dr. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta :Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2019. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Gronlund, N. E. (2014). Assessment of Student Achievement (10th ed.). Pearson.

Hafid &Mahsun. Konsep Merdeka Belajar dan Pentingnya Kemampuan Memetakan Dunia Kerja. Al-Fikrah, 3(2) 2020, https://doi.org/10.36835/al-fikrah.v3i2.68.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0.Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2) https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0.Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2)

Mirza Bashirudin Ahmad, dkk. 2013. Model Evaluasi Kurikulum Goal Free Evaluation Model : Universitas Negeri Yogyakarta.

Sopiansyah, D., dkk, Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), Jurnal Reslaj, 4(1), 2022, hlm. 34.

Wirawan, Dr. 2012. Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi, dan Profesi. Jakarta : Rajawali Pers.

Yamin, M. & Syahrir. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1). http://dx.doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121.

Yusuf Tayibnapis, Farida. 2000. Evaluasi Program. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Anam, C., & Sundari, N. L. (2017). Evaluasi Pembelajaran dan Evaluasi Perangkat Pembelajaran. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 8-16.

Stufflebeam, D. L. (2001). Evaluation Models: Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation. Springer.

Downloads

Abstract Views : 568
Downloads Count: 150

Published

2019-12-22

How to Cite

Roysa, M. (2019). EVALUASI RPP DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MELALUI MODEL BEBAS TUJUAN PADA MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 168–173. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.11

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.