Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa menggunakan Model Two Stay Two Stray Berbantuan Media Kertas Surat Misterius
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.858Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui keterampilan guru mengunakan media kertas surat misterius dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku di SD 1 Purwosari dan subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas IV. Jenis Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meunjukkan bahwa nilai ketuntasan klasikal mengalami peningkatan yaitu dari siklus I ke siklus II yaitu dengan nilai rata-rata klasikal 73,05dengan kriteria cukup di siklus I menjadi 75,01 di siklus II dengan kriteria cukup. Keterampilan mengajar guru pada siklus I yaitu 69,5 dengan persentase 69,5% termasuk dalam kreteria baik. Skor rata-rata tersebut meningkat pada siklus II yaitu 84 dengan persentase 84% dan termasuk dalam kriteria sangat baik. Pelaksanaan siklus II telah berhasil kerena keseluruhan indikator keberhasilan dalam penelitian ini telah tercapai. Dengan demikian penerapan model Two Stay Two Stray berbantuan surat misterius di SD 1 Purwosari dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Keywords:
Aktivitas Belajar, Media Kertas Surat Misterius, Two Stay Two StrayDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work