Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa menggunakan Model Two Stay Two Stray Berbantuan Media Kertas Surat Misterius

  • Nisa Qanita Rizkia Universitas Muria Kudus
  • Erik Aditya Ismaya Universitas Muria Kudus
  • Mila Roysa Universitas Muria Kudus
Keywords: Aktivitas Belajar, Media Kertas Surat Misterius, Two Stay Two Stray

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa melalui keterampilan guru mengunakan media kertas surat misterius dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada tema 7 Indahnya Keragaman Di Negeriku di SD 1 Purwosari dan subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas IV. Jenis Penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meunjukkan bahwa nilai ketuntasan klasikal mengalami peningkatan yaitu dari siklus I ke siklus II yaitu dengan nilai rata-rata klasikal 73,05dengan kriteria cukup di siklus I menjadi 75,01 di siklus II dengan kriteria cukup. Keterampilan mengajar guru  pada siklus I yaitu 69,5 dengan persentase 69,5% termasuk dalam kreteria baik. Skor rata-rata tersebut meningkat pada siklus II yaitu 84 dengan persentase 84% dan termasuk dalam kriteria sangat baik. Pelaksanaan siklus II telah berhasil kerena keseluruhan indikator keberhasilan dalam penelitian ini telah tercapai. Dengan demikian penerapan model Two Stay Two Stray berbantuan surat misterius di SD 1 Purwosari dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Published
2021-03-04
How to Cite
Rizkia, N. Q., Ismaya, E. A., & Roysa, M. (2021). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa menggunakan Model Two Stay Two Stray Berbantuan Media Kertas Surat Misterius. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 97-103. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.858
Section
Articles