Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbantuan Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 22 Ampenan
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8340Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing berbantuan powerpoint terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 22 Ampenan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen untuk mencari pengaruh model pembelajaran role playing berbantuan powerpoint terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan Quasi Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Nonequievalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh yaitu seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Sampel yang digunakan adalah seluruh kelas V yang terdiri dari kelas VA berjumlah 24 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 23 orang sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Dalam pengambilan data penelitian ini terdapat uji prasyarat analisis data yaitu dengan melakukan uji normalitas dengan menggunakan uji kolmogorof smirnov, uji homogenitas menggunakan leneve, dan uji hipotesis menggunakan uji independent sample T-test. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji hipotesis adalah sig 2-tailed < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Pada taraf signifikansi 0,05 sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis yaitu sig 2-tailed < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran role playing berbantuan powerpoint terhadap hasil belajar IPA Kelas V SDN 22 Ampenan.
Keywords:
Hasil Belajar IPA, Powerpoint, Model Pembelajaran Role PlayingDownloads
References
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
As’ adi, M., & Muttaqin, A. I. (2019). Pendampingan Kegiatan Keagamaan Di Masjid Al Falah Dusun Krajan Desa Siliragung Kecamatan Siliragung Banyuwangi. Abdi Kami: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 105–114.
Hardani, & dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu. doi:ISBN: 978-623-7066-33-0.
Hidayat, A., Sa’diyah, M., & Lisnawati, S. (2020). Metode pembelajaran aktif dan kreatif pada madrasah diniyah takmiliyah di kota bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 71–86. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30868/ei.v9i01.639
Imas, K., & Berlin, S. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Pfofesionalitas Guru.Kata Pena.
Khoirunnisa, S. W. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Role Playing terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pardasuka Katibung Lampung Selatan tahun ajaran 2015/2016.
Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A., (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Rahman, N., Dewi, N. K., & Nurhasanah, N. (2022). Pengembagan Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Mata Pelajaran IPS Materi Keberagaman Budaya Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN 15 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7 (3c), 1846-1852.
Rahmatih, Aisa Nikmah, dkk. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. EduMatSains. 5(1): 9-18.
Safitri, E. K. A. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Potensi Lokal Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di Desa Sukamulya Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu. UIN Raden Intan Lampung
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khofifah Indah, Nurul Kemala Dewi, Aisa Nikmah Rahmatih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work