Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individual Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5671Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini terungkap pada hasil observasi di kelas IV SDN Cibitung kecamatan Sagaranten. Untuk mendorong siswa aktif belajar, peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran matematika di sekolah dasar dengan penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini dilaksaakan di SDN Cibitung dengan subjek sebanyak 30 siswa. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah lembar observasi, angkaet, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan data penelitian diketahui keaktifan siswa mengalami peningkatan dalam pembelajaran menggunakan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individual dari mulai siklus I hingga siklus II. Peningkatan aktivitas belajar siswa ini berdampak pada peningkatan hasil belajar yang mereka peroleh. Dengan hasil tersebut, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individual untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa sekolah dasar kelas IV mata pelajaran matematika.
Keywords:
Team Assisted Individualization, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar SiswaDownloads
References
Ambardini, R. L. (2009). Pendidikan jasmani dan prestasi akademik: tinjauan neurosains. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 6(1).
Aprita, Y. M., Nuraeni, Y. S., Warpindyastuti, L. D., & Syarif, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan aktivitas belajar Akuntansi Siswa. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 6(2), 111-123.
Armidi, N. L. S. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(3).
Basir, M., & Dewantara, A. T. B. (2021). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Media Interaktif Pada Pembelajaran PJOK Secara Online. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 48-55).
Cahyaningsih, U. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (team assisted individualization) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1).
Halimung, H. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization). Jurnal Pendidikan Refleksi, 10(2), 149-158.
Mahendra, N. R., Mulyono, M., & Isnarto, I. (2019). Kemampuan Repersentase Matematis dalam Model Pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI). In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 287-292).
Maisharoh, A. P., Utami, N. P. B., & Antika, N. D. (2023). Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization untuk Meningkatkan Pemahaman Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 58-70.
Maryana, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Materi. Serambi Konstruktivis, 4(4), 130-142.
Nabilla, F., & Nora, D. (2022). Penerapan Media Explosion Box dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas XI IPS 1 Pada Pelajaran Sosiologi di SMA N 6 Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 305-314.
Naziah, S. T., Maula, L. H., & Sutisnawati, A. (2020). Analisis keaktifan belajar siswa selama pembelajaran daring pada masa covid-19 di sekolah dasar. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 109-120.
Nurfatimah, N., Affandi, L. H., & Jiwandono, I. S. (2020). Analisis keaktifan belajar siswa kelas tinggi di sdn 07 sila pada masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 145-154.
Raidil, M., Damris, D., Syahri, W., & Triansyah, F. A. (2023). Pengaruh Model Team Assisted Individulization dan Self Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Asam Basa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1747-1753.
Ridwan, A., Abdurrohim, A., & Mustofa, T. (2023). Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn Plawad 04. Ansiru Pai: Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(2), 276-283.
Rudini, M., & Saputra, A. (2022). Kompetensi pedagogik guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis tik masa pandemi covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 841-852.
Sattar, M., Amin, F. H., & Nawir, H. N. (2021). Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran di Tengah Pandemi Pada Siswa Madrasah Aliyah As’ adiyah Dapoko Kab Bantaeng Sulawesi Selatan. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 3(3), 95-102.
Sugianti, R., Rismawati, R., & Suhendi, E. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Siswa dengan Menggunakan Model Koopratif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4566-4571.
Suharni, S. (2021). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Wide Game pada Peserta Didik Kelas VIID SMP Negeri 13 Tegal. Jurnal Paedagogy, 8(1), 87-92.
Yundiana, Y., Nurdiana, A., & Hestinova, M. (2020). Model Pembelajaran Team Assisted Individualization dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 2(2), 189-197.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wandi Lesmana, Astri Sutisnawati, Luthfi Hamdani Maulana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work