Analisis Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19

  • Jovana Shelvi Nur Syafa’ati Universitas Muria Kudus
  • Sucipto Universitas Muria Kudus
  • Mila Roysa Universitas Muria Kudus
Keywords: pembelajaran daring, prestasi belajar, pandemi covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana prestasi belajar anak pada pembelajaran daring saat pandemi covid-19. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalan dan dokumentasi yang bersumber pada data yang valid. Hasil penelitian adalah pandemi covid-19 membawa dampak besar pada hasil prestasi belajar anak. Dalam belajar pada pembelajaran daring siswa mengalami lebih banyak kesulitan dalam belajar. Prestasi belajar anak sulit dipantau secara langsung oleh guru. Penerapan cara belajar yang efektif dan efisien pada pembelajaran daring akan memengaruhi prestasi belajar yang baik. Terdapat faktor-faktor lain yakni faktor eksternal yakni keluarga sangat berpengaruh pada prestasi belajar anak.

References

Handarini, O. Ika dan Wulandari, Siti Sri. 2020. Pembelajaran Daring Segabai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. Vol 08. No. 03.
Putria, Hilna dkk. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol 4 (4): 861-872.
Sanjaya Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Syafi’i, Ahmad, dkk. 2018. Study Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol. 02. No. 02.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT. Grasindo.
Umar, Munirwan. 2015. Peranan orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar anak. Jurnal Ilmiah Edukasi. 1(1).
Published
2021-03-05
How to Cite
Syafa’ati, J. S. N., Sucipto, S., & Roysa, M. (2021). Analisis Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 122-128. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.882
Section
Articles