Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian dan Pembagian Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5795Abstract
Matematika memainkan peran penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan pembentukan konsep dasar matematika harus dimulai sejak usia dini. Namun, banyak siswa menghadapi kesulitan dalam memahami konsep perkalian dan pembagian. Studi ini melibatkan 55 siswa sebagai sampel, dengan 27 siswa dalam kelompok eksperimen dan 28 siswa dalam kelompok kontrol. Metode penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (quasi-experimental) dengan model Quasi Experimental Design dan Nonequivalent Control Group Design. Hasil analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) secara signifikan meningkatkan kemampuan berhitung perkalian dan pembagian siswa. Analisis N-Gain menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kelompok eksperimen, mencapai 62,09, sementara kelompok kontrol hanya mencapai 45,51. Uji t independen menunjukkan perbedaan rata-rata yang signifikan antara kedua kelompok, dengan thitung sebesar 2,035 dan nilai signifikansi 0,047 (p<0,05). Hasil ini menegaskan bahwa pendekatan pembelajaran matematika berbasis masalah melalui PBL efektif meningkatkan kemampuan berhitung perkalian dan pembagian siswa. Oleh karena itu, disarankan agar para pendidik mempertimbangkan penggunaan model pembelajaran PBL dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas, terutama dalam mengatasi kesulitan berhitung perkalian dan pembagian. Penelitian ini memberikan kontribusi positif untuk mengembangkan metode pembelajaran matematika yang inovatif dan efektif dalam konteks pendidikan dasar.
Keywords:
Model Problem Based Learning, Kemampuan BerhitungDownloads
References
Anas Sudijono. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Asrial, Syahrial dan Dwi, AK., 2019. Ilmu Dasar Pembelajaran Etnokonstruktivisme, Jambi : Salim Media Indonesia.
Fahrudin, Ansari, A., & Ichsan, A.S. . 2021. Pembelajaran Konvensional dan Kritis Kreatif dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Hikmah, 18 (1), 64-80
Fatimah, C., Wirnawa, K., & Dewi, P. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Perkalian Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Smp). Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 1-6.
Fauzi, A., & Rahmatih, A. N. (2023). Analisis Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Dasar Matematika Berdasarkan Kecepatan Berhitung. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), pp. 5533–5540.
Hasanah, N., Suryana, Y., & Nugraha, A. (2018). Pengaruh metode eksperimen terhadap pemahaman siswa tentang gaya dapat mengubah gerak suatu benda. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 127-139.
Indriani, L. . (2022). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Problem Based Learning Pada Pelajaran Bahasa Inggris. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 9–17. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i1.4
Masliah, Lia, Sri Dewi Nirmala, and Sugilar Sugilar. 2023. “Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Kemampuan Literasi Dan Numerasi Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 7(1):1–10. doi: 10.31004/basicedu.v7i1.4106.
Paradina, D., Connie, C. and Medriati, R. (2019) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X’, Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), pp. 169–176. doi: 10.33369/jkf.2.3.169-176.
Pramiasari, A. D. ., Muslim, A. ., & Supriatna, S. (2022). Problem-Based Learning in Elementary Schools: The Study Of Curiosity and Mathematics Communication Ability. Journal of Innovation and Research in Primary Education, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.56916/jirpe.v1i1.27
Pratiwi, Y., Redjeki, T., & Masykuri, M. (2014). Pelaksanaan model pembelajaran problem based learning (pbl) pada materi redoks kelas x sma negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3), 40-48.
Rosanti, A., Tahir, M., & Maulyda, M. A. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pada Kelas II di SDN 3 Pringgajurang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1490-1495.
Sari, M., & Rosidah, A. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPS SD. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(1), 8-17.
Sumirat, I., & Trimurtini, W. (2016). Pengaruh praktik jarimatika terhadap keterampilan berhitung perkalian pada siswa KELAS II SD. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 7(1).
Wulandari, O., & Taufina, T. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(3), 43-55.
Yuliasari, I. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS SD. Buletin Ilmiah Pendidikan, 2(2), 171–178. https://doi.org/10.56916/bip.v2i2.514
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maul Hayati, Iva Nurmawanti, Muhammad Makki

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work