Pembelajaran Bahasa Arab berbantuan Media Instagram Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Madrasah Tsanawiyah
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5080Abstract
Mata pelajaran bahasa Arab yang cenderung sulit membuat siswa-siswi cepat merasa bosan dan tidak tertarik untuk mempelajari bahasa Arab lebih dalam. Cara belajar mereka pun menjadi hal yang perlu diperhatikan untuk menciptakan suasana belajar yang memadai. Dalam hal ini media pembelajaran yang tepat dapat menarik perhatian siswa siswi agar meningkatkan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya Pengaruh Belajar Bahasa Arab Menggunakan Instagram Terhadap Minat Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Wongsorejo Banyuwangi. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen One Grub Pretest-Posttest Design. Yang dijadikan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Wongsorejo sebanyak 150 dengan jumlah sampel 25 peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Wongsorejo. Hasil Exact Sig. (2-tailed) adalah 0,011 yang artinya 0,011 < 0,05 maka Ha diterima dan HO ditolak. Sehingg penelitian ini menunjukkan bahwa belajar bahasa Arab menggunakan media instagram sebagai media pembelajarannya dapat berpengaruh terhadap peningkatan minat belajar siswa kelas VIII Mts. Islamiyah Wongsorejo Banyuwangi.
Keywords:
Learning, Media, InstagramDownloads
References
Ambarsari, Z. (2020). Penggunaan Instagram Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 6(1), 81–86. http://digilib.unimed.ac.id/41225/1/Fulltext.pdf
Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, 1, 135–144.
Azhari, J. F., & Ishbir, M. (2016). UPAYA GURU DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS DARING DI MA AL-FALAH TLANAKAN. Https://Medium.Com/.
Bahruddin, U., Amrullah, A. M. K., & Audina, N. A. (2021). Constructivism in Maharah Kalam Lecture Using the Instagram Media: The Implementation, Problems, and Tertiary Students’ Perceptions in Indonesia/Kontruktivisme dalam Perkuliahan Maharah Kalam Menggunakan Media Instagram: Implementasi, Problematika dan Per. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 5(1), 127. https://doi.org/10.29240/jba.v5i1.2396
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660
Fuadah, S. (2020). Penggunaan Media Instagram @Nahwu_Pedia dalam Mahārah Al Qira’ah dan Mahārah Al Kitabah Mahasiswa Bahasa Arab. Studi Arab, 11(2), 137–151. https://doi.org/10.35891/sa.v11i2.2513
Hardono, A., Sarayar, A. R. O., Donianxon, R. A., Kurniawan, Hans Audianto, & Nastiti, P. (2019). Pengaruh Pengunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Mahasiswa UAJY. Proceeding SINTAK 2019, 1, 458–464.
Hidayah, I., & Kusumaningrum, N. (2021). Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Internet. El-Jaudah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, II(1), 65–90.
Khasana, V. A., Setiyawan, H., & Desiningrum, N. (2020). Pengaruh Aplikasi Instagram Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika Materi Volume Bangun Ruang Di SDN Bakung Temenggungan Balongbendo Sidoarjo. Child Education Journal, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.33086/cej.v2i2.1590
M. Jainuri, M. P. (2014). Analisis Data Komparatif ( T-Test). Aplikasi Komputer (SPSS), 1–10.
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Increased Interest in Student Learning Through Information Technology- Based Learning Media. 18(1), 811–819.
Nuryanti, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bilangan Romawi bagi Siswa Tunarungu Kelas IV SDLB. Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 20(1), 40–51.
Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524
Rohim, A. M., & Yulianti, D. (2020). Pembelajaran Fisika Berbantuan Aplikasi Instagram untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Unnes Physics Education Journal Terakreditasi SINTA, 9(2), 149–157.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tolinggi, S. O. R. (2021). Microblog pada Instagram sebagai Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VII 2021, 3(1), 40. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/974
Yahya, Y. K., Mahmudah, U., & Muhyiddin, L. (2020). De-Sakralisasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia: Analisis Bahasa sebagai Identitas Agama. JLA (Jurnal Lingua Applicata), 3(2), 57. https://doi.org/10.22146/jla.57232
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muallim Wijaya, Rifa Sabila Yunia Rismawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work