Model Pembelajaran Projek Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Pada Materi Bank Sentral di Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4892Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah guru kurang menerapkan model dan media pembelajaran sehingga membuat siswa jenuh dalam pembelajaran. Banyak siswa yang pasif ketika mengikuti proses pembelajaran di kelas, pembelajaran tampak terpusat pada guru. Pembelajaran juga tampak membosankan karena guru kurang berkreasi dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui penerapan model pembelajaran projek bades learning berbantuan media audio visual pada materi bank sentral di kelas X SMA PGRI Larantuka. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian ini berupa hasil belajar pada siklus I dan II dalam PTK. Objek penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA PGRI Larantuka yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes (tes tertulis). Peningkatan hasil belajar dilihat dari peningkatan nilai setiap tindakan siklus. Nilai rata-rata siswa sebelum penelitian adalah 62,83%. Pada tindakan Siklus I nilai rata-rata siswa naik sebesar 25% menjadi 60,75%. Pada tindakan Siklus II nilai rata-rata siswa naik 25% menjadi 84,78%. Dari 25 siswa Kelas X SMA PGRI Larantuka sebanyak 18 siswa atau 85% siswa mendapat nilai mata pelajaran ekonomi materi bank sentral di atas kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran projek based learning (PjBL) berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar pada materi bank sentral siswa kelas X SMA PGRI Larantuka
Keywords:
projek based learning, media audio visualDownloads
References
Abdullah, kholil. (2021). Penerapan Model pembelajaran projek based learning dengan media audio visual pada siswa kelas V SDN Talang Ubi. Seminar Nasional Profesi Guru.
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/else.v1i2a.1038
Izati, Wahyudi, & Sugiyarti, M. (2018). Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. Jurnal Pendidikan, 3(9), 1122–1127. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i9.11508
Kurniawan Asep. (2018). Metodologi penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Made, W. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjau Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). Jurnal pemikiran islam, 37(1).
Sanjaya, W. (2011). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Prenada Media
Putri, A. A. V. W. (2020). Project Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Partisipasi Belajar Anak. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 388-396.
Sugiyono, (2020). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung
Alfabeta.
Thorifah, S. B. A. A., & Umam, K. (2019). The influence of use audio visual media to increase the development of early childhood language. JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Awal), 4(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/jin.v4n2.2019.pp146-155
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maria Anita Titu, Reinaldis Masi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work