Media Video untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Kuliah Managemen Pemasaran di Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1018Abstract
Penggunaan media dalam pembelajaran managemen pemasaran adalah salah satu penyebab kurangnya minat dan rendahnya prestasi belajar mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran mata kuliah managemen pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar mata kuliah managemen pemasaran melalui media video pada mahasiswa kelas IA Prodi Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan. Penelitian tindakan kelas ini dengann subjek penelitian mahasiswa yang mengambil mata kuliah managemen pemasaran kelas IA IAIN Pekalongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan tes. Adapun hasil penelitian adalah penerapan media video dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar mata kuliah managemen pada mahasiswa, terbukti rata-rata kelas pra siklus71. Pada siklus I meningkat menjadi 76 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 79(92,86% mahasiswa tuntas) dari KKM yang telah ditentukan yaitu 70 dengan indikator 75% mahasiswa tuntas. Sehingga bisa dikatakan penerapan media video dapat meningkatka prestasi belajar mata kuliah managemen pada mahasiswa kelas IA Prodi Ekonomi Syariah IAIN Pekalongan
Keywords:
media, video, covid-19, managemen pemasaranDownloads
References
Darmuki, A. & Ahmad Hariyadi. (2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran Jucama Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Berbicara Di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Kredo. 3(1), 62-72.
Darmuki, A. & Hidayati N.A. (2019). An Investigation of The Cooperative Learning Using Audio Visual Media in Speaking Skill Subject. ICSTI. 121-126.
Darmuki, A. & Hidayati, N.A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berbicara Menggunakan Metode Kooperatif Tipe NHT pada Mahasiswa Tingkat I-A Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Pendidikan Edutama. Vol. 6(2), hlm 9-18.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2017). Cooperative, Synectics, and CTL Learning Models Toward Speaking Ability Viewd from Students Motivation. Proceeding International Conference on Intellectuals’Global Responsibility (ASSEHR). Vol. 125, 75-79.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2017). Evaluating Information-Processing-Based Learning Cooperative Model on Speaking Skill Course. Journal of Language Teaching and Reasearch. 8(1) pp. 44-51.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2018). The Development and Evaluation of Speaking Learning Model by Cooperative Approach. International Journal of Instruction. 11(2), 115-128.
Darmuki, A., Ahmad Hariyadi, Nur Alfin Hidayati. (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Mind Map pada Mahasiswa Kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. Kredo.
Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 252-259.
Rusman, dkk.(2018). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada.
Sardiman AM. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work