Literature Review: Media E-Modul IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Armellia Ulfa Universitas Negeri Surabaya
  • Ganes Gunansyah Universitas Negeri Surabaya
  • Nasution Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10604

Abstract

Pembelajaran IPS di sekolah dasar merupakan bagian penting dalam kurikulum yang bertujuan untuk mengembangkan pemahaman siswa tentang konsep-konsep dasar sosiologi, geografi, ekonomi, sejarah, dan kewarganegaraan melalui pendekatan paedagogis dan psikologis. Rendahnya keterampilan abad 21 dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar disebabkan oleh pembelajaran IPS yang cenderung hafalan dan teori saja, siswa hanya menerima pembelajaran dari guru tanpa memberi kesempatan untuk mengembangkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang materi pembelajaran. Media pembelajaran e-modul dapat dijadikan solusi oleh guru dalam meningkatkan keterampilan abad 21 siswa sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tren penggunaan e-modul IPS dalam meningkatkan keterampilan abad 21 siswa di sekolah dasar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan referensi bagi guru terkait media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya penggunaan e-modul IPS dalam meningkatkan  keterampilan abad 21 siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review dengan metode Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta Analysis (PRISMA) dengan melalui proses identifikasi, penyaringan, dan penentuan artikel terpilih melalui database elektronik yaitu Google Scholar yang dibatasi dari tahun 2021- 2024. Berdasarkan hasil analisis dari 18 artikel penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pengembangan penelitian e-modul IPS efektif dalam meningkatkan keterampilan abad 21 siswa sekolah dasar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media e-modul IPS berpengaruh terhadap keterampilan abad 21 siswa di sekolah dasar.

Keywords:

Keterampilan Abad 21, Media E-modul, Pembelajaran IPS

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almarâ, H., Koeswardani, N. F., & Fitriana, V. K. (2018). Metode pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa SMP. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 1(1), 160-167.

Anggraini, D. A., & Suciptaningsih, O. A. (2024). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Dengan Integrasi Kahoot Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Syntax Literate, 9(8).

Arifen, S. A., Suriani, A. B., Wong, K. T., Aliya, N., Adli, M., Azzam, A. B., ... & Ahmad, M. K. (2024). Comprehensive Literature Review: Use of E-Modules Based on Artificial Intelligence in Science Subjects and its Implications on Teaching and Learning. Jurnal Pendidikan Bitara UPSI, 17(2), 77-90.

Aswirna, P. (2022). Pengembangan e-modul berbasis etno-STEM berbantuan canva terintegrasi gordang sambilan terhadap keterampilan komunikasi peserta didik. Jurnal Cerdas Mahasiswa.

Cahyaningtyas, H., Triwahyudianto, T., & Kumala, F. N. (2024). Pengembangan E-LKPD Berbasis Quantum Learning Pada Pembelajaran Ipas Siswa Kelas 4 di Sekolah Dasar. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(10), 455-467.

Endaryati, S. A., Atmojo, I. R. W., St Y, S., & Suryandari, K. C. (2021). Analisis E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 300-312.

Firdausia, L., Nisa, A. F., Zulfiati, H. M., & Bariyah, I. Q. (2024). Penerapan E-Modul Ecoprint Flipbook Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Kreativitas Siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 1534-1550.

Fonna, M., & Nufus, H. (2024). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Abad 21. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 5(1), 22-30.

Fujiarti, A., Meilania, D. K., Angraeni, M., & Umah, R. N. (2024). Literatur Review: Pengaruh Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(01), 83-89.

Husnah, A., Fitriani, A., Patricya, F., Handayani, T. P., & Marini, A. (2023). Analisis materi IPS dalam pembelajaran IPAS kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 3(1), 57-64.

Inayati, W. N. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Kolaboratif Pada Materi Gelombang Bunyi.

Indri, S. A. (2023). Pengembangan Modul Berbasis PQ4R Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar (Doctoral Dissertation, Universitas Lampung).

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Aldila, A. S., Nisa, F. F., Putri, H. I., & Nafiisah, R. (2022). Analisis Penggunaan Media Ajar Digital Guna Meningkatkan Minat Siswa dalam Belajar di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 4(2), 1438-1445.

Juniawan, E. R., Salsabila, V. H., Prasetya, A. T., & Rengga, W. D. P. (2023). Studi Literatur: Analisis Media Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(2), 82-94.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. Axiom: jurnal pendidikan dan matematika, 7(1).

Khoiri, I. (2024). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Pembelajaran Ips Di Sd Kelas Tinggi. International Journal of Education, Conseling and Multidicipline (IJEDUCA), 1(2).

Kumalasari, N., Fathurohman, I., & Fakhriyah, F. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Daerah Grobogan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy, 10(2), 554-563.

Larasati, I., Yusril, A. N., & Al Zukri, P. (2021). Systematic Literature Review Analisis Metode Agile Dalam Pengembangan Aplikasi Mobile. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 10(2), 369-380.

Lestari, A. W., Astutik, S., & Apriyanto, B. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Kebudayaan Pandalungan Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Geografi di SMA. Edu Geography, 11(3), 35-46.

Mariyah, Y., Budiman, A., Rohayani, H., & Audina, W. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual: Studi Eksperimen Dalam Pembelajaran Tari. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(2), 959-967. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i2.778

Mayasari, N. (2024). A Pengembangan Media Ajar Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (Jukanti), 7(1), 108-124.

Muhali, M. (2019). Pembelajaran inovatif abad ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25-50.

Murtado, D., Hita, I. P. A. D., Chusumastuti, D., Nuridah, S., Ma'mun, A. H., & Yahya, M. D. (2023). Optimalisasi pemanfaatan media pembelajaran online sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah menengah atas. Journal on Education, 6(1), 35-47.

MUSTAKIM, M. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Barcode Untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik (Doctoral Dissertation, Universitas Lampung).

Nugroho, M. T., Syahrial, S., & Yantoro, Y. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi Keterampilan 4C (Critical Thingking And Comunication) Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Professional Di Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Magister Pendidikan Dasar).

Nurhadi, N. N. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Kota Pekanbaru. el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 5(1), 43-55.

Nurjan, S. (2018). Pengembangan berpikir kreatif. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 105-116.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1. 171

Piyana, S. O. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Inkuiri Pada Tema 2 Menggunakan Aplikasi Flip Pdf Professional Untuk Siswa Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Pendidikan Dasar).

Prasasti, R. D., & Anas, N. (2023). Pengembangan media digital berbasis flipbook untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 694-705.

Puspitasari, N. (2022). Pengembangan Pembelajaran IPS SD. Guepedia.

Putri, A. D. A., & Sumardi, S.(2022). Pengembangan Bahan Ajar Digital Flipbook untuk Siswa SD. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 173-186.

Putri, F. M., Susanti, E., Kritis, K. B., & Matematika, P. (2018). Kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan teori apos. 1–11.

Rahmayani, M. (2023). Pengembangan E-Modul Energi Terbarukan Terintegrasi Model PBL dengan Smartphone Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Siswa (Doctoral dissertation, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam).

Ramadhan, W., Meisya, R., Jannah, R., & Putro, K. Z. (2023). E-modul pendidikan pancasila berbasis canva berbantuan flip pdf profesional untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(2), 178-195.

Rostikawati, R. T., & Suryanti, Y. (2023). Pelatihan penerapan e-modul berbasis anyflip dalam meningkatkan kompetensi literasi digital guru sekolah dasar di kota bogor. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 882-887.

Safitri, A., Rusmiati, M. N., Fauziyyah, H., & Prihantini, P. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9333-9339.

Saputra, B., Simorangkir, G. V., Habibah, S., Chan, F., & Noviyanti, S. (2024). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 5(1), 50-56.

Siska, P. (2023). Pengembangan Modul Elektronik Tematik Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas Iii Upt Sdn 03 Negeri Batin (Doctoral Dissertation, Universitas Lampung).

Septi, A. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Belajar Di SD/MI (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Setiari, D. (2023). Pengembangan Model Latihan Gerak Dasar Lokomotor Berbasis Permainan Untuk Peserta Didik Kelas Tinggi Di SD Negeri 1 Penarukan Tahun Pelajaran 2022/2023 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Sitepu, E. N. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 242-248.

Sunbanu, H. F., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2037-2041.

Suroto, S. (2024). Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 1-9.

Triwoelandari, R., Handayani, E. W., & Arif, S. (2023). Development Of Project-Based Learning Science E-Module To Improve Collaboration Skills Of Elementary School Students. Jurnal Cakrawala Pendas, 9(4), 762-774.

Yusnaldi, E. (2019). Potret Baru Pembelajaran IPS. Perdana Publishing

Downloads

Abstract Views : 771
Downloads Count: 236

Published

2024-12-15

How to Cite

Ulfa, A., Gunansyah, G., & Nasution, N. (2024). Literature Review: Media E-Modul IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.10604

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.