Pengaruh Lembar Kerja Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII MTS N 5 Bojonegoro

Authors

  • Noer Khamimatul Monika IKIP PGRI Bojonegoro
  • Sarjono IKIP PGRI Bojonegoro
  • Ahmad Hariyadi IKIP PGRI Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1711

Abstract

Pendidikan merupakan suatu sistem yang terdiri dari beberapa komponen yaitu subyek didik, pendidik, tujuan yang akan dicapai, materi atau bahan pelajaran, serta evaluasi yang digunakan. Komponen- komponen tersebut saling berkaitan satu sama lainnya dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Jika salah satu dari komponen tersebut kurang berfungsi, maka secara keseluruhan jalannya sistem pendidikan akan terganggu. Proses pembelajaran akan berjalan dengan lancar apabila didukung tersedianya bahan ajar dan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)  yang memiliki pengetahuan luas. Kualitas pembelajaran tercapai apabila siswa menunjukkan tingkat penguasaan yang tinggi terhadap tugas-tugas disekolah sesuai dengan kebutuhannya dalam kehidupan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penulisan skripsi ini adalah untuk menganalisa penggunaan lembar kerja siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa bidang studi  Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas VII MTs N 5 Bojonegoro. Bentuk penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (kuasi eksperimen). Quasi eksperimen didefinisikan sebagai eksperimen yang memiliki perlakuan, pengukuran dampak, unit eksperimen namun tidak menggunakan penugasan acak untuk menciptakan perbandingan dalam rangka menyimpulkan perubahan yang disebabkan perlakuan.Kemudian penelitian juga dilakukan terjun langsung di lapangan yaitu di MTs N 5 Bojonegoro.

Keywords:

ilmu pengetahuan sosial, lembar kerja siswa, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 509
Downloads Count: 227

Published

2021-11-29

How to Cite

Monika, N. K., Sarjono, S., & Hariyadi, A. . (2021). Pengaruh Lembar Kerja Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII MTS N 5 Bojonegoro. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1854–1859. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1711

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.