Peningkatan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Melalui Model SAVI Berbasis Mind Mapping pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Dewi Suprihatin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ahmad Hariyadi IKIP PGRI Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1468

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menentukan Ide Pokok pada siswa kelas III SDN Ngujung 1 Maospati Magetan melalui penerapan model SAVI berbasis mind mapping. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Ngujung 1 Maospati Magetan Tahun Pelajaran 2020/2021 sebanyak 22 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas berupa triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan refleksi. Peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tersebut terbukti melalui data yang telah diperoleh dalam penelitian yang telah dilaksanakan. Dari hasil pengolahan data yang dilakukan, diketahui bahwa pada kondisi awal rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 49,03 dengan kategori sangat kurang, kemudian meningkat menjadi 72,39 dengan kategori baik pada siklus I. Pada siklus II rata-rata keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 83,89 dengan kategori sangat baik. Peningkatan keaktifan belajar tersebut telah mencakup 8 aspek yang ada yakni aspek visual, aspek motor, aspek listening, aspek writing, aspek oral, aspek drawing, aspek mental dan aspek emosional. Dengan demikian simpulan penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran SAVI berbasis mind mapping dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menentukan ide pokok di kelas III dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas III SDN Ngujung 1 Maospati Magetan Tahun Pelajaran 2020/2021.

Keywords:

model, SAVI, ide pokok, mind mapping

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 4014
Downloads Count: 3006

Published

2021-10-07

How to Cite

Suprihatin, D., & Hariyadi, A. . (2021). Peningkatan Kemampuan Menentukan Ide Pokok Melalui Model SAVI Berbasis Mind Mapping pada Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1384–1393. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1468

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.