Pengaruh Media Bimbingan Papan Pintar Profesi Terhadap Kemampuan Pemahaman Karier Siswa Kelas IV SDN 1 Kekeri
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5018Abstract
Pengetahuan peserta didik mengenai karier pada jenjang sekolah dasar masih sangat kurang. Bahkan pengenalan wawasan karier hanya disampaikan melalui kegiatan bercerita tanpa menunjukkan secara nyata contoh visualnya. Sebagian hal yang menjadi hambatan bersumber dari guru yang tidak memiliki basis keilmuan BK dan kurangnya media guna menunjang praktik bimbingan karier. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media bimbingan papan pintar profesi (PAPIPO) terhadap kemampuan pemahaman karier siswa kelas IV SDN 1 Kekeri. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Grup Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dengan jumlah total 47 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling dengan tipe sensus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorov Smirnov dan terbukti data berdistribusi normal. Selanjutnya uji homogenitas menggunakan metode Levene Statistic dengan pendekatan Anova dan terbukti homogen. Terakhir dilakukan uji hipotesis dengan uji-t menggunakan data post-test siswa. Hasil uji-t diperoleh nilai Sig.2 tailed lebih kecil dari 5% berarti hipotesis nol () ditolak dan hipotesis alternatif () diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh media bimbingan papan pintar profesi (PAPIPO) terhadap kemampuan pemahaman karier siswa kelas IV SDN 1 Kekeri.
Keywords:
Media Bimbingan, PAPIPO, Kemampuan Pemahaman KarierDownloads
References
Andriani, M. W. (2019). Pengaruh Layanan Informasi Menggunakan Papan Bimbingan Terhadap Pemahaman Karir Siswa Sekolah Dasar. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 6(2), 68-77.
Astiani, N., Halimah, M., & Hidayat, S. (2018). Pengaruh Media Papan Flanel terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 (2), 317-325.
Badruzaman, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peta. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), hlm. 1
Dahlan, N. (2015). Efektivitas Informasi Karir dengan Media Buku Bergambar untuk Meningkatkan Pemahaman Studi Lanjutan Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 1.
Isro'i, N. F., Sauyah, S., & Rahmawati, Y. (2022). Optimalisasi Penggunaan Media dan Teknologi dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Online. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 3(1), 11-17.
Lestari, M. A. (2020). Bimbingan Konseling di SD. Yogyakarta: Deepublish.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan media pembelajaran video terhadap hasil belajar siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64-72.
Nurmadiah, N. (2016). Media pendidikan. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).
Nurohman, A., & PRASASTI, S. (2019). Pentingnya Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar (SD). Jurnal Ilmiah Konseling, 19(1).
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 05/Permendikbud/Pasal 1/2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah.
Permana, E. J. (2015). Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarnegara. PSIKOPEDAGOGIA: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 143-151.
Rohmah, U. (2018). Bimbingan Karir untuk Peserta Didik di Sekolah Dasar. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 16(2), 262-282.
Rosita, T., Irmayanti, R., & Hendriana, H. (2020). Urgensi Bimbingan Karir Di Sekolah Dasar. Abdimas Siliwangi, 3(1), 109-205.
Salahudin, Anas. (2010). Bimbingan dan Konseling. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Selian, S. R., Yeniningsih, T. K., & Rizka, S. M. (2021). Pengembangan Busy Book Sebagai Media Pembelajaran Mengenalkan Cita-cita Kepada Anak. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (2).
Setyowati, P., Supriyatno, A., & Sugiyadi, S. (2021). Pengaruh Bimbingan Karir Melalui Media Leaflet Terhadap Peningkatan Pemahaman Pilihan Studi Lanjut. Proceeding of The URECOL, 237-242.
Sunaengsih, C. (2016). Pengaruh media pembelajaran terhadap mutu pembelajaran pada sekolah dasar terakreditasi A. Mimbar Sekolah Dasar, 3(2), 183-190.
Try, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2021). Pengaruh Pekerjaan Orang Tua Terhadap Cita-cita Anak. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 364-374.
Witono, H., Widiada, I. K., & Khair, B. N. (2020). Partisipasi Guru Pelaksanaan Bimbingan Dan Konseling Di SD Kota Mataram NTB. Progres Pendidikan. 1 (2). p.52 – 62.
Zaini, A., Dianto, M., & Mulyani, R. R. (2020, August). Pentingnya penggunaan media bimbingan dan konseling dalam layanan informasi. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang (pp. 126-131).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 M. H. Nazir Maulana, A. Hari Witono, Siti Rohana Hariana Intiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work