Implementasi Nilai-nilai Pancasila Melalui Pembelajaran PPKn Terhadap Pembentukan Sikap Disiplin Siswa Kelas VIII MTs Negeri 5 Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1304Abstract
Penelitian Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kenakalan pelajar yang terjadi. Tindakan tersebut merupakan perilaku yang menyimpang dan kurangnya kedisiplinan pada siswa sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui implementasi nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran PPKn dan hambatan yang dialami guru terhadap pembentukan sikap disiplin siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskiptif, sumber data penelitian ini adalah seorang guru PPKn dan siswa kelas VIII-B MTs Negeri 5 Bojonegoro. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran PPKn terhadap pembentukan sikap disiplin siswa diwujudkan dengan guru membelajarkan nilai-nilai Pancasila dan memberikan keteladanan perilaku disiplin. Meskipun ada hambatan dari faktor lingkungan dan faktor dalam diri siswa, namun guru memberikan solusi dengan upaya melakukan pendekatan persuasif dengan siswa dan sekolah bekerja sama dengan orang tua siswa untuk mendidik dan menerapkan aturan dan kebiasaan yang baik yang mengarah pada kedisiplinan. Dan secara keseluruhan implementasi nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran PPKn terhadap pembentukan sikap disiplin siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Bojonegoro sudah diterapkan dengan baik, sehingga banyak siswa yang menerapkan kedisiplinan disekolah.
Keywords:
nilai-nilai pancasila, pembelajaran PPKn, sikap disiplinDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work