Pengaruh Konsep Diri dan Reward Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewirausahaan

Authors

  • Rio Arda Saputra IKIP PGRI Bojonegoro
  • Ahmad Hariyadi IKIP PGRI Bojonegoro
  • Sarjono IKIP PGRI Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1337

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh konsep diri siswa dan reward terhadap prestasi belajar siswa. penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis kuantitatif deskriptif, populasi penelitian ini adalah kelas IPS di SMA Taruna Bhakti Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro dengan jumlah 54 sampel, data dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner yang diukur dengan skala likert, metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa konsep diri berpengaruh signifikan dan positif terhadap prestasi belajar siswa, reward berpengaruh signifikan dan positif terhadap prestasi belajar siswa, konsep diri dan reward secara bersama-sama berpengaruh signifikan dan positif terhadap prestasi belajar sisiwa. Dengan demikian, upaya yang dilakukan oleh tenaga pendidik dalam mewujudkan prestasi belajar siswa dapat dilakukan dengan pembentukan konsep diri yang baik pada siswa dan pemberian reward oleh guru kepada siswa.

Keywords:

Konsep diri, reward, prestasi belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 4637
Downloads Count: 4758

Published

2021-08-08

How to Cite

Saputra, R. A., Hariyadi, A. ., & Sarjono, S. (2021). Pengaruh Konsep Diri dan Reward Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewirausahaan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1046–1053. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1337

Most read articles by the same author(s)