Pengaruh Konsep Diri dan Reward Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewirausahaan
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1337Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh konsep diri siswa dan reward terhadap prestasi belajar siswa. penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis kuantitatif deskriptif, populasi penelitian ini adalah kelas IPS di SMA Taruna Bhakti Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro dengan jumlah 54 sampel, data dalam penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner yang diukur dengan skala likert, metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa konsep diri berpengaruh signifikan dan positif terhadap prestasi belajar siswa, reward berpengaruh signifikan dan positif terhadap prestasi belajar siswa, konsep diri dan reward secara bersama-sama berpengaruh signifikan dan positif terhadap prestasi belajar sisiwa. Dengan demikian, upaya yang dilakukan oleh tenaga pendidik dalam mewujudkan prestasi belajar siswa dapat dilakukan dengan pembentukan konsep diri yang baik pada siswa dan pemberian reward oleh guru kepada siswa.
Keywords:
Konsep diri, reward, prestasi belajarDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work