Powerpoint Ispring Berbasis Teori Sosiokultural Pada Materi IPS Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Andhita Permana Sari Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Muflikhul Khaq Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4807

Keywords:

Powerpoint Ispring, Teori Sosiokultural, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1.) Untuk menghasilkan media pembelajaran. (2.) Untuk menjelaskan prosedur media pembelajaran Powerpoint Ispring berbasis teori sosiokultural dalam materi IPS toleransi keberagaman suku dan budaya di Indonesia  pada kelas IV sekolah dasar. (3.) Untuk mengetahui kelayakan (kevalidan, kepraktisan, keefektifan) Powerpoint Ispring berbasis teori  sosiokultural  dalam  materi IPS toleransi keberagaman suku dan budaya di Indonesia pada kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan angket. Analisis data dilakukan dengan menganalisis kevalidan produk, kepraktisan produk, keefektifan. Uji keterbacaan penelitian ini melibatkan 30 peserta didik. Hasil penelitian pengembangan media Powerpoint Ispring berbasis teori sosiokultural ini adalah : 1). Penelitian menghasilkan media pembelajaran Powerpoint Ispring berbasis teori sosiokultural. 2). Hasil nilai rata-rata dari ahli media 3,25 (sangat layak) & hasil nilai rata-rata dari ahli materi 4,00 (sangat layak). 3). Hasil nilai rata-rata respon peserta didik kelompok one to one 97,3% (sangat praktis), kelompok kecil 88,7%, kelompok besar 94% (sangat praktis). 4). Hasil keefektifan dari kelompok one to one, kecil dan besar sudah efektif dengan acuan KKM 75, dari 30 peserta didik sudah 26 peserta didik yang mencapai KKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abduh, M. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran tematik-integratif berbasis sosiokultural di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1).

Afandi, A. (2017). Media ICT Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint Interaktif Dan Ispring Presenter. Jurnal Terapan Abdimas, 2, 19-26.

Anwar, M. S., Choirudin, C., Ningsih, E. F., Dewi, T., & Maseleno, A. (2019). Developing an interactive mathematics multimedia learning based on ispring presenter in increasing students’ interest in learning mathematics. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 135-150.

Arini, A., & Umami, H. (2019). Pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam melalui pembelajaran konstruktivistik dan sosiokultural. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), 104-114.

Dewi, F. C., & Yuniarsih, T. (2020). Pengaruh lingkungan sekolah dan peran guru terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 5(1), 1-13.

Furi, A. R., & Rozi, F. (2020). Pengembangan E-Modul Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas Vi Di Sdn 3 Srengat. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 5(2), 161-171.

Hadilka, M. L., & Guspatni, G. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur Kelas X SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 1(1).

Hala, Y. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik pada konsep ekosistem bagi siswa sekolah menengah pertama. Journal of Educational Science and Technology, 1(3), 177087.

Hidayati, S. (2015). Pembelajaran Kooperatif dengan Tutor Sebaya pada Materi Ajar Statistika. Dinamika Pendidikan, 5(1).

Hobri. (2009). Metodologi Penelitian dan Pengembangan (Development and Reseacrh) (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember : FKIP Universitas Jember

Kurnia, N., Darmawan, D., & Maskur, M. (2018). Efektivitas Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Berbantuan Ispring dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Teknologi Pembelajaran, 3(1), 451–461.

Melga, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting Pada Materi Tata Nama Senyawa Kelas X SMA/MA (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Mustami, M. K., & Dirawan, G. D. (2015). Development of Worksheet Students Oriented Scientific Approach at Subject of Biology. Man In India, 95(4), 917-925.

Purnamasari, N. I.(2019). Komparasi Konsep Sosiokulturalisme dalam Pendidikan : Perspektif Barat dan Islam, EL-BANAT : Jurnal Pemkiran dan Pendidikan Islam. Vol, 9. No 2, 238-58 (diakses pada 13 September2021). http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/elbanat/article/view/3042

Sasahan, E. Y., Oktova, R., & I.R.N., O. O. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif tentang Optika Berbasis Android Menggunakan Perangkat Lunak Ispring Suite 7.0 untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Fisika pada Pokok Bahasan Interferensi Cahaya. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 2, 52.

Sastrakusumah, E. N., Suherman, U., Darmawan, D., & Jamilah, J. (2018). Pengaruh media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi ispring presenter terhadap kemampuan. Teknologi Pembelajaran, 3(1).

Suprapti, E. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe STAD dengan media powerpoint Ispring pada materi jajargenjang, layang-layang dan trapesium di kelas VII SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 57-68.

Surahman, E., & Mukminan.(2017). Peran Guru Sebagai Pendidik dan Pengajar Dalam Meningkatkan Siap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Harmonni Sosial : Jurnal Pendidikan IPS. Vol. 4. No, 1, 1-13 (diakses pada 13 September 2021). https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/8660

Syafita, J. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Berbasis Ispring Suite 8 Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas Iv Sdn 101886 Kiri Hilir Tanjung Morawa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(2), 161-172.

Vegatama, M. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Macromedia Flash Dan Powerpoint Pada Pembelajaran Langsung Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X1 IPA SMA Negeri 2 Sungguminasa (Studi Pada Materi Pokok Asam-Basa). Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 1(2), 68-76.

Yuniasih, N., Aini,R. N., Widowati, R. (2018). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di SDN 3 Ciptomulyo Kota Malang, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol, 8. No 2, 85-94 (diakses pada 15 Setember 2021). https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2647

Downloads

Published

2023-05-27

How to Cite

Sari, A. P., & Khaq, M. (2023). Powerpoint Ispring Berbasis Teori Sosiokultural Pada Materi IPS Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 695–702. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4807

Issue

Section

Articles