Powerpoint Ispring Berbasis Teori Sosiokultural Pada Materi IPS Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4807Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1.) Untuk menghasilkan media pembelajaran. (2.) Untuk menjelaskan prosedur media pembelajaran Powerpoint Ispring berbasis teori sosiokultural dalam materi IPS toleransi keberagaman suku dan budaya di Indonesia pada kelas IV sekolah dasar. (3.) Untuk mengetahui kelayakan (kevalidan, kepraktisan, keefektifan) Powerpoint Ispring berbasis teori sosiokultural dalam materi IPS toleransi keberagaman suku dan budaya di Indonesia pada kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan angket. Analisis data dilakukan dengan menganalisis kevalidan produk, kepraktisan produk, keefektifan. Uji keterbacaan penelitian ini melibatkan 30 peserta didik. Hasil penelitian pengembangan media Powerpoint Ispring berbasis teori sosiokultural ini adalah : 1). Penelitian menghasilkan media pembelajaran Powerpoint Ispring berbasis teori sosiokultural. 2). Hasil nilai rata-rata dari ahli media 3,25 (sangat layak) & hasil nilai rata-rata dari ahli materi 4,00 (sangat layak). 3). Hasil nilai rata-rata respon peserta didik kelompok one to one 97,3% (sangat praktis), kelompok kecil 88,7%, kelompok besar 94% (sangat praktis). 4). Hasil keefektifan dari kelompok one to one, kecil dan besar sudah efektif dengan acuan KKM 75, dari 30 peserta didik sudah 26 peserta didik yang mencapai KKM.
Keywords:
Powerpoint Ispring, Teori Sosiokultural, sekolah dasarDownloads
References
Abduh, M. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran tematik-integratif berbasis sosiokultural di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1).
Afandi, A. (2017). Media ICT Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint Interaktif Dan Ispring Presenter. Jurnal Terapan Abdimas, 2, 19-26.
Anwar, M. S., Choirudin, C., Ningsih, E. F., Dewi, T., & Maseleno, A. (2019). Developing an interactive mathematics multimedia learning based on ispring presenter in increasing students’ interest in learning mathematics. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 135-150.
Arini, A., & Umami, H. (2019). Pengembangan pembelajaran pendidikan agama Islam melalui pembelajaran konstruktivistik dan sosiokultural. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(2), 104-114.
Dewi, F. C., & Yuniarsih, T. (2020). Pengaruh lingkungan sekolah dan peran guru terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 5(1), 1-13.
Furi, A. R., & Rozi, F. (2020). Pengembangan E-Modul Sebagai Sumber Belajar Mata Pelajaran Matematika Kelas Vi Di Sdn 3 Srengat. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 5(2), 161-171.
Hadilka, M. L., & Guspatni, G. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur Kelas X SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 1(1).
Hala, Y. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik pada konsep ekosistem bagi siswa sekolah menengah pertama. Journal of Educational Science and Technology, 1(3), 177087.
Hidayati, S. (2015). Pembelajaran Kooperatif dengan Tutor Sebaya pada Materi Ajar Statistika. Dinamika Pendidikan, 5(1).
Hobri. (2009). Metodologi Penelitian dan Pengembangan (Development and Reseacrh) (Aplikasi Pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember : FKIP Universitas Jember
Kurnia, N., Darmawan, D., & Maskur, M. (2018). Efektivitas Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Berbantuan Ispring dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Teknologi Pembelajaran, 3(1), 451–461.
Melga, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting Pada Materi Tata Nama Senyawa Kelas X SMA/MA (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).
Mustami, M. K., & Dirawan, G. D. (2015). Development of Worksheet Students Oriented Scientific Approach at Subject of Biology. Man In India, 95(4), 917-925.
Purnamasari, N. I.(2019). Komparasi Konsep Sosiokulturalisme dalam Pendidikan : Perspektif Barat dan Islam, EL-BANAT : Jurnal Pemkiran dan Pendidikan Islam. Vol, 9. No 2, 238-58 (diakses pada 13 September2021). http://ejournal.kopertais4.or.id/susi/index.php/elbanat/article/view/3042
Sasahan, E. Y., Oktova, R., & I.R.N., O. O. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif tentang Optika Berbasis Android Menggunakan Perangkat Lunak Ispring Suite 7.0 untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Fisika pada Pokok Bahasan Interferensi Cahaya. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 2, 52.
Sastrakusumah, E. N., Suherman, U., Darmawan, D., & Jamilah, J. (2018). Pengaruh media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi ispring presenter terhadap kemampuan. Teknologi Pembelajaran, 3(1).
Suprapti, E. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe STAD dengan media powerpoint Ispring pada materi jajargenjang, layang-layang dan trapesium di kelas VII SMP. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(1), 57-68.
Surahman, E., & Mukminan.(2017). Peran Guru Sebagai Pendidik dan Pengajar Dalam Meningkatkan Siap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Harmonni Sosial : Jurnal Pendidikan IPS. Vol. 4. No, 1, 1-13 (diakses pada 13 September 2021). https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/8660
Syafita, J. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Berbasis Ispring Suite 8 Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas Iv Sdn 101886 Kiri Hilir Tanjung Morawa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (JPPT), 4(2), 161-172.
Vegatama, M. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Macromedia Flash Dan Powerpoint Pada Pembelajaran Langsung Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X1 IPA SMA Negeri 2 Sungguminasa (Studi Pada Materi Pokok Asam-Basa). Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 1(2), 68-76.
Yuniasih, N., Aini,R. N., Widowati, R. (2018). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Ispring Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Di SDN 3 Ciptomulyo Kota Malang, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol, 8. No 2, 85-94 (diakses pada 15 Setember 2021). https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2647
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Andhita Permana Sari, Muflikhul Khaq

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work