Pemanfaatan Media Facebook Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Khoirunnisa SMP Negeri 23 OKU
  • Ratu Wardarita Univeristas PGRI Palembang
  • Missriani Univeristas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2243

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan media sosial facebook sebagai media pembelajaran dalam menulis teks cerita fantasi  dan  bagaimana cara memanfaatkan media facebook dalam pembelajaran dan bagaimana pembelajaran menulis disekolah pada masa pandemi covid 19 di SMP Negeri 23 OKU.  Dalam penelitian ini menggunakan  metode kualitatif sebagai metode penelitiannya. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan penyebaran angket.  Pada penelitian ini menunjukkan bahwa Berdasarkan observasi yang dilakukan penulis pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri 23 OKU khususnya kelas VII ini adalah dengan menggunakan media pembelajaran daring sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Hasil pengamatan menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan aplikasi Facebook.  Secara umum siswa sangat aktif menanggapi kegiatan yang berlangsung dalam grup, mereka langsung menanggapi apabila ada tugas, pertanyaan ataupun tanggapan. Semua hal tersebut nantinya akan muncul dalam notifikasi grup. Pembelajaran dalam jaringan adalah pembelajaran yang dilakukan dengan media antara pendidik dengan peserta didik tidak tatap muka secara langsung.  Pembelajaran seperti ini merupakan solusi atas dampak pandemi Covid-19 yang menyerang seluruh negara akan tetapi jika dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka pembelajaran ini kurang efektif karena tidak membuat peserta didik lebih aktif.

Keywords:

Pemanfaatan media facebook, teks cerita fantasi, pandemi covid 19

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarita, E. (2021). Fungsi Media Sosial dalam Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis Teks Recount. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(6), 820-826.

Ati, A. P., Widiyarto, S., & Suyana, N. (2018). Penerapan Metode Picture And Picture Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Al Ihsan Dan SMP Tashfia Kota Bekasi. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30-36.

Hadi, M. J. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Media Peningkatan Kemampuan Menulis Mahasiswa. Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra, Dan Pendidikan, 1(1).

Harsiati, T. dkk. (2016). Buku Siswa Bahasa Indonesia Revisi 2016. Jakarta: PusatKurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Luthfiyanti, L. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Facebook dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Linguistik VII.

Marlina, M. (2016). Daya Tarik Facebook Sebagai Media Komunikasi Alternatif. Al-Balagh: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1).

Miles, M. B., & Huberman, A., M. (2005). Qualitative Data Analysis. (terjemahan). Jakarta : UI Press.

Moleong, L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.

Musyarrofah, F., & Wahyuningsih, F. (2021). Vom Wort Zum Satz Zum Text Untuk Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Semester Ii. Laterne, 10(2), 137-148.

Nashihin, H., Efendi, R., & Salmiyatun, S. (2020). Pemanfaatan facebook sebagai media pembelajaran pendidikan agama islam pada masa pandemi covid-19. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 20-32.

Nisa, K. (2019). Hubungan Penguasaan Piranti Kohesi dan Koherensi dengan Keterampilan Menulis Eksposisi. Jurnal Dialog, 8(2), 917-926.

Sari, M. (2019). Mengenal Lebih Dekat Model Blanded Learning dengan Facebook (MBL-FB). Sleman: Deepublish Publislisher.

Saroh, S., & Juansah, D. E. (2018). Ragam Bahasa Pada Jejaring Sosial Facebook Dan Penggunaannya Sebagai Alternatif Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 65-72.

Sasmito, M. (2015). Pemanfaatan Media Sosial" Facebook" Untuk Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Media Aplikom, 4(4), 38-52.

Sugiarti, E. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi melalui Media Jejaring Sosial Facebook. Journal of Language Learning and Research (JOLLAR), 1(2), 87-101.

Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).

Downloads

Abstract Views : 554
Downloads Count: 391

Published

2022-06-27

How to Cite

Khoirunnisa, K., Wardarita, R. ., & Missriani, M. (2022). Pemanfaatan Media Facebook Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 729–734. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2243

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.