Pemanfaatan Media Facebook Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2243Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan media sosial facebook sebagai media pembelajaran dalam menulis teks cerita fantasi dan bagaimana cara memanfaatkan media facebook dalam pembelajaran dan bagaimana pembelajaran menulis disekolah pada masa pandemi covid 19 di SMP Negeri 23 OKU. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai metode penelitiannya. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan penyebaran angket. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa Berdasarkan observasi yang dilakukan penulis pelaksanaan pembelajaran di SMP Negeri 23 OKU khususnya kelas VII ini adalah dengan menggunakan media pembelajaran daring sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Hasil pengamatan menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan aplikasi Facebook. Secara umum siswa sangat aktif menanggapi kegiatan yang berlangsung dalam grup, mereka langsung menanggapi apabila ada tugas, pertanyaan ataupun tanggapan. Semua hal tersebut nantinya akan muncul dalam notifikasi grup. Pembelajaran dalam jaringan adalah pembelajaran yang dilakukan dengan media antara pendidik dengan peserta didik tidak tatap muka secara langsung. Pembelajaran seperti ini merupakan solusi atas dampak pandemi Covid-19 yang menyerang seluruh negara akan tetapi jika dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka pembelajaran ini kurang efektif karena tidak membuat peserta didik lebih aktif.
Keywords:
Pemanfaatan media facebook, teks cerita fantasi, pandemi covid 19Downloads
References
Ambarita, E. (2021). Fungsi Media Sosial dalam Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis Teks Recount. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(6), 820-826.
Ati, A. P., Widiyarto, S., & Suyana, N. (2018). Penerapan Metode Picture And Picture Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Al Ihsan Dan SMP Tashfia Kota Bekasi. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30-36.
Hadi, M. J. (2016). Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Media Peningkatan Kemampuan Menulis Mahasiswa. Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra, Dan Pendidikan, 1(1).
Harsiati, T. dkk. (2016). Buku Siswa Bahasa Indonesia Revisi 2016. Jakarta: PusatKurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Luthfiyanti, L. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Facebook dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Linguistik VII.
Marlina, M. (2016). Daya Tarik Facebook Sebagai Media Komunikasi Alternatif. Al-Balagh: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1).
Miles, M. B., & Huberman, A., M. (2005). Qualitative Data Analysis. (terjemahan). Jakarta : UI Press.
Moleong, L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.
Musyarrofah, F., & Wahyuningsih, F. (2021). Vom Wort Zum Satz Zum Text Untuk Keterampilan Menulis Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Semester Ii. Laterne, 10(2), 137-148.
Nashihin, H., Efendi, R., & Salmiyatun, S. (2020). Pemanfaatan facebook sebagai media pembelajaran pendidikan agama islam pada masa pandemi covid-19. At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 20-32.
Nisa, K. (2019). Hubungan Penguasaan Piranti Kohesi dan Koherensi dengan Keterampilan Menulis Eksposisi. Jurnal Dialog, 8(2), 917-926.
Sari, M. (2019). Mengenal Lebih Dekat Model Blanded Learning dengan Facebook (MBL-FB). Sleman: Deepublish Publislisher.
Saroh, S., & Juansah, D. E. (2018). Ragam Bahasa Pada Jejaring Sosial Facebook Dan Penggunaannya Sebagai Alternatif Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 65-72.
Sasmito, M. (2015). Pemanfaatan Media Sosial" Facebook" Untuk Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Media Aplikom, 4(4), 38-52.
Sugiarti, E. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi melalui Media Jejaring Sosial Facebook. Journal of Language Learning and Research (JOLLAR), 1(2), 87-101.
Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi di era revolusi industri 4.0. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Khoirunnisa, Ratu Wardarita, Missriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work