Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1888

Keywords:

analisis, pembelajaran daring, pandemi covid-19, sekolah dasar

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 mengharuskan pemerintah untuk mengeluarkan surat edaran yang menjelaskan bahwa pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran daring. Agar pembelajaran daring dapat berlangsung dengan baik maka pembelajaran harus tetap direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi oleh guru sehingga tujuan pembelajaran tetap tercapai meskipun pembelajaran dilakukan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring, mengetahui problematika yang muncul dan solusi yang ditempuh untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara dengan sumber data guru, peserta didik dan wali murid. Adapun teknik analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, serta pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil observasi sebesar 85,35% menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran di SDN 1 Kedokan Agung selama masa pandemi covid-19 sudah terlaksana dengan sangat baik, guru dan peserta didik telah memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan, hal itu menunjukkan kesiapan pelaksanaan pembelajaran daring. Pelaksanaan pembelajaran daring menimbulkan problematika seperti kurangnya antusias peserta didik dalam pembelajaran, kurangnya kerjasama wali murid dengan peserta didik serta keterbatasan fasilitas. Solusi yang ditempuh untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran daring diantaranya adalah guru tetap memberikan bimbingan dan pendampingan pada peserta didik, memberikan pengertian tentang pentingnya kerjasama wali murid dan peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7 (4), 281-288. doi:10.33394/jp.v714.2941
Bararah, I. (2017). Efektifitas Perencanaan Pembelajaran dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Islam, 131-147. doi:10.22373/jm.v7i1.1913
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish.
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 4 (1), 152-159. doi:10.29408/goldenage.v4i01.2203
Dewi, W. A. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1), 55-61. doi:10.31004/edukatif.v2i1.89
Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2 (2), 81-89. doi:10.31605/ijes.v2i2.659
Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal PETIK, 5 (1), 31-47. doi:10.31980/jpetik.v5i1.445
Kuntarto, E. (2017). Keefetifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3 (1), 99-110. doi:10.24235/ileal.v3i1.1820
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School, 7 (2), 297-302. doi:10.31316/esjurnal.v7i2.768
Rupiah. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Daring daam masa Pandemi Covid-19 pada Tingkat Madrasah di Kabupaten Bengkulu Tengah. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 7 (2), 179-188. doi:10.35326/pencerah.v7i2.1028
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6 (2), 214-224. doi:10.22437/bio.v6i2.9759
Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1 (1), 88-97. doi:10.48094/raudhah.v1i1.10
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.
Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona VIrus Disease (COVID-19). Jakarta: KEMDIKBUD.
Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Jakarta: KEMDIKBUD.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2 (2), 103-114. doi:10.32585/jkp.v2i2.113
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: DEPDIKNAS.
Wahyuningsih, K. S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 di SMA Dharma Praja Denpasar. Pangkaja Jurnal Agama Hindu, 24 (1), 107-118. doi:10.25078/pkj.v24i1.2185

Downloads

Published

2022-03-05

How to Cite

Halimatusadiya, H., Dewi, R. A. K. ., & Khoimatun, K. (2022). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 229–235. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1888