Sarana Prasarana, Media Pembelajaran, dan Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6127Abstract
Pendidikan memengaruhi perkembangan individu dan dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti sarana prasarana, media pembelajaran, dan metode pembelajaran. Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara variabel-variabel ini dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 004 Ujung Batu. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan survey dengan angket sebagai instrumen utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarana prasarana yang kurang memadai di sekolah dapat menurunkan motivasi belajar siswa, demikian pula dengan media pembelajaran dan metode pembelajaran yang kreatif dan bervariasi. Analisis regresi linier berganda mengungkapkan hubungan linear yang signifikan antara variabel sarana prasarana, media pembelajaran, metode pembelajaran, dan motivasi belajar siswa. Uji statistik menunjukkan pengaruh signifikan secara parsial maupun simultan dari variabel-variabel ini terhadap motivasi belajar. Koefisien determinasi menegaskan bahwa variabel yang diteliti memberikan sumbangan sebesar 97,5% terhadap motivasi belajar siswa. Kesimpulannya, penelitian ini menggarisbawahi pentingnya sarana prasarana, media pembelajaran, dan metode pembelajaran yang memadai dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, memberikan dasar untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif, serta menyoroti perlunya perhatian pada faktor-faktor tersebut dalam lingkungan pendidikan.
Keywords:
Sarana Prasarana, Media pembelajaran, Metode Pembelajaran, Motivasi BelajarDownloads
References
Ain, Siti Quratul & Mustika, Dea. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Kepada Guru Sekolah Dasar Jurnal abdidas. Jurnal Abdidas 1(3): 149–56.
Cahyanuari, Seffri Indah. (2018). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Ips Sma N 1 Karanganom Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi 7(1): 1–23.
Desryani & Mustika, Dea. (2022). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 1252-1259
Fadila, R. N., Lutfiani, E. A., Ramadiani, I. S., Veronika, N., Rachmanto, D., & Arfinanti, N. (2020). Efektivitas pengelolaan sumber daya sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 8(1): 81–88.
Firdausi, M., Marsidin, S., & Sabandi, A. (2020). Analisis Kebijakan dan Pengelolaan Pendidikan dasar terkait Kebijakan Standar Sarana dan Prasarana di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2(2): 158–163.
Hardani, et al. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV.Pustaka Ilmu
Huda, Mohammad Nurul. (2018). Optimalisasi Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Ta’dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 51-69.
Kartika, S., Husni, Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7(1): 113-126
Nazir, Ahmad. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Warga Belajar pada (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) PKBM Cipta Tunas Karya. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi 3(2): 268–79.
Muzakkir & Nengsi, Nisma. (2018). Pengaruh Sarana Prasarana Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas Vii 9 Mts Negeri 1 Enrekang. DIALEKTIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1: 47–58.
Nugraha, Billy. (2022). pengembangan uji statistik: implementasi metode regresi linear berganda dengan pertimbangan uji asumsi klasik. Sukoharjo: Pradina Pustaka.
Nuha, D. F., Anggriana, T. M., Cristina, R. (2022). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah 1(2): 83–91.
Nurfadhillah, Septy. (2021). Media Pembelajaran Dijenjang SD. Jawa Barat: CV Jejak, anggota IKAPI
Paiko, E & Afrila, D. (2018). Pengaruh Lingkungan SekolahTerhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI DI SMA Negeri 10 Kota Jambi. Scientific Journals of Economic Education 2(1): 36–45.
Permata, R. A., Syaidatussalihah, Abdurahim. (2023). Penentuan Uji Statistik Pada Penelitian Bidang Kesehatan. Bakti Sekawan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 17-22
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., Dewi, R.S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4(6): 1707–15.
Sinta, Ike malaya. (2019). manajemen sarana dan prasarana. Jurnal Islamic Education Manajemen 4(1): 77–92.
Sueni, Ni Made. (2019). Metode, Model dan Bentuk Model Pembelajaran. Wacana Saraswati : Majalah Ilmiah Tentang Bahasa dan Pembelajarannya 19(2): 1–16.
Sulfemi, Wahyu Bagja. (2020). Hubungan Sarana Prasarana Sekolah Dengan Motivasi Mengajar Guru Di Sma Negeri Pamijahan Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Edutecno 22(1): 1–19.
Sumardi, W. P., Sabillah, B. M., Khaedar, M., Jusmawati. (2023). Pengaruh Lingkungan Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains 3(2): 83–88.
Sutisna, Icam. (2020). Statistika Penelitian: Teknik Analisis Data Penelitian Kuantitatif. Universitas Negeri Gorontalo 1(1): 1–15.
Violadini, Ririn, & Mustika, Dea. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 5(3): 1210–22
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yola Pramai Shela, Dea Mustika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work