Sarana Prasarana, Media Pembelajaran, dan Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Yola Pramai Shela Universitas Islam Riau
  • Dea Mustika Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6127

Abstract

Pendidikan memengaruhi perkembangan individu dan dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti sarana prasarana, media pembelajaran, dan metode pembelajaran. Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara variabel-variabel ini dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 004 Ujung Batu. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan survey dengan angket sebagai instrumen utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarana prasarana yang kurang memadai di sekolah dapat menurunkan motivasi belajar siswa, demikian pula dengan media pembelajaran dan metode pembelajaran yang kreatif dan bervariasi. Analisis regresi linier berganda mengungkapkan hubungan linear yang signifikan antara variabel sarana prasarana, media pembelajaran, metode pembelajaran, dan motivasi belajar siswa. Uji statistik menunjukkan pengaruh signifikan secara parsial maupun simultan dari variabel-variabel ini terhadap motivasi belajar. Koefisien determinasi menegaskan bahwa variabel yang diteliti memberikan sumbangan sebesar 97,5% terhadap motivasi belajar siswa. Kesimpulannya, penelitian ini menggarisbawahi pentingnya sarana prasarana, media pembelajaran, dan metode pembelajaran yang memadai dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, memberikan dasar untuk pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif, serta menyoroti perlunya perhatian pada faktor-faktor tersebut dalam lingkungan pendidikan.

Keywords:

Sarana Prasarana, Media pembelajaran, Metode Pembelajaran, Motivasi Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dea Mustika, Universitas Islam Riau

Pendidikan Guru Sekolah Dasar,  

References

Ain, Siti Quratul & Mustika, Dea. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Kepada Guru Sekolah Dasar Jurnal abdidas. Jurnal Abdidas 1(3): 149–56.

Cahyanuari, Seffri Indah. (2018). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Ips Sma N 1 Karanganom Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi 7(1): 1–23.

Desryani & Mustika, Dea. (2022). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 1252-1259

Fadila, R. N., Lutfiani, E. A., Ramadiani, I. S., Veronika, N., Rachmanto, D., & Arfinanti, N. (2020). Efektivitas pengelolaan sumber daya sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 8(1): 81–88.

Firdausi, M., Marsidin, S., & Sabandi, A. (2020). Analisis Kebijakan dan Pengelolaan Pendidikan dasar terkait Kebijakan Standar Sarana dan Prasarana di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2(2): 158–163.

Hardani, et al. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV.Pustaka Ilmu

Huda, Mohammad Nurul. (2018). Optimalisasi Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Ta’dibi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 51-69.

Kartika, S., Husni, Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7(1): 113-126

Nazir, Ahmad. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Warga Belajar pada (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) PKBM Cipta Tunas Karya. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi 3(2): 268–79.

Muzakkir & Nengsi, Nisma. (2018). Pengaruh Sarana Prasarana Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas Vii 9 Mts Negeri 1 Enrekang. DIALEKTIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1: 47–58.

Nugraha, Billy. (2022). pengembangan uji statistik: implementasi metode regresi linear berganda dengan pertimbangan uji asumsi klasik. Sukoharjo: Pradina Pustaka.

Nuha, D. F., Anggriana, T. M., Cristina, R. (2022). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah 1(2): 83–91.

Nurfadhillah, Septy. (2021). Media Pembelajaran Dijenjang SD. Jawa Barat: CV Jejak, anggota IKAPI

Paiko, E & Afrila, D. (2018). Pengaruh Lingkungan SekolahTerhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI DI SMA Negeri 10 Kota Jambi. Scientific Journals of Economic Education 2(1): 36–45.

Permata, R. A., Syaidatussalihah, Abdurahim. (2023). Penentuan Uji Statistik Pada Penelitian Bidang Kesehatan. Bakti Sekawan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 17-22

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., Dewi, R.S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4(6): 1707–15.

Sinta, Ike malaya. (2019). manajemen sarana dan prasarana. Jurnal Islamic Education Manajemen 4(1): 77–92.

Sueni, Ni Made. (2019). Metode, Model dan Bentuk Model Pembelajaran. Wacana Saraswati : Majalah Ilmiah Tentang Bahasa dan Pembelajarannya 19(2): 1–16.

Sulfemi, Wahyu Bagja. (2020). Hubungan Sarana Prasarana Sekolah Dengan Motivasi Mengajar Guru Di Sma Negeri Pamijahan Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Edutecno 22(1): 1–19.

Sumardi, W. P., Sabillah, B. M., Khaedar, M., Jusmawati. (2023). Pengaruh Lingkungan Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Algebra : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Sains 3(2): 83–88.

Sutisna, Icam. (2020). Statistika Penelitian: Teknik Analisis Data Penelitian Kuantitatif. Universitas Negeri Gorontalo 1(1): 1–15.

Violadini, Ririn, & Mustika, Dea. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inkuiri Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 5(3): 1210–22

Downloads

Abstract Views : 572
Downloads Count: 1070

Published

2023-12-31

How to Cite

Shela, Y. P., & Mustika, D. (2023). Sarana Prasarana, Media Pembelajaran, dan Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2173–2180. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.6127

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.