Pengembangan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning-Inquiry Pada Pembelajaran Daring Menggunakan Telegram Dan Google Meet

  • Dwi Oktaviani Universitas Negeri Gorontalo
  • Asri Arbie Universitas Negeri Gorontalo
  • Abd. Wahidin Nuayi Universitas Negeri Gorontalo
Keywords: perangkat pembelajaran, team based learning

Abstract

Pembelajaran daring menyebabkan peserta didik kurang aktif dan bersifat pasif dimana pembelajaran lebih banyak berpusat pada guru hal ini menyebabkan kurangnya pemahaman konsep serta motivasi belajar bagi siswa. Dikarenakan masalah ini diperlukan strategi belajar yang mendukung pembelajaran aktif seperti pembelajaran kelompok. Pembelajaran kelompok yang efektif untuk diterapkan dalam kelas yaitu menggunakan model pembelajaran Team Based Learning. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Team Based Learning pada pembelajaran daring yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp dan diujicobakan di kelas XI SMA Negeri 3 Gorontalo dengan desain uji coba one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) perangkat yang dikembangkan valid yang diperoleh melalui uji validitas konstruk; (2) perangkat yang dikembangkan praktis ditunjukkan oleh pembelajaran terlaksana dengan kategori sangat baik, guru memberikan respon sangat setuju terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dan peserta didik memberikan respon setuju terhadap proses pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan; (3) perangkat yang dikembangkan efektif ditunjukkan oleh peserta didik yang aktif dalam pembelajaran, dan hasil belajar mengalami peningkatan dengan skor N-gain tes kelompok (tRAT) > tes individu (iRAT) untuk tiga kali pertemuan berada pada kategori “sedang” serta rata-rata persentase penilaian sikap dan keterampilan dengan kategori baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkualitas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, Krisyanti, Darhim, dan Bambang Avip Priatna M. 2016. “Peningkatan Kompetensi Strategis Matematis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Melalui Strategi Team-Based Learning.” Infinity Journal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung 5(1): 1.
Budiarso. A.S. 2017. “Analisis Validitas Perangkat Pembelajaran Fisiska Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Materi Listrik Dinamis (The Analysis Validity of Physics Learning Device Guided Inquiry Model to Improve Student Learning Outcomes SMA on Dynamic Electrical Materials).” Jurnal Edukasi 2017, IV (2): 15-20.
Buchori, Achmad, dan Rina Dwi Setyawati. 2015. “Development learning model of charactereducation through e-comic in elementary school.” International Journal of Education and Research 3(9): 369–86.
Fauziah, Nur. 2021. “Pemanfaatan Akses Aplikasi Belajar pada Proses Pembelajaran di Indonesia di Masa Pandemi Covid-19.” Asatiza: Jurnal Pendidikan 2(1): 56–63.
Giancoli, Douglas C. 2001. Fisika Edisi Kelima Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Gubali, M.M., Yoseph P.,& Fitryane L. 2021. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Pada Materi Energi Untuk Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Gorontalo. ” Jambura Physics Journal 3(1): 24-41.
Hake, Richard R. 1999. “Analizyng Change/Gain Scores.” Dept. of Physics, Indiana University 24245 Hatteras Street, Woodland Hills, CA, 91367 USA In (Division D): 1–4.
Iksan, Zanaton H, dan Sumaiyah Mohd Saufian. 2012. “Mobile Learning: Innovation in Teaching and Learning Using Telegram.” International Journal of Pedagogy and Teacher Education (IJPTE) 11(1): 19–26.
Lewis, Drew, Steven Clontz, dan Julie Estis. 2019. “Pembelajaran Inkuiri Berbasis Tim.” (September).
Michaelsen, Larry K, Neil Davidson, dan Claire Howell Major. 2014. “Team-Based Learning Practices and Principles in Comparison With Cooperative Learning and Problem-Based Learning.” Journal on Excellence in College Teaching 25(3&4): 57–84.
Michaelsen, Larry K, dan Michael Sweet. 2008. “The Essential Elements of Team-Based Learning.” InterScience (116).
Nengrum, Thityn Ayu, Najamuddin Petta Solong, dan Muhammad Nur Iman. 2021. “Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo.” Jurnal Pendidikan 30(1): 1–12.
Nur, A., I. N. Kundera, dan L. N. Tangge. 2016. “Pengaruh model pembelajaran inkuiri dan gaya kognitif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas XI IPA MAN 2 Model Palu.” E-Jurnal Mitra Sains 4(4): 57–66.
Parmelee, Dean, Larry K. Michaelsen, Sandy Cook, dan Patricia D. Hudes. 2012. “Team-based learning: A practical guide: AMEE Guide No. 65.” Medical Teacher 34(5).
Rochmad. 2012. “Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika.” Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 3(1): 59–72.
Rotgans, Jerome I, Preman Rajalingam, Michael A Ferenczi, dan Naomi Low-beer. 2019. “A Students ’ Model of Team-based Learning.” Health Professions Education 5(4): 294–302. http://dx.doi.org/10.1016/j.hpe.2018.10.003.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Vries, De, Simon Tweddell, dan Rebecca McCarter. 2018. “Team-based Learning: Engaging learners and creating team accountability.” UAS Journal: Journal of Finnish Universities of Applied Sciences EAPRIL Spe.
Published
2021-12-29
How to Cite
Oktaviani, D., Arbie, A., & Nuayi, A. W. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning-Inquiry Pada Pembelajaran Daring Menggunakan Telegram Dan Google Meet. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 2082-2092. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1669