Analisis Kecanduan Game Online Terhadap Kepribadian Sosial Anak
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1347Keywords:
kecanduan game online, kepribadian sosial anakAbstract
Penelitian ini membahas tentang dampak kecanduan Bermain Game Online implikasinya dalam kepribadian pada anak berusia 11-13 pada jenjang Sekolah Dasar di Desa Jondang Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Kecanduan game online merupakan memainkan game online dengan secara berlebihan sehingga menjadikan game online sebagai fokus utama dan mendapatkan perhatian yang baik dari yang lain tanpa memikirkan hal lain yang akan di kerjakan. Perubahan perilaku siswa yang mengalami kecanduan game online mungkin tidak rasakan, namun kepribadian sosial anak dapat dirasakan oleh orang disekitar lingkungan mereka terutama orang tua. Kepribadian sosial merupakan keseluruhan perilaku seseorang individu dengan sistem kecenderungan tertentu yang berinteraksi dengan situasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian anak berusia 11-13 pada jenjang Sekolah Dasar di Desa Jondang Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan.Hasil pnelitin menunjukkan bahwa dampak bermain game dapat mempengaruhi perkembangan kepribadian sosial anak, seperti tingkah laku pembangkangan anak, sikap agresi anak, sikap berselisih/bertengkar anak, sikap persaingan anak, sikap kerjasama anak, sikap tingkah laku berkuasa anak, sikap mementingkan diri sendiri/ egois anak dan sikap simpati anak. Anak ketika bermain game akan fokus pada permainan dan tidak menghiraukan lingkungan sekitar.
Downloads
References
Andrew, Maurice. 2017. “Pengaruh Kecanduan Game online Siswa SMA Kelas X Terhadap Kecerdasan Sosial Sekolah Kristen Swasta Di Makassar”. Jurnal Jaffray
Arikunto, Suharsimi, 2010. Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.
Azzet, A. Muhaimin, 2013. Buku Pintar Mengatasi Anak Nakal, Jogjakarta:Kata Hati.
Baharuddin, 2009. Pendidikan dan psikologi Perkembangan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Chatib, Munif, 2012. Orangtuanya Manusia: Melejitkan Potensi danKecerdasan dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak, Bandung: Kaifa.
Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik (Panduan bagi Orang tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia SD, SMP, DAN SMA), Bandung: PT. Remaja Rosda Karya,
Diana Mutiah. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Fabianto, Andri Agus, 2009. Games Therapy untuk Kecerdasan Bayi danBalita, Jakarta: Kawah Media.
Fatma Khaulani, Neviyarni S, Irda Murni, 2019. Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Prodi Pendidikan Dasar, Program PascaSarjana Universitas Negeri Padang Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar” Vol. VII No. 1 Januari 2020
Feist, Jess & Gregory J. Feist, 2010. “terj.” Theories of Personality: TeoriKepribadian, Jakarta: Salemba Humanika.
Freprinca, Dica, Hubungan Motivasi Bermain Online Pada Masa Dewasa Awal Terhadap Perilaku Kecanduan Game online defence of the ancients (dotA2), http://psikologi.ui.ac.id
Gerungan, W.A., 2010. Psikologi Sosial, Bandung: PT Refika Aditama.
Hadi Supeno. 2010. Kriminalisasi Anak: Tawaran Ggagasan Radikal Peradilan Anak Tanpa Pemidanaan, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Henry, Samuel, Cerdas dengan Game: Panduan Praktis bagi Orangtua dalam Mendampingi Anak Bermain Game, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2010.
Herdiansyah, Haris, 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif (Untuk Ilmu- ilmu Sosial), Jakarta: Salemba Humanika.
Hilmuniati, Fina, 2011. “Dampak Bermain Game online dalam Pengalaman Shalat Pada Anak di Kelurahan Pisangan Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan”, Skripsi Jakarta: Program S1 UIN Syarif Hidayatullah.
Istiqomah (2010). Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Tentang Perubahan Fisik Pada Msa Pubertas dengan Gambaran Diri Remaja Putra di SLTPN 29 Semaranghttp://digilib.journal.unimus.ac.id
Juwani, 2013. “Pengaruh Playstation Terhadap Perilaku Agresif Siswa di MI Tarbiyatussibyan Karangrayun Grobogan Tahun Ajaran 2013”,Skripsi Yogyakarta: Program S1 UIN Sunan Kalijaga.
Latif, Mukhtar dkk. 2013, Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Jakarta: Kencana
Mayar, F. (2013). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit untuk Masa Depan Bangsa. Jurnal Al-Ta'lim , Jilid 1 Nomor 6 Halaman 459-464.
Mayar, Farida, 2013. Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit untuk Masa Depan Bangsa, Vol. I No. 06.
Meggitt, Carolyn, 2013. “terj.”, Understand Child Development: Memahami Perkembangan Anak, London: Hodder Education.
Moleong, Lexy J., 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Mommies, W.R., Peranan Orang tua dan Praktisi dalam Membantu Tumbuh Kembang Anak Berbakat Melalui Pemahaman Teori dan Tren Pendidikan.
Mulyana, Deddy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.
Mutiah, Diana. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group
Nadia Itoni Siregar. 2014, Pengaruh Video Game Berunsur Kekerasan Terhadap Perilaku Agresif Remaja (Kasus Remaja di SMK Wiyata Kharisma, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor), (Bogor: IPB, 26 Juni), hlm. 1
Nirwana, Ade Benih, Psikologi Ibu, Bayi, dan Anak, Bantul: Nuha Medika.
Nugroho, Antonius Tri Setio, Definisi Game, dalam http://chikhunguya.wordpress.com, diakses 15 Oktober 2020.
Prawiradilaga, Dewi Salma, dkk. 2013, Mozaik Teknologi Pendidikan ELearning, Jakarta: Kencana Prenadema Group,.
Purwanto. 2013.Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Putro, K. Z. 2017. Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, Vol. 17, No. 1, 1-8.
Romlah, 2010. Psikologi Pendidikan, Malang: UMM Press.
Rosmini, 2017. Bahanajar Teori Dasar Psikologi Kepribadian I Program Studi Psikologifakultas Kedokteran universitas Udayana
Sabri, M. Alisuf, Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1993.
Samuel Henry. 2010, Cerdas dengan Game: Panduan Praktis bagi Orangtua dalam Mendampingi Anak Bermain Game, (Jakarta: PT GramediaPustaka Utama.
Santrock JW. 2017. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Schaefer, Richard T. (2012). Sosiologi. Jakarta : Salemba Humanika
Setyawati. 2010. Selintas Tentang Kelelahan Kerja. Yogyakarta: Asmara Books.
Siregar, Nadia Itoni, 2014. Pengaruh Video Game Berunsur Kekerasan Terhadap Perilaku Agresif Remaja (Kasus Remaja di SMK Wiyata Kharisma, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor), Bogor: IPB.
Sjarkawi, 2014. Pembentukan Kepribadian Anak (Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri), Jakarta: PT Bumi Asara,
Sokolova, Irina V., dkk., 2008. “terj.” Kepribadian Anak: Sehatkah Kepribadian Anak Anda?, Jogjakarta: Kata Hati.
Sugiyono, Metode Penellitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, dan R&D), Bandung: Alfabeta, 2015.
Sujanto, Agus, dkk., 2009. Psikologi Kepribadian, Jakarta: Bumi Aksara.
Sunarto, dan B. Agung Hartono, 2013. Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta.
Supeno, Hadi, Kriminalisasi Anak: Tawaran Ggagasan Radikal Peradilan Anak Tanpa Pemidanaan, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2010.
Surbakti, E.B. 2012. Parenting Anak – anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Suryadi. Andri.(2017). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Model Waterfall. Jurnal PETIK Vol.3 No.1 2017 Hal 8-13
Swastika, Vanessa Mayrahma, Perkembangan Teknologi di Indonesia,dalam http://perkembanganteknologidiindonesia.kompasiana.com.html, diakses 15 Oktober 2020.
W.A. Gerungan. 2010, Psikologi Sosial, Bandung: PT Refika Aditama
Wahyudi, Hari. (2009). The Lands of Hooligan. Jakarta: Garasi.
Wibowo (2011). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Yanto, Riki, 2011. “Pengaruh Game Terhadap Perilaku Remaja (Studi Kasus 5 Orang Remaja Pelaku Game di Kelurahan Air Tawar Barat, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang), Skripsi Padang: Program S1 Universitas Andalas.
Yusuf, H. Syamsu LN., 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Bandung: PT Rosda Karya.
Zulfanida Karuniasari, 2017. Peran Kontrol Sosial Dalam Menghadapi Kecanduan Game Online Pada Remaja,Universitas Muhammadiyah Surakarta, Vol. 2 No. 12
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work