Pengembangan E-Modul Personality of Nabi Muhammad SAW pada Materi PAI Kebudayaan Islam Kelas IV SD

Authors

  • Ardi Apriansah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Shofia Aina Rahmani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Wahyuni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ani Nur Aeni Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2273

Keywords:

E-Modul, Kepribadian Nabi Muhammad SAW, pendidikan agama islam

Abstract

Kurangnya motivasi serta ketertarikan peserta didik dalam melakukan proses pembelajaran disebabkan karena minimnya variasi media pembelajaran yang di pakai oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru dalam menginterpretasikan prangkat pembelajaran dan meningkatkan minat serta motivasi dalam mempelajari mata pelajaran PAI kelas IV materi Kepribadian Nabi Muhammad SAW. Penelitian ini menggunakan metode Design and Development (D&D), mepunyai tahapan : (1) identifikasi masalah, (2) mendeskripsikan tujuan, (3) desain dan pengembangan produk, (4) uji coba produk, (5) evaluasi hasil ujicoba, dan (6) mengomunikasikan hasil uji coba. Tempat penelitian dilakukan di SDN Karapyak 1 dengan sampel sebanyak 10 orang siswa Kelas IV. Hasil pengembangan produk merupakan E-Modul "Personality Of Nabi Muhammad SAW. Hasil validasi oleh Kepala Sekolah dan Guru PAI terkait produk E-Modul  ini yaitu 88%, masuk dalam kategori sangat baik sehingga layak untuk digunakan. Selain itu didukung dengan hasil post-test yang diperoleh dari kuis dengan rata-rata nilai 80 termasuk pada kategori baik. Dapat disimpulkan dari hasil penilaian bahwa E-Modul "Personality Of Nabi Muhammad SAW Kelas IV sangat layak digunakan sebagai sarana pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-05-27

How to Cite

Apriansah, A. ., Rahmani, S. A., Wahyuni, S., & Aeni, A. N. . (2022). Pengembangan E-Modul Personality of Nabi Muhammad SAW pada Materi PAI Kebudayaan Islam Kelas IV SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 615–622. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2273

Issue

Section

Articles