Pengembangan E-Modul Personality of Nabi Muhammad SAW pada Materi PAI Kebudayaan Islam Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2273Abstract
Kurangnya motivasi serta ketertarikan peserta didik dalam melakukan proses pembelajaran disebabkan karena minimnya variasi media pembelajaran yang di pakai oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru dalam menginterpretasikan prangkat pembelajaran dan meningkatkan minat serta motivasi dalam mempelajari mata pelajaran PAI kelas IV materi Kepribadian Nabi Muhammad SAW. Penelitian ini menggunakan metode Design and Development (D&D), mepunyai tahapan : (1) identifikasi masalah, (2) mendeskripsikan tujuan, (3) desain dan pengembangan produk, (4) uji coba produk, (5) evaluasi hasil ujicoba, dan (6) mengomunikasikan hasil uji coba. Tempat penelitian dilakukan di SDN Karapyak 1 dengan sampel sebanyak 10 orang siswa Kelas IV. Hasil pengembangan produk merupakan E-Modul "Personality Of Nabi Muhammad SAW. Hasil validasi oleh Kepala Sekolah dan Guru PAI terkait produk E-Modul ini yaitu 88%, masuk dalam kategori sangat baik sehingga layak untuk digunakan. Selain itu didukung dengan hasil post-test yang diperoleh dari kuis dengan rata-rata nilai 80 termasuk pada kategori baik. Dapat disimpulkan dari hasil penilaian bahwa E-Modul "Personality Of Nabi Muhammad SAW Kelas IV sangat layak digunakan sebagai sarana pembelajaran
Keywords:
E-Modul, Kepribadian Nabi Muhammad SAW, pendidikan agama islamDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work