Model Pembelajaran Student Facilitator & Explaining Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5514Abstract
Kemampuan numerasi merupakan aspek kritis yang esensial bagi para siswa untuk dapat mengaplikasikan konsep-konsep matematika secara terampil dalam berbagai konteks pemecahan masalah kehidupan sehari-hari. Meskipun demikian, banyak siswa menghadapi kesulitan dalam menyelesaikan masalah-masalah harian yang terkait dengan konsep matematika. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Facilitator & Explaining (SFE) terhadap kemampuan numerasi matematika para peserta didik di SDN Sukapura 01 Jakarta Utara, khususnya pada materi matematika volume bangun ruang. Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperimental dengan desain non-equivalent control group, di mana kelas eksperimen dan kelas kontrol terdiri dari masing-masing 32 siswa. Data yang dikumpulkan meliputi hasil tes pretes dan posttes untuk mengukur perbedaan kemampuan numerasi matematika setelah diterapkannya model pembelajaran Student Facilitator & Explaining (SFE). Hasil penelitian ini mengungkapkan adanya pengaruh positif penggunaan model pembelajaran Student Facilitator & Explaining (SFE) terhadap kemampuan numerasi matematika siswa. Dalam analisis pretes dan posttes, terjadi peningkatan hasil tes setelah menerapkan model pembelajaran Student Facilitator & Explaining (SFE). Selain itu, perubahan yang signifikan juga ditemukan pada tingkat partisipasi siswa di kelas, yang menunjukkan bahwa model pembelajaran ini dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran. Sebagai kesimpulan, penelitian ini menegaskan bahwa model pembelajaran Student Facilitator & Explaining (SFE) dapat meningkatkan kemampuan numerasi matematika siswa. Hasil ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan strategi pembelajaran matematika yang lebih efektif dan berdaya guna dalam mendukung pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika dan kemampuan mereka dalam menghadapi tantangan matematika dalam kehidupan sehari-hari.
Keywords:
Student Facilitator & Explaining, Kemampuan NumerasiDownloads
References
Amalia, S. R., & Aristiyo, D. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (Sfae) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Array. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2).
Ar Rakhman, A., Rawa, N. R., Narpila, S. D., Resi, B. B. F., Wewe, M., Gradini, E., Julyanti, E., Haryanti, S., Bhoke, W., & Muta Yuliani, A. (2021). Teori dan Aplikasi Pembelajaran Matematika di SD/MI (p. 247).
Fitria, L., Mustangin, M., & Nursit, I. (2019). Pemahaman Konsep Matematika dan Kepercayaan Diri Peserta Didik Menggunakan Model Student Facilitator and Explaining dengan Metode Peer Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 5(2), 105-111.
Gustiani, G., & Aufa, A. (2023). Implementasi Model Student Facilitator and Explaining Pada Pembelajaran IPA di SD Al Washliyah 31 Pekan Labuhan. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(2).
Hasan, A. Z., Trapsilasiwi, D., & Setiawani, S. (2017). Perbandingan kemampuan berpikir kritis matematika antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining (sfae) dan ekspositori di kelas VIII MTs negeri Jember 1. Jurnal Edukasi, 4(2), 52-57.
Hidayat, U. S. (2016). Model-Model Pembelajaran Efektif. Yayasan Budhi Mulia.
Mulyono, D., Asmawi, M., & Nuriah, T. (2018). The Effect of Reciprocal Teaching, Student Facilitator and Explaining and Learning Independence on Mathematical Learning Results by Controlling the Initial Ability of Students. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3), 199–205. https://doi.org/10.12973/iejme/3838
Muslimah, N., Putra, R. W. Y., & Maskyur, R. (2021). Pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self confidence peserta didik. MAJU, 8(1), 49-59.
Nurhalima. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Peserta Didik Kelas V Min Bontosunggu Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa.
Permata, I. D., Andriani, L., & Granita, G. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining (SFaE) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP di Pekanbaru. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(4), 285-296.
Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran (1st ed.). Pustaka Setia.
Prihatiningtyas, N. C., & Mariyam, M. (2019). Model student facilitator and explaining terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 465-473.
Puspita Maulidina, A., & Hartatik, S. (n.d.). Profil Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Berkemampuan Tinggi Dalam Memecahkan Masalah Matematika. In Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD)JBPD (Vol. 3, Issue 2). http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/
Sari, S. A., Nasution, E. Y. P., & Laswadi, L. (2020). Penerapan Model Student Facilitator and Explaining (SFE) dengan Media Poster untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 8(01), 105-118.
Rahmatul Nasoha, S., Araiku, J., Yusup, M., Pratiwi, W. D., & Sriwijaya, U. (2022). Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Kemampuan Numerasi Siswa Melalui Implementasi Bahan Ajar Matematika Berbasis Problem Based Learning. 4(2). https://doi.org/10.31851/indiktika.v4i1.7903
Rahmawati, D. (2019). Keefektifan Model Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa Materi Menggambar Bentuk Tiga Dimensi …. https://lib.unnes.ac.id/33611/
Rizki, D. A., Yudha, C. B., & Suhel, A. R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika pada Materi Bangun Ruang dengan Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (pp. 11-20).
Risnawati. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Tarowang Kabupaten Jeneponto. In Repositori UIN Alauddin Makassar (Vol. 7, Issue 5).
Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika (N. N. Muliawati (ed.); 1st ed.). Remaja Rosdakarya.
Rohmana, I., & Murni, S. (2023). Kemampuan berpikir kritis matematik pada materi faktor persekutuan terbesar Siswa kelas V SD menggunakan model student facilitator and explaining. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(2).
Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Deepublish.
Sugandi, A. I., & Akbar, P. (2020). Efektivitas Model Student Facilitator And Explaining Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Ditinnjau Dari Self-Efficacy. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 737-745.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tahir, T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 2(1), 41-48.
Victory, B. L. V. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi di SDN Inpres 5 Dobo Menggunakan Metode Student Facilitator and Explaining. Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 1-5.
Weilin Han, M. S., Dicky Susanto, E. D., Sofie Dewayani, P. D., Putri Pandora, S. T., Nur Hanifah, M. P., Miftahussururi, S. P., & Meyda Noorthertya Nento, B.SoC. Qori Syahriana Akbari, S. H. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi.
Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Sri Cacik. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090
Yanto, Y., & Juwita, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 1(1), 53–60. https://doi.org/10.31539/judika.v1i1.247
Zahara, R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materlogaritma Kelas X1 Sma Negeri 1 Kaway XVI. Maju, 5(2), 269944.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Siti Mudzalifah, Samsul Maarif

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work