Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar

Authors

  • Nita Monita Rini Universitas Muria Kudus
  • Ika Ari Pratiwi Universitas Muria Kudus
  • Muhammad Noor Ahsin Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1379

Keywords:

gadget, perilaku sosial, anak sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget  terhadap perilaku sosial anak usia sekolah dasar yang berusia 10 tahun dan upaya orang tua untuk mengatasi dampak negatif penggunaan gadget. Perilaku sosial adalah suatu tindakan seseorang yang merupakan hasil hubungan antar individu dengan lingkungan sekitarnya yang merupakan tanggapan pada lingkungan sosialnya. manusia adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, melainkan sangat membutuhkan bantuan dari orang lain. Gadget merupakan suatu perangkat elektronik yang memilki fungsi khusus dan praktis dalam penggunaannya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif, yang dilaksanakan pada anak usia sekolah dasar yang berusia 10 tahun. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan.pengumpulan adata yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan.   Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget mempunyai dampak negatif dan Positif. Dampak negatif yaitu anak akan kurang aktif dalam  bersosialisasi maupun kurang aktif secara fisik. Dampak positif yaitu mempermudah komunikasi, media hiburan anak, meningkatkan kenyamanan dalam belajar, meningkatkan pengetahuan. Upaya dalam mengatasi dampak megatif penggunaan gadget yaitu orang tua perlu memiliki  pemahaman tentang gadget, memberi  arahan, memberi pengertian,  memberi  nasehat kepada anak, membatasi anak  dalam penggunaan gadget.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, Prayuda Rio dkk. 2020. Pengaruh Pemakaian Gedget terhadap Perilaku Sosial Siswa di Sekolah Dasar Negeri Taal 01 Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso. Jurnal Keperawatan Profesional. 8. (1).
Akbar, Sa’dun. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Akyas, Azhari. 2004. Psikologi dan Perkembangan. Jakarta Selatan: Teraju Azwar.
Anggraeni, Aisyah dan Hendyzal. 2018. Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Kehidupan Sosial para Siswa SMA. Jurnal PPKn dan Hukum. 13. (1). 68.
Anggraeni, Mila dkk. 2018. Hubungan Antara Kontrol Masyarakat dengan Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. 6. (1). 76.
Arsiton, Yummi dan Frahasini. 2018. Dampak Perkembangan Gadged Bagi perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Jurnal Of Educational Review and Research. 1. (2). 88.
Creswell, J. W. (2009) Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches, Canada: SAGE Publications, Incorporated.
Efraim, Palar Jordan dkk. 2018. Hibungan Peran Keluarga dalam Menghindari Dampak Negatif Penggunaan Gadget pada Anak dengan Perilaku Anak dalam Penggunaan Gadget di Desa Kiawa 2 Barat kecamatan Kawangkoan Utara. Jurnal Keperawatan. 5. (2). 4.
Hakikin, Muhammad Ihsan. 2017. Pengaruh Penggunaan Gadged terhadap Perilaku Sosial Santri Al Luqmaniyyah. Yogyakarta: Ushuluddin dan Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Hastuti. 2012. Psikolog Perkembangan Anak. Yogyakarta: Tugu Publisher.
Hidayati, Laely. 2018. Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini berdasarkan Pemberian Gadged oleh Orangtua di Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Semarang: Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Hurlock, B. E. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Hurlock, Elizabet. B. 1997. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Erlangga
Kartono, Kartini. 2006. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Grafindo.
Kementrian Pendidikan dan kebuydayaan. 2016. Panduan Penilaian untuk Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Mnengah Atas. Jakarta.
Ltifa, Umi. 2017. Aspek Perkembangan pada Anak Sekoalah Dasar Masalah dan Perkembangannya. Jurnal Of Multidisciplinary Studies. 1. (2). 194.
Maryati, Kun dkk. 2001. Sosiologi. Yokyakarta: Erlangga.
Nisrima, siti dkk. 2016. Pembinaan Perilaku Sosial Remaja Penghuni Yayasan Islam Media Kasih Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kewarganegaraan. 1. (1). 195.
Noormianto, Faiz. 2018. Pengaruh Intensitas Anak Mengakses Gadged dan tingkat control orangtua Anak terhadap Interaksi Sosial Anak SD Kelas Tinggi di SD Pasuruhan Kidul Kudus Jawa Tengah. Elementary School. 5. (1). 141.
Novitasari, W. & Khotimah, N. (2016) Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 05 (03): 182- 186.
Nurfita, Sari Wiwik. 2018. Perkembangan Sosial anak Gifted Talent dalam Bersosialisasi dengan Teman Sebaya. Malang: Keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Muhamadiyah Malang.
Palupi, Putri Dini. 2018. Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dasar. 2. (1). 44-45.
Pebriana, P.H. 2017. Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, Vol 1 (No.1), hal 1-11.
Ratna, Sari Cici dkk. 2019. Peningkatan Perilaku Sosial Anak melalui Permainan Tradisional Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3. (2). 419.
Roza, Emilia dkk. 2018. Pelatihan Memantau Pengguaan Gadget pada anak. Jurnal SOLMA. 7 (2). 212-213.
Sanjaya, wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prena Media Group
Sari, T.P & Mitsalia, A.A. 2016. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah di TKIT Al Mukmin. Profesi, 13 (2), 72-78.
Satibi, hidayat Otib. 2008. Metode Peengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama. Universitas Negri Jakarta.
Setianingsih dkk. 2018. Dampak Penggunaan Gadged pada Anak Usia Prasekolah dapat Meningkatkan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas. Jurnal GASTER, XVI. (2). 193.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujianti. 2018. Hubungan Lama dan Frekuensi Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah di TK Islam Al Irssyad 01 Cilacap. Jurnal kebidanan. 8. (1). 55.
Sunita, Indian dan Mayasari Eva. 2018. Pengawasam Orang Tua terhadap Penggunaan Gadged pada Anak. Jurnal Endurance. 3. (3).
Syahyudi, D. 2019. Pengaruh Gadged terhadap Pola Interaksi Sosial dan Komunikasi Siswa. Jurnal Kehumasan, 2 (1), 276.
Syifa, Layyinatus dkk. 2019. Dampak Penggunaan Gadged tehadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 3 (4).
Taufiqurrahman dan Hasanatun Nida Najminur. 2019. Pendidikan Karakter Aanak Usia Sekolah Dasra dalam kelurga di Kota Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Kependidikan. 8. (1).
Tri, Utami Dian. 2018. Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. 1 (1), 41.
Trianingsih, Rima. 2016. Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah dasar. 2 (2), 199-201.
Wardiana, P. A., Wiarta, I. W., & Zulaikha, S. (2014). Hubungan antara Adversity Quotient (Aq) dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD. Jurnal PGSD, 2 (1), 1-11.
Warisyah, Yusmi. 2015. Pentingnya Pendampingan Dialogis Orang Tua dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Prosiding. Seminar Nasional Pendidikan di FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Ponorogo, 7 Nopember 2015.
Wijanarko, J & Setiawati, E. (2016). Pengaruh Gadget pada Perilaku dan Kemampuan Anak Menjadi Orang Tua Bijak di Era Digital. Jakarta : Keluarga Indonesia Bahagia.
Witarsa, Ramadhan dkk. 2018. Pengaruh Penggunaan Gadged terhadap kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik. VI. (1). 9.
Wulandari, Retno dkk. 2016. Perbedaan Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun dengan Pendidikan Usia Dini dan tanpa Pendidikan Usia Dini di Kecamatan Peterongan Jombang. 8 (1), 51.
Zakiyuddin dkk. 2020. Dampak Gadget pada Anak Usia Remaja di SMP Negeri 02 Meureubo Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2. (1).

Downloads

Published

2021-09-14

How to Cite

Monita Rini, N., Pratiwi, I. A. ., & Ahsin, M. N. . (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1236–1241. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1379