Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Firda Dwi Septiani Universitas Muria Kudus
  • Irfai Fatuhurrahman Univeristas Muria Kudus
  • Ika Ari Pratiwi Univeristas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1346

Keywords:

pola asuh, motivasi belajar, pembelajaran daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua pada pembelajaran daring di Desa Ngembalrejo Bae Kudus  dalam pola asuh keluarga di Desa Ngembalrejo Bae Kudus . Pola asuh orang tua adalah kontrol orang tua dalam memberikan pengasuhan terhadap anak dalam hal ini orang tua mendidik dan membimbing kepribadian anak. Motivasi belajar merupakan dorongan dari dalam maupun luar untuk tetap belajar sehingga seseorang atau khususnya siswa sekolah dasar dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal berkat dorongan semangat atau motivasi belajar yang tinggi. Pola asuh yang positif akan memberikan dorongan motivasi belajar yang tinggi terhadap anak. Hasil penelitian dalam memberikan bentuk pola pengasuhan menggunakan pola asuh demokratis. Penerapan pola asuh yang baik dapat diwujudkan lewat perlakuan, perhatian, pemenuhan kebutuhan, serta sikap orang tua dalam kehidupan sehari-hari dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar anak. Pola asuh yang diterapkan terhadap karakteristik anak yakni (1) religius, (2) disiplin, (3) mandiri, (4) komunikatif, (5) toleransi, (6) menghargai prestasi.  Siswa tidak hanya memperoleh motivasi belajar yang maksimal tetapi memiliki pendidikan karakter yang baik dalam upaya mempersiapkan generasi yang akan datang memberikan sikap yang positif, perlakuan yang sesuai dari orang tua dalam mendidik anak, maka akan lebih mudah meningkatkan motivasi anak dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian, Jakarta: PT Rineka Cipta.
Abu Ahmadi, Munawar Sholeh. 2005. Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Adek. 2008. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Karakteristik Anak. Viewed 15 September, http://valmband.multiply.com/journal/item/31/pengaruh-pla-asuh-orang-tua-terhadap-karakteristik-anak. Volume 4. No.3.
Budiono, Anitah Sri, Palupi Retno. 2014. Hubungan antara Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa Terhadap Kinerja Guru dalam Mengelola Kegiatan Belajar dengan Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 2 (2): 157-170.
Djali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Bahri Syaiful. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga: Upaya Membangun Citra Membentuk Pribadi Anak. Jakarta: PT Rineka Cipta. Jurnal Kreatif Februari 2017.
Djamarah, Bahri Syaiful. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Harianti, rini, dkk. 2016. Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Curricula, Vol I, No 1.
Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulhadi, Zainuddin, Sugiwanto, Maswan. 2009. Peran Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak. Jepara: Karsa Manunggal.
Mooekbun Naftali, Laka M.Beatus, Rumbawas S. Selfia. 2018. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal EduMatSains. 2 (2): 201-212.
Moleong, L. J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Ofiset.
Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press, Vol. 12 No. 1, April 2011.
Nur Laela Lutfiana. 2016. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Skripsi. IAIN Purwokerto.
Panjalu Fajar Gandhung. 2012. Pengertian, Tujuan dan Hal yang Mempengaruhi Motivasi Belajar. Internet. Tersedia di: http://www.gfpanjalu.com/2012/pengertian-tujuan-dan-hal-yang-mempengaruhi-motivasi-belajar/.
Putri, yuliana, pratiwi, ika, & ismaya, erik. (2020). Peran Pola Asuh Dalam Pembentukan Minat Belajar Anak Di Desa Medini. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 697-704. Retrieved from https://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/mp/article/view/377
Ruslan, Amirullah, Dina Novita, 2016. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyah. 1 (1): 22-30.
Sardiman,A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo. Vol. 3. No. 1 (2015) 73-82.
Setiawati, eka. 2015. Pengaruh Pola Asuh terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Journal of Elementary Education 4 (1) (2015).
Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sukardi, 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Shochib, M. 2000. Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: Rineka Cipta. Volume 4. No. 3. November 2009.
Shoddiq, Muhammad dan Muttaqien. 2003. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta, Vol. 12 No. 1, April 2011.
Sugianto. 2010. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka, Volume. 4 No. 1, Februari 2015.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryana Cahya. 2010. Data dan Jenis Data Penelitian. Internet. (https://csuryana.wordpress.com/2010/03./25/data-dan-jenis-data-penelitian/).
Willis S. Sofyan. 2009. Konseling Keluarga. Bandung. Alfabeta.
Winarsih, Varia. 2009. Psikologi Pendidikan. Medan: Latansa Pers. Vol. 5 No. 2. 2017: 93-196.
Zainal Arifin. 2014. Penelitian Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-08-16

How to Cite

Septiani, F. D., Fatuhurrahman, I. ., & Pratiwi , I. A. . (2021). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1104–1111. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1346