Analisis Kognitif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Self Confidence

Authors

  • Santi Yakpi Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Novi Andri Nurcahyono Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Yanti Mulyanti Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.6013

Abstract

Self confidence merupakan aspek penting dalam belajar matematika. Kurangnya rasa percaya diri dapat membuat siswa merasa tidak mampu menyelesaikan masalah dan dapat menjadi salah satu penyebab kesulitan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kognitif siswa dalam pembelajaran matematika yang ditinjau dari self confidence pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif jenis studi kasus. Instrument yang digunakan yaitu tes dan non-tes. Subjek penelitian adalah kelas VIII di MTs Al-Kholil yang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) siswa yang memiliki self confidence yang tinggi memiliki kemampuan kognitif yang baik pada tahap mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi. (2) siswa yang memiliki self confidence yang sedang maka tidak bisa dikatakan memiliki kemampuan kognitif yang baik atau cukup. Hal ini karena siwa tidak bisa menerapkan konsep atau rumus yang diingat dengan baik sehingga nilai yang didaptkan siswa kurang tepat. (3) siswa dengan tingkat self confidence rendah memiliki kemampuan kognitif yang rendah. Hal tersebut dikarenakan siswa tidak sampai pada tahap memahami. Kemampuan kognitif yang ditinjau oleh self confidence sangatlah penting dan saling berkaitan.


Keywords:

kognitif, self confidence, sistem persamaan linear dua variabel

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’dadiyyah, N. L. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI NU Wasilatut Taqwa Kudus Tahun 2020/2021. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 40–49. https://doi.org/10.31537/laplace.v4i1.462

Agustina, S., & Patimah, S. (2019). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Pola Bilangan di Kota Cimahi. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 201–208. https://doi.org/10.30738/union.v7i2.3835

Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Abk (Tuna Rungu) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162

Eka Saputri, M. E. (2021). Analisis Self Confidence Mahasiswa Ditinjau Dari Hasil Belajar Statistika Dasar Pada Pembelajaran Daring. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 124. https://doi.org/10.33087/phi.v5i2.147

Fithriyah, D. N., Yulia, N. M., & Aula, F. D. (2022). Dampak Pembelajaran Daring Selama Pandemic Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 173-180.. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.275

Fitriana, I. N., & Mampouw, H. L. (2019). Skema Kognitif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Peluang Ditinjau dari Pendekatan Polya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 353–364. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.510

Maulidya, N. S., & Nugraheni, E. A. (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Ditinjau dari Self Confidence. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2584–2593. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.903

Rantau, R., Syamsuri, & Nindiasari, H. (2022). Analisis Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Madrasah Aliyah. 3(3), 236–242.

Rismen, S., Juwita, R., & Devinda, U. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Impulsif. Jurnal Gantang, 5(1), 61–68. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1579

Rohmah, W. N., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Materi Bangun Ruang Ditinjau Gaya Kognitif Siswa Menengah Pertama. Prisma, 9(2), 179. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1043

Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275–290. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1261

Susanti, V. D. (2018). Analisis kemampuan kognitif dalam pemecahan masalah berdasarkan kecerdasan logis-matematis. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 71-83.

Tasya, N., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika, 2(1), 660-662.

Downloads

Abstract Views : 335
Downloads Count: 350

Published

2023-10-01

How to Cite

Yakpi, S., Nurcahyono, N. A., & Mulyanti, Y. (2023). Analisis Kognitif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Self Confidence . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1577–1587. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.6013

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.