Kesalahan Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Indikator Kemampuan Pemecahan Masalah
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5056Abstract
Matematika merupakan mata pelajaran sekolah yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya, dalam belajar matematika, siswa dibekali kemampuan memecahkan masalah kontekstual yang sering ditemukan dalam aktivitas kesehariannya. Namun banyak ditemukan siswa yang masih melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah-masalah matematika, sehingga diperlukan suatu kajian untuk menelaah kesalahan-kesalahan yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor yang membuat siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) yang ditinjau dari indikator kemampuan pemecahan masalah. Siswa kelas IX SMPIT Al-Mu’min dengan Tahun Pelajaran 2022/2023 menjadi populasi dalam penelitian ini. Data diambil dengan menggunakan random sampling, dan diperoleh siswa kelas IX yang berjumlah 20 siswa. Data diambil dengan menggunakan metode tes untuk menentukan kemampuan pemecahan masalah siswa, lalu dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kesalahan dalam memahami masalah sebesar 3.75%; 2) Kesalahan dalam merencanakan penyelesaian sebesar 19.00%; 3) Kesalahan dalam menyusun model matematika sebesar 6.25%; 4) Kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah sesuai rencana sebesar 8.00%; 4) Kesalahan melakukan pengecekan jawaban sebesar 19.50%.
Keywords:
kesalahan, pemecahan masalah, sistem persamaan dua variabelDownloads
References
Aspiandi, H., Zubaidah, Z., & Nursangaji, A. (2020). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Bangun Datar Di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(11).
August, F. M., & Ramlah, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Prosedur Polya. JIPMat, 6(1), 43-59.
Djolong, A. F. (2014). Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif. ISTIQRA’, 2(1), 86-100.
Ferdianto., F. (2015). Media Audio Visual pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX. Jurnal Euclid, 2(2), 251-365.
Ferdianto, F. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi SPLDV Ditinjau dari Indikator Kemampuan Matematis. SJME, 3(1), 32-36.
Haqil, I. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Take And Give Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Sd Sains Islam Al Farabi Tukmudal Sumber Cirebon. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Bunga Bangsa: Cirebon.
Kii, Y. I. (2019). Analisis Pemecahan Masalah Pada Materi SPLDV Dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Siswa Kelas VIII SMP ST. Aloysius Turi Tahun Ajaran 2018/2019. Tesis. Tidak Diterbitkan. Program Studi Pendidikan Matematika Pada Program Magister. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (generative learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166-175.
Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24-44.
Parulian, R. A., Munandar, D. R., & Ruli, R. M. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dalam menyelesaikan materi bilangan bulat pada siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1a).
Polya, G. (2004). How to solve it: A new aspect of mathematical method (No. 246). Princeton university press.
Purwosusilo. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK melalui Strategi Pembelajaran REACT. Jurnal Pendidikan Keguruan, 1(2).
Ratnasari, D. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Skripsi Sarjana. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Tidak dipublikasikan.
Saifiyah. (2017). Desain Modul Pembelajaran Berbasis Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika. 2(2), 177-192.
Santi, C., et al. (2021). Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 31-40.
Solso, R. L., MacLin, M. K., & MacLin, O. H. (2005). Cognitive psychology. Pearson Education New Zealand.
Wahyuni. (2013). Penerapan Model Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Skripsi pada UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tiara Vemmy Ramadhani, Lessa Roesdiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work