Hasil Belajar Kognitif Melalui Implementasi Model Pembelajaran Multiliterasi: Studi Pada Materi Sistem Ekskresi
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4801Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa melalui implementasi model pembelajaran multiliterasi kajian pada materi pokok Struktur dan Fungsi Sel pada Sistem Ekskresi kelas XI SMAN 8 Konawe Selatan. Subjek penelitian adalah siswa Kelas XI MIA berjumlah 34 orang. Penelitian ini menggunakan dua siklus, setiap satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar kognitif siswa yang berjumlah 20 butir pilihan ganda, lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, meliputi hasil aktivitas guru dan aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan ketuntasan klasikal siswa dalam penelitian ini di siklus I adalah 67,65%. Keberhasilan ketuntasan klasikal siklus II mencapai 85,29%. Implementasi model pembelajaran multiliterasi dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Hal ini terjadi karena setiap pertemuan pada siklus dibenahi hal-hal yang masih kurang, serta diperbaiki dan yang telah dianggap baik dipertahankan.
Keywords:
Model Pembelajaran Multiliterasi, Hasil Belajar Kognitif, Sistem EkskresiDownloads
References
Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kuriklum 2013. PT Refika Aditama: Bandung.
Abidin, Y.(2015).Pembelajaran multiliterasi. Bandung: Refika Aditama.
Agustin, R. M. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Multiliteasi Berbasis Jurnalistik dalam Pembelajaran Menulis Berita. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 5(2), 221–232.
Dafit, F. (2017). Implementasi Model Multiliterasi Pada Proses Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JS (Jurnal Sekolah), 1(2), 53-59.
Fatmawati, E., & Safitri, E. (2020). Kemampuan Literasi Informasi dan Teknologi Mahasiswa Calon Guru Menghadapi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 214-224.
Gunawan, H. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Multiliterasi Pada Perkuliahan Pembelajaran Berbicara. Metabasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 1(1).
Hasana, I., Saptasari, M., & Wulandari, N. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI Materi Sistem Ekskresi dan Koordinasi di SMAN 9 malang. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 52-56.
Lestari, R. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal pada Mata Kuliah Menulis Karya Sastra Berbantuan Youtube. Semantik, 10(1), 55-64.
Nuryani, P., Abidin, Y., & Herlambang, Y. T. (2019). Model Pedagogik Multiliterasi Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Abad Ke-21. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(2), 117-126.
Hamdayana, J. (2016). Metodologi Pengajaran. PT Bumi Aksara : Jakarta.
Hermawan, R., Rumaf, N., & Solehun, S. (2020). Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 56-63.
Nafi'a, M. Z. I., Kuswandi, D., & Wedi, A. (2023). Pengembangan Desain Pembelajaran Multiliterasi Berbasis Tringo dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa SMA. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(4), 349-358.
Nofrion, N. (2021). Implementasi Literasi Teknologi Dalam Pembelajaran Geografi Di SMA Negeri 15 Padang. Jurnal Buana, 5(1), 133-142.
Suhendi, E. T., Damianti, & Anshori, D. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Multiliterasi Berbasis Konsep Dialektik dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV, 307–314.
Susilo, S. V., & Garnisya, G. R. (2018). Penerapan Model Multiliterasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2).
Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683-2694.
Wilarsih, R. (2020). Penggunaan Sumber Belajar Dengan Pendekatan Multiliterasi Siswa Kelas Ix-C Smp Negeri 27 Tebo Pada Mata Pelajaran Ppkn (Doctoral dissertation, Universitas Jambi). Jurnal Kewarganegaraan, 5 (2).
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rezky Raedita Amindra Said, Kasman Arifin, Jahidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work