Analisis Miskonsepsi Matematika Siswa Menggunakan Certainty of Response Index Ditinjau Dari Perbedaan Gender

Authors

  • Siti Rahmawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Novi Andri Nurcahyono Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Pujia Siti Balkist Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.8746

Abstract

Rendahnya hasil belajar yang didapatkan oleh siswa menandakan bahwa terdapat miskonsepsi pada siswa tersebut. Jika terjadi miskonsepsi maka akan sulit melanjutkan pembelajaran matematika pada tingkat yang lebih tinggi. Karena satu konsep matematika terkait dengan konsep  matematika yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar menggunakan Certainty of Response Index (CRI) ditinjau dari perbedaan gender. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Instrument yang digunakan yaitu tes dan non-tes. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas VIII MTs Jamiatul Khoir dengan jumlah 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gender berpengaruh terhadap miskonsepsi matematika siswa. hal ini terlihat bahwa siswa laki-laki lebih banyak mengalami miskonsepsi dibandingkan dengan siswa perempuan. Untuk siswa laki-laki mengalami miskonsepsi diantaranya yaitu miskonsepsi konsep, miskonsepsi terjemah, miskonsepsi hitung dan miskonsepsi strategi. Sementara itu, siswa perempuan mengalami jenis miskonsepsi yang diantaranya yaitu miskonsepsi tanda, miskonsepsi hitung dan miskonsepsi konsep.

Keywords:

Miskonsepsi, Certainty of Response Index, Gender

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2019). Analisis miskonsepsi siswa berdasarkan gender dalam pembelajaran fisika dengan menggunakan tes diagnostik two-tier di Kotabaru. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1), 59–66.

Amir, Z. (2013). Perspektif gender dalam pembelajaran matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender, 12(1), 15.

Aprilanti, H., Qurbaniah, M., & Muldayanti, N. D. (2016). Identifikasi miskonsepsi siswa pada materi sistem ekskresi manusia kelas XI MIA SMA Negeri 4 Pontianak. Jurnal Bioeducation, 3(2), 63–77.

Azis, N., Tahmir, S., & Minggi, I. (2020). Miskonsepsi pada materi aljabar siswa kelas VIII SMP. Issues in Mathematics Education (IMED), 4(2), 178.

Deringöl, Y. (2019). Misconceptions of primary school students about the subject of fractions. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(1), 29–38.

Hasan, S., Bagayoko, D., & Kelley, E. L. (1999). Misconceptions and the certainty of response index (CRI). Physics Education, 34(5), 294–299.

Khairunnisa, Y. (2019). Analisis komparatif miskonsepsi dan kepercayaan diri siswa pada materi rangkaian listrik berdasarkan gender. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 1.

Liliawati, W., & Ramalis, T. R. (2009). Identifikasi miskonsepsi materi IPBA di SMA dengan menggunakan CRI (Certainly of Response Index) dalam upaya perbaikan dan pengembangan materi IPBA pada KTSP. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, 159–168.

Muchyidin, A., Nurlatif, L., & Nursuprianah, I. (2020). Miskonsepsi siswa pada pemahaman konsep bangun ruang. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 5(2), 72–86.

Mukhlisa, N. (2021). Miskonsepsi pada peserta didik. SPEED Journal: Journal of Special Education, 4(2), 66–76.

Sarlina. (2015). Miskonsepsi siswa terhadap pemahaman konsep matematika pada pokok bahasan persamaan kuadrat siswa kelas X5 SMA Negeri 11 Makassar. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(2), 194–209.

Downloads

Abstract Views : 338
Downloads Count: 198

Published

2024-10-07

How to Cite

Rahmawati, S., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2024). Analisis Miskonsepsi Matematika Siswa Menggunakan Certainty of Response Index Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(4). https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.8746

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.