Kesulitan Belajar Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3488Abstract
Penelitian ini Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Pabuaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrument yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan aspek kesulitan konsep terdapat kelompok siswa yang mengalami kesulitan yaitu tidak mampu mengingat nama secara teknis, tidak mampu menyertakan arti istilah-istilah yang mewakili konsep-konsep tertentu dan tidak mampu menyimpulkan informasi tentang konsep tertentu. Sedangkan pada aspek kesulitan prinsip terdapat kelompok siswa yang mengalami kesulitan yaitu tidak mampu melakukan operasi aljabar atau tidak teliti dalam perhitungan dan tidak mampu menentukan faktor yang relevan sehingga tidak mampu mengabstraksi pola-pola. Kesulitan tersebut disebabkan karena siswa tidak mampu memahami materi dengan baik, jarang mencatat materi pelajaran, tidak mempelajari atau membaca-baca materi yang telah disampaikan.
Keywords:
kesulitan belajar, matematika, sistem persamaan linear dua variabelDownloads
References
Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar: Teori. Diagnosis, Dan Remediasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62.
Cooney, T. J., Davis, E. J., & Henderson, K. B. (1975). Dynamics of teaching secondary school mathematics. Houghton Mifflin.
Djamarah, S. B. (2000). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif. Rineka cipta.
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315-322.
Epriyanti, S., Ratu, N., & HY, T. (2016). Deskripsi Analisis Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal SPLDV Siswa SMA Kelas XI. Skrisi. Universitas Kristen Satya Wacana Jawa,Salatiga.
Fatmawati, N., Kurniawan, R. A., & Kurniati, T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas X Ipa Pada Mata Pelajaran Kimia Di Mas Al-Mustaqim Arang Limbung. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 7(1), 65–72.
Hafid, H., Kartono, K., & Suhito, S. (2016). Remedial Teaching untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika berdasarkan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(3), 257–265.
Hasibuan, E. K. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di smp negeri 12 bandung. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1).
Hasibuan, I. (2015). Hasil belajar siswa pada materi bentuk aljabar di kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal peluang, 4(1), 5–11.
Idrus, M. (2009). Metode penelitian ilmu sosial. Yogyakarta: Erlangga.
Limardani, G. (2015). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi aljabar berdasarkan teori pemahaman skemp pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 4 Jember. Skripsi. Univeritas jember, Jember.
Martini, J., & Belajar, K. (2014). Perspektif, Asesmen dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nasiruudin, F. A. Z., & Hayati, H. (2019). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Makassar:(Studi Kasus Siswa Kelas V Sdn Inpres Panaikang Ii/1 Makassar). Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 1(2), 23-31.
Novriani, M. R., & Surya, E. (2017). Analysis of student difficulties in mathematics problem solving ability at MTs SWASTA IRA Medan. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(3), 63-75.
Nugraha, N., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis kesulitan belajar matematika materi bentuk aljabar pada siswa smp kelas vii. Journal On Education, 1(2), 323–334.
Nursyamsiah, G., Savitri, S., Yuspriyati, D. N., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1).
Puspitasari, E., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2015). Analisis kesulitan siswa menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel di smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(5), 1–9.
Qomariah, S., & Rosdiah, U. (2022). Kesulitan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Anaisis Real. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 396–400.
Rahayuningsih, P., & Qohar, A. (2014). Analisis kesalahan menyelesaikan soal cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dan Scaffolding-nya berdasarkan analisis kesalahan Newman pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 109–116.
Rahmawati, A. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berbasis pembelajaran pemecahan masalah kelas V sd negeri Gebangsari 03. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(2), 46-51.
Rahmawati, D. (2020). Analisis Kesulitan Pemecahan Masalah Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(1), 13–21.
Ratnasari, S., & Setiawan, W. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa pada materi himpunan. Journal On Education, 1(2), 473-479.
Resta, E. L., & Munawaroh, M. (2018). Kemampuan pemahaan matematis siswa pada materi segiempat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 1710–1718.
Ridwan, T. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mmenyelesaikan Aljabar. Skripsi. Universitas Nusantara PGRI, Kendari.
Sari, P. P., & Lestari, D. A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 286–293.
Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Riska Mela Puspita, Syamsuri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work