Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Berdasarkan Teori Maslow

Authors

  • Dhea Ayu Nadila Ramadhani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Yuyu Yuhana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang
  • Etika Khaerunnisa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4987

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi persamaan linear dua variabel yang ditinjau dari motivasi belajar siswa berdasarkan teori Maslow. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa tes tertulis, instrumen non tes berupa angket motivasi belajar yang didasarkan dari teori Maslow, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis mengenai materi sistem persamaan linear dua variabel, instrumen non tes berupa kuesioner, dan wawancara semi terstruktur. Subyek penelitian ini yakni siswa kelas VIII I SMP Negeri 1 Ciruas dan diambil sampel sebanyak enam siswa berdasarkan Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, visualisasi data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa siswa yang memenuhi seluruh aspek hierarki teori Maslow memiliki motivasi belajar yang lebih tinggi, hal ini terlihat dari perbedaan cara menjawab soal. Siswa yang memenuhi seluruh aspek hierarki teori Maslow berusaha menjawab sedetail mungkin agar jawabannya jelas, sedangkan siswa yang hanya memenuhi sebagian aspek hierarki teori Maslow menjawab soal dengan seadanya tanpa penjelasan lebih mendetail.

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Motivasi Belajar, Teori Maslow

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.

Astiswijaya, N. (2020). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan implementasi model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 3(1), 8-16.

Aufa, M. (2019). Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Ditinjau Dari Teori Abraham Maslow (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga).

Aulia, N. (2021). Desain Modul Persamaan Garis Lurus Berbasis Komunikasi Matematis. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 7(2), 140-148.

Ekasari, D. F., & Khotimah, R. P. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Ditinjau Dari Gender kelas VII SMP Negeri 2 Kembang Tahun Ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Maslow, A. (1954) Motivation and Personality. New York: Harper &. Row.

Nurlaila, S., Sariningsih, R., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Terhadap Soal-Soal Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1113-1120.

Pertiwi, E. D., Khabibah, S., & Budiarto, M. T. (2020). Komunikasi matematika dalam pemecahan masalah. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 202-211.

Putri, H. E., Rahayu, P., Saptini, R. D., & Misnarti, M. (2016). Keterkaitan penerapan pendekatan CPA dan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 11(1).

Ratumanan, G.T., & Laurens, T. (2006). Evaluasi Hasil yang Relevan dengan Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung:CV Alfabeta.

Rhamdania, N., & Basuki, B. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kampung Gudang. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 445-458.

Sabroni, D. (2017). Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 1, pp. 55-68).

Syasri, S. I. R., Hasanuddin, H., & Noviarni, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis: Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 43-54.

Wardhani, S. (2008). Analisis SI dan SKL mata pelajaran matematika SMP/MTs untuk optimalisasi tujuan mata pelajaran matematika. Yogyakarta: PPPPTK.

Yilmaz, Z., & Ozen, Z. (2014). Connecting mathematical reasoning and language arts skills: The case of common core state standards. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 3716–3721

Downloads

Abstract Views : 667
Downloads Count: 519

Published

2023-06-17

How to Cite

Ramadhani, D. A. N., Yuhana, Y., & Khaerunnisa , E. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Berdasarkan Teori Maslow. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 906–913. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4987

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.