Media Koin Bermuatan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5973Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap operasi hitung bilangan bulat melalui penerapan media koin bermuatan dalam pembelajaran matematika di kelas IV Gugus 06 Kecamatan Terara. Melibatkan dua kelas sebagai subjek penelitian, yaitu kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan media koin bermuatan dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tanpa media tambahan. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji prasyarat dan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat siswa di kelas eksperimen yang menggunakan media koin bermuatan signifikan lebih tinggi daripada kelas kontrol yang tidak menggunakan media tersebut.Penelitian ini mengonfirmasi bahwa penggunaan media koin bermuatan secara efektif meningkatkan pemahaman konsep siswa. Temuan ini mendukung ide bahwa media pembelajaran inovatif, seperti koin bermuatan, dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif bagi siswa. Hasil penelitian ini memberi kontribusi empiris terhadap pentingnya penggunaan media inovatif dalam pendidikan matematika di tingkat Sekolah Dasar. Penggunaan media koin bermuatan dalam pembelajaran matematika di SD dapat dijadikan alternatif yang baik untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika yang kompleks. Maka dari itu, integrasi media ini dalam kurikulum pendidikan matematika di SD diharapkan dapat memaksimalkan potensi pembelajaran siswa dan meningkatkan kualitas pendidikan matematika di sekolah-sekolah.
Keywords:
Koin Bermuatan, Pemahaman Konsep , Bilangan BulatDownloads
References
Asrin, A., Haryati, L. F., Syazali, M., Umar, U., & Amrullah, L. W. Z. (2021). Pelatihan Implementasi Budaya Mutu Berbasis Kearifan Lokal Di SDN Gugus I Pemenang Lombok Utara. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 488-493.
Azhar, A. (2013). Media Pembelajaran. Edited by Asfah Rahman. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Azizah, S. (2020). Pengaruh Penggunana Media Color Stick untuk Meningkatan Pemhaman Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Pada Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika.
Dwi, E. A. S. (2022). Pengaruh Media Permainan Kartu Uno Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Pokok Operasi Bilangan Bulat Kelas VII Di SMP Negeri 2 Paguyangan (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri Purwokerto).
Erna, Y. (2019). Pembelajaran Matematika SD. Malang . PT. Universitas Muhamadiyah Malang.
Jaelani, A. K., Widiada, I. K., & Tahir, M. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Video dan Audio Visual Bagi Guru SD Negeri Gugus V Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah: Media Audio Visual; Perangkat; Kegiatan pembelajaran. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 279-284.
Kurniadi, G., & Purwaningrum, J. P. (2018). Kesalahan siswa pada kategori kemampuan awal matematis rendah dalam penyelesaian tes kemampuan pemecahan masalah matematis. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(2).
Makmudah, S., & Adhitya, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Koin Bermuatan terhadap Kepercayaan Diri Siswa pada Operasi Bilangan Bulat. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 201-210.
Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 2(1), 19-26.
Oktavianingtyas, E. (2015). Media untuk mengefektifkan pembelajaran operasi hitung dasar matematika siswa jenjang pendidikan dasar. Pancaran Pendidikan, 4(4), 207-218.
Rukmini, H. . (2022). Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i1.1
Sudjana, N. & Rivai (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabet
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Era Naila Putri, Asrin, Iva Nurmawanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work