Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Dengan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa

  • Stephanus Mugiya SMA Negeri 1 Jalaksana
Keywords: Contextual Teaching and Learning, Model Inkuiri Terbimbing, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan penerapan pendekatan CTL melalui model inkuiri terbimbing di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Jalaksana pada konsep keseimbangan benda tegar; (2) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan pendekatan CTL melalui model inkuiri terbimbing di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Jalaksana pada konsep keseimbangan benda tegar. Penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Jalaksana sebanyak 34 orang siswa. Hasil penelitian diperoleh dari analisis secara deskriptif dan mengacu pada keaktifan siswa dan ketuntasan belajar siswa. Skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 36, meningkat untuk siklus II yaitu 36,5 yang termasuk dalam kriteria baik. Hasil belajar pada aspek kognitif untuk siklus I diperoleh rata-rata 77,56 meningkat untuk siklus II menjadi 86,54. Hasil belajar pada aspek afektif untuk siklus I diperoleh rata-rata 77,45 meningkat pada siklus II menjadi 85,29. Hasil belajar pada aspek psikomotor untuk siklus I diperoleh rata-rata 77,84 meningkat untuk siklus II menjadi 85,49. Ketuntasan belajar siklus I 82,35% meningkat untuk siklus II menjadi 100%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan CTL dengan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika.

Published
2021-03-10
How to Cite
Mugiya, S. (2021). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Dengan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 200-206. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.795
Section
Articles