Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Dengan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.795Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan penerapan pendekatan CTL melalui model inkuiri terbimbing di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Jalaksana pada konsep keseimbangan benda tegar; (2) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan pendekatan CTL melalui model inkuiri terbimbing di kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Jalaksana pada konsep keseimbangan benda tegar. Penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Jalaksana sebanyak 34 orang siswa. Hasil penelitian diperoleh dari analisis secara deskriptif dan mengacu pada keaktifan siswa dan ketuntasan belajar siswa. Skor rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 36, meningkat untuk siklus II yaitu 36,5 yang termasuk dalam kriteria baik. Hasil belajar pada aspek kognitif untuk siklus I diperoleh rata-rata 77,56 meningkat untuk siklus II menjadi 86,54. Hasil belajar pada aspek afektif untuk siklus I diperoleh rata-rata 77,45 meningkat pada siklus II menjadi 85,29. Hasil belajar pada aspek psikomotor untuk siklus I diperoleh rata-rata 77,84 meningkat untuk siklus II menjadi 85,49. Ketuntasan belajar siklus I 82,35% meningkat untuk siklus II menjadi 100%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan CTL dengan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika.
Keywords:
Contextual Teaching and Learning, Model Inkuiri Terbimbing, Aktivitas Belajar, Hasil BelajarDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work