Media Permainan Ular Tangga Berbasis Misi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5743Abstract
Pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar merupakan aspek penting dalam pengembangan kemampuan berpikir siswa. Pemahaman konsep dan penerapan prinsip-prinsip logika adalah fokus utama dalam pembelajaran matematika. Salah satu keterampilan penting dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan pemecahan masalah, yang memungkinkan siswa untuk mengatasi situasi dan masalah baru. Namun, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih di bawah harapan nasional, mencerminkan hasil yang rendah dalam ujian nasional dan dampaknya pada peringkat matematika Indonesia dalam survei PISA. Penelitian ini mengembangkan media permainan ular tangga berbasis misi untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD. Media ini bertujuan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang inovatif dan menarik bagi siswa. Hasil analisis, desain, dan pengembangan media ini telah divalidasi oleh ahli dan diuji coba secara terbatas dan luas. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan pemecahan masalah siswa setelah menggunakan media ini. Kesimpulannya, penggunaan media permainan ular tangga berbasis misi dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Media ini dapat mengatasi tantangan dalam pembelajaran matematika, meningkatkan motivasi siswa, dan membantu siswa merasa lebih antusias terhadap mata pelajaran ini. Dengan demikian, media ini dapat dianggap sebagai alat pembelajaran yang efektif dan inovatif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di tingkat sekolah dasar.
Keywords:
Ular Tangga Berbasis Misi, Pemecahan Masalah, MatematikaDownloads
References
Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 209-216.
Baiquni, I. (2016). Penggunaan media ular tangga terhadap hasil belajar metematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 193-203.
Hanifa, M. A., & Budiman, I. A. (2023). Efektivitas Model Teams Games Tournament Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Buletin Ilmiah Pendidikan, 2(1), 117-120. https://doi.org/10.56916/bip.v2i1.444
Ilmiah, A. R., & Dewi, E. M. P. (2022). Efektifitas Media Permainan Ular Tangga pada Pembelajaran Matematika Trigonometri untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa. METAPSIKOLOGI J. Ilm. Kaji. Psikol, 1(1), 22-29.
Irawan, A., & Wardani, M. A. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Permainan Ular Tangga Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 2(2), 342-248.
Izzati, G. N., Dwijanto, D., & Cahyono, A. N. (2022). Analisis kemampuan berpikir divergen menggunakan problem based learning berbantuan snake & ladder games ditinjau dari math anxiety. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 11(2), 270-282.
Kasna, I. M. F. P., Sudhita, I. W. R., & Rati, N. W. (2015). Penerapan model pembelajaran CRH (Course Review Horay) dengan bantuan permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas II SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1).
Kumala, D. R., Rohmah, Z., & Hidayatulloh, M. K. Y. (2020). Pendampingan Belajar Menggunakan Media Ular Tangga Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa SD di Bandarkedungmulyo. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 44-47.
Kurniadi, G. (2021). Penggunaan Media Permainan Edukatif “Ular Tangga Matematika” Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Vi Sd. Koordinat Jurnal Pembelajaran Matematika dan Sains, 2(1), 31-36.
Kurniawati, R. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berhitung dengan Permainan Ular Tangga Pada Anak Kelompok B TK Yunior Surabaya. PAUD Teratai, 2(1), 24-25.
Marliani, N. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis pada mata kuliah persamaan diferensial dilihat dari pembelajaran konflik kognitif yang terintegrasi dengan soft skill. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2).
Megawati, Y. P., khaq, M. ., & Ratnaningsih, A. (2023). Modul Matematika Berorientasi Pemecahan Masalah Polya Pada Kelas V Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(2), 113–122. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i2.364
Nawafilah, N. Q., & Masruroh, M. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelas III SDN Guminingrejo Tikung Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya: Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(01), 37-46.
Nasution, M. D., Irvan, I., & Ramadhan, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMPIT Miftahul Jannah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 260-268.
Nugraha, I. D. (2022). Students’ Mathematical Problem-Solving Ability on Social Arithmetic Material. Journal of Innovation and Research in Primary Education, 1(2), 33–39. https://doi.org/10.56916/jirpe.v1i2.171
Polya, G. (2004). How to solve it: A new aspect of mathematical method (Vol. 85). Princeton university press.
Pramiasari, A. D. ., Muslim, A. ., & Supriatna, S. (2022). Problem-Based Learning in Elementary Schools: The Study Of Curiosity and Mathematics Communication Ability. Journal of Innovation and Research in Primary Education, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.56916/jirpe.v1i1.27
Sa'diah, L. S., & Nahdi, D. S. (2023). Model pembelajaran kontekstual untuk membantu pemecahan masalah matematis. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.277
Syafitri, A., Amir, H., & Elvinawati, E. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dengan Media Ular Tangga Dan Media Puzzle Di Kelas XI SMA Negeri 01 Bengkulu Tengah. Alotrop, 3(2).
Wahid, S. N. (2017). Rancang Bangun Permainan Ular Tangga untuk Media Belajar Fisika. Jurnal Qua Teknika, 7(2), 43-53.
Wawat, W. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dengan Menerapkan Model Problem Posing. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 59–65. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i2.19
Yanti, I., Affandi, L. H., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II SDN 12 Taliwang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 509-516.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Friska Andriani, Wahyudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work