Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Platform Merdeka Mengajar Berdasarkan Prosedur Newman
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4829Abstract
Numerasi merupakan hal krusial pada kurikulum merdeka dalam pendidikan. Dilihat dari hasil Asesmen Nasional (AN) tahun 2021, kemampuan numerasi siswa SMP di Indonesia berada di bawah kompetensi minimum, karena kurang dari 50% siswa yang mencapai batas. Sebagai pembiasaan terhadap soal AN, pemerintah menganjurkan penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebagai media pembelajaran yang lebih fleksibel. Penelitian ini bertujuan menjabarkan jenis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal tipe PMM numerasi lewat prosedur Newman. Materi PMM numerasi yang diberikan adalah data dan ketidakpastian. Instrumen yang digunakan adalah tes diagnostik yang diadaptasi dari soal PMM. Penelitian dilakukan dengan survei di sebuah SMP Islam di Kabupaten Karawang. Sampel yang digunakan sebanyak 32 siswa kelas 8. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa jenis kesalahan yaitu reading erorrs sebesar 56%; comprehension errors 61%; transformations error sebanyak 72%; processing skill errors sejumlah 75%; dan encoding errors sebanyak 72%. Setiap kesalahan siswa berada di atas 50% sejalan dengan Rapor Pendidikan, maka siswa kesulitan mengerjakan soal tipe PMM.
Keywords:
Kurikulum Merdeka, Numerasi, Prosedur Newman, platform merdeka mengajarDownloads
References
Aulia, J., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 484-500.
Herdiman, et al. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP Pada Materi Lingkaran. PRISMA, 07(01), 1-10.
Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis. PARADIKMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 08(01), 37-51.
Kahar, M. S., & Layn, M. R. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(2), 95-102.
Kemendikbud. (2022). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Jakarta: Pusmenjar, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kemendikbud.
Kemendikbud. (2021). Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi Di Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kemendikbud.
Kemendikbud. (2022). Buku Saku Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud R.I.. (2022). Kebijakan Asesmen Nasional, Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=3xOFTaBXRno, on 16th December 2022.
Kepmendikbudristek No. 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Kurniawan, A., & Fitriani, N. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal aritmatika sosial. Journal on Education, 2(2), 225-232.
Maidiana. (2022). Penelitian Survey. ALACRITY : Journal Of Education, 01(02), 20-29.
Midawati. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Educatio, 08(03), 831-837.
Mulyawati, I. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Dengan George Polya. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 06(01), 201-211.
Muthmainnah, A., & Rohmah, S. Learning Loss: Analisis Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Kewarganegaraan, 06(01), 969-975.
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Inovasi Kurikulum, 19(02), 251-262.
Paladang, K. K., Indriyani, S., & Dirgantoro. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SLH Medan dalam Mengerjakan Soal Matematika Materi Fungsi Ditinjau Dari Prosedur Newman. Jurnal of Holistic Mathematics Education, 01(02), 93-103.
Priyantini, D. A. M. M. O., Suarni N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 08(02), 243-250.
Pusmendik Kemendikbud. (2022). Rapor Pendidikan Publik: Profil Wilayah, Retrieved from https://pusmendik.kemdikbud.go.id/profil_pendidikan/profil-wilayah.php, on 14th December 2022.
Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linier satu variabel. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165-174.
Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 01(01), 60-65.
Rofi'ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan langkah penyelesaian polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2).
Saputra, F. D. (2015). Analisis Kesalahan Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas V Sdn Sumbersih 01 Kabupaten Blitar (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
Savitri, D. A., & Yuliani, A. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan trigonometri ditinjau dari gender berdasarkan Newman. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(5), 463-474.
Siregar, N. F. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 1-14.
Sumadiasa, I. G. (2014). Analisis kesalahan siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Dolo dalam menyelesaikan soal luas permukaan dan volume limas. Aksioma, 3(2), 197-208.
Tabroni, I. et al. (2022). Peranan Model Pembelajaran Vygotski Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 06(03), 486-495.
Toha, M., Mirza, A., & Ahmad, D. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi perbandingan di kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(1).
Ully, A. C., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Penyelesaian Soal Asesmen Kompetensi MinimumNumerasi. Jurnal Educatio, 08(04), 1318-1325.
Vionita, A., & Hartono. (2021). Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bilangan Model Ujian Negara Tingkat SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 08(01), 117-127.
Yusuf, A., & Fitriani, N. (2020). Analisis kesalahan siswa smp dalam menyelesaikan soal persamaan linear dua variabel di SMPN 1 campaka mulya-cianjur. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(1), 59-68.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ratna Nurmayningsih, Dadang Rahman Munandar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work