Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMA Dalam Menyelesaikan Materi Kalkulus Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12423Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa sekolah menengah atas dalam menggunakan materi turunan untuk memecahkan masalah matematis. Studi ini melibatkan 20 siswa di sekolah menengah atas di kelas dua belas. Metode deskriptif kualitatif diterapkan. Ketika data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan wawancara, pemecahan masalah ditunjukkan dengan memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, dan mengevaluasi hasil. Hasil menunjukkan bahwa siswa berada dalam dua kategori kemampuan: tinggi (15%) dan sedang (85%). Siswa memiliki kemampuan yang perlu ditingkatkan, menurut indikator pemahaman masalah dan evaluasi hasil. Sebaliknya, divisi yang bertanggung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan penyelesaian memiliki hasil yang lebih baik. Hasil menunjukkan bahwa siswa perlu meningkatkan kemampuan analitis dan pemahaman konseptual mereka dalam menyelesaikan masalah matematis, terutama yang terkait dengan materi turunan. Siswa dapat memperoleh bantuan dengan teknik interaktif seperti pembelajaran berbasis masalah.
Keywords:
Pemecahan masalah matematis,, Kemampuan Pemecahan MasalahDownloads
References
Apriliyanto, B. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 117-125.
Dewi, K., & Hakim, D. L. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Matematis Siswa Sma Pada Materi Integral. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 66-76.
Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Mathema Journal, 31-39.
Dwiwandira, N. R., & Tsurayya, A. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Materi Pengaplikasikan Klakulus pada Turunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2560-2669.
Ernest, P. (2015). The social outcomes of learning mathematics: Standard, unintended or visionary?International Journal of Education in Mathematics Science and Technology, 3(3), 187–192.
Fadhillah, A., Firmansyah, M. A., Syarifah, L. L., Rhardjo, S., & Erliani, T. P. (2019). Analisis Learning Obstacle pada Materi Integral. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 243-251.
Husna, L. D., Widiyanti, S. I., Fadhillah, A., Nafisah, Z., & Desniarti. (2024). Kemampuan Pemecahan Pemodelan Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Phi, 150-157.
Kamila, I., Widyasiti, M., Andriyanti, A., & Rohaeti, E. (2020). Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Matematika Melalui Rumus Cepat Integral Bagi Siswa Al Falak. Jurnal Karya Abdi, 585-591.
Nafisah, Z., Husna, L. D., & Khayroiyah, S. (2024). Analysis of Mathematic Peoblem-Solving Ability in Solving Pythagoras Theorem Peoblems. Reimann: Research of Mathematics Education, 151-163.
Nahdi, D. S., Jatisunda, M. G. ., Cahyaningsih, U. ., Rasyid, A. ., & Hidayah, R. (2024). Mapping Geometric Minds: Exploring 3D Thinking Skills of Elementary School Students Using the Van Hiele Model. Journal of Education For Sustainable Innovation, 2(1), 94–106. https://doi.org/10.56916/jesi.v2i1.806
Ramawati, Aprilia, S., Puspita, D., Anggaraini, S., & Desniarti. (2024). Analsis Pendidikan Matematika Konsep Integral Siswa/Siswi Kelas Xii Mipa 7 Sman 13 Medan. Elips: Jurnal Pendidikan Matematika, 12-18.
Sidik, G. S. ., Zahrah, R. F. ., Hariyani, M. ., & Fadhilaturrahmi, F. (2023). Development of Mathematics Teaching Materials Using Didactical Design Research: A Study on Enhancing Pedagogical Content Knowledge in Quadratic Inequalities. Journal of Education For Sustainable Innovation, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.56916/jesi.v1i1.489
Sulistyorini, Y., & Napfiah, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Kalkulus. Jurnal Aksioma, 279-287.
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 119-130.
Tejawiani, I., Sucahyo, N., Usanto, & Sopian, A. (2023). Peran Artifical Intelegence Terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa Dengan Menerapkan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Masyarakat Mandiri, 3578-3592.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Laila Laila Diyatul Husna, Yanuar Rizki Hasibuan, Annisaul Fadilah, Misda Milala Dama, Dwi Novita Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work