Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMA Dalam Menyelesaikan Materi Kalkulus Dasar

Authors

  • Laila Diyatul Husna Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Yanuar Rizki Hasibuan Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Annisaul Fadilah Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Misda Milala Dama Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan
  • Dwi Novita Sari Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12423

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa sekolah menengah atas dalam menggunakan materi turunan untuk memecahkan masalah matematis. Studi ini melibatkan 20 siswa di sekolah menengah atas di kelas dua belas. Metode deskriptif kualitatif diterapkan. Ketika data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan wawancara, pemecahan masalah ditunjukkan dengan memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, dan mengevaluasi hasil. Hasil menunjukkan bahwa siswa berada dalam dua kategori kemampuan: tinggi (15%) dan sedang (85%). Siswa memiliki kemampuan yang perlu ditingkatkan, menurut indikator pemahaman masalah dan evaluasi hasil. Sebaliknya, divisi yang bertanggung jawab untuk merencanakan dan melaksanakan penyelesaian memiliki hasil yang lebih baik. Hasil menunjukkan bahwa siswa perlu meningkatkan kemampuan analitis dan pemahaman konseptual mereka dalam menyelesaikan masalah matematis, terutama yang terkait dengan materi turunan. Siswa dapat memperoleh bantuan dengan teknik interaktif seperti pembelajaran berbasis masalah.

Keywords:

Pemecahan masalah matematis,, Kemampuan Pemecahan Masalah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliyanto, B. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Turunan Fungsi Aljabar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 117-125.

Dewi, K., & Hakim, D. L. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Matematis Siswa Sma Pada Materi Integral. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 66-76.

Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematis Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Mathema Journal, 31-39.

Dwiwandira, N. R., & Tsurayya, A. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Materi Pengaplikasikan Klakulus pada Turunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2560-2669.

Ernest, P. (2015). The social outcomes of learning mathematics: Standard, unintended or visionary?International Journal of Education in Mathematics Science and Technology, 3(3), 187–192.

Fadhillah, A., Firmansyah, M. A., Syarifah, L. L., Rhardjo, S., & Erliani, T. P. (2019). Analisis Learning Obstacle pada Materi Integral. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 243-251.

Husna, L. D., Widiyanti, S. I., Fadhillah, A., Nafisah, Z., & Desniarti. (2024). Kemampuan Pemecahan Pemodelan Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Phi, 150-157.

Kamila, I., Widyasiti, M., Andriyanti, A., & Rohaeti, E. (2020). Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Matematika Melalui Rumus Cepat Integral Bagi Siswa Al Falak. Jurnal Karya Abdi, 585-591.

Nafisah, Z., Husna, L. D., & Khayroiyah, S. (2024). Analysis of Mathematic Peoblem-Solving Ability in Solving Pythagoras Theorem Peoblems. Reimann: Research of Mathematics Education, 151-163.

Nahdi, D. S., Jatisunda, M. G. ., Cahyaningsih, U. ., Rasyid, A. ., & Hidayah, R. (2024). Mapping Geometric Minds: Exploring 3D Thinking Skills of Elementary School Students Using the Van Hiele Model. Journal of Education For Sustainable Innovation, 2(1), 94–106. https://doi.org/10.56916/jesi.v2i1.806

Ramawati, Aprilia, S., Puspita, D., Anggaraini, S., & Desniarti. (2024). Analsis Pendidikan Matematika Konsep Integral Siswa/Siswi Kelas Xii Mipa 7 Sman 13 Medan. Elips: Jurnal Pendidikan Matematika, 12-18.

Sidik, G. S. ., Zahrah, R. F. ., Hariyani, M. ., & Fadhilaturrahmi, F. (2023). Development of Mathematics Teaching Materials Using Didactical Design Research: A Study on Enhancing Pedagogical Content Knowledge in Quadratic Inequalities. Journal of Education For Sustainable Innovation, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.56916/jesi.v1i1.489

Sulistyorini, Y., & Napfiah, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Kalkulus. Jurnal Aksioma, 279-287.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 119-130.

Tejawiani, I., Sucahyo, N., Usanto, & Sopian, A. (2023). Peran Artifical Intelegence Terhadap Peningkatan Kreativitas Siswa Dengan Menerapkan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Masyarakat Mandiri, 3578-3592.

Downloads

Abstract Views : 57
Downloads Count: 20

Published

2025-03-22

How to Cite

Husna, L. D., Hasibuan, Y. R., Fadilah, A., Dama, M. M., & Sari, D. N. (2025). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMA Dalam Menyelesaikan Materi Kalkulus Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(1). https://doi.org/10.31949/educatio.v11i1.12423

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.