Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/educatio.v10i4.8790Abstract
Kemampuan pemecahan masalah memiliki 4 indikator menurut polya yaitu: (1) Memahami masalah; (2) Menyusun rencana pemecahan masalah; (3) Melaksanakan rencana; (4) Mengkaji ulang jawaban. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa dilihat dari kategori tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Desain penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah dapat dilihat dari hasil analisis data bahwa siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi secara keseluruhan memenuhi 4 indikator pemecahan masalah matematis. Indikator tersebut berdasarkan langkah Polya yang memiliki 4 tahapan. Tahapan pertama memahami masalah, kedua merencanakan pemecahan masalah, ketiga menyelesaikan, dan keempat memeriksa kembali. Siswa yang memiliki motivasi belajar sedang dari soal pertama hanya memenuhi tahapan pertama yaitu memahami masalah sedangkan soal kedua siswa tersebut memenuhi semua tahapan. Siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dari kedua soal tes yang diberikan hanya memenuhi tahapan memahami masalah.
Keywords:
pemecahan masalah matematis, motivasi belajarDownloads
References
Al-Maroof, R. A. S., & Al-Emran, M. (2018). Students Acceptance of Google Classroom: An Exploratory Study using PLS-SEM Approach. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 13(06), 112–123.
Gagne, R. M. (1974). Essentials of Learning and Instruction. New York: Holt Rinehalt and Winston.
Lyche, T., and Morken, K.. (2004). Spline Methods, Draft, Retrieved from http://www.ub.uio.n./umn/english/index.html, on 23th Feb 2005 Agsya, Feni Maisyaroh., Maimunah., Roza, Yenita. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa MTs. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, Vol. 4, No. 2.
Al Ayubi, Ibnu Imam, dkk. 2018. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, Vol. 1 No. 3, hlm 355-360.
Amam, Asep. 2017. Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA), Vol. 2 No. 1, Hal 39-46.
Apiati, Vepi, dan Hermanto, Redi. 2020. Kemampuan Berpikir kritis Peserta Didik dalam Memecahkan Masalah Matematik Berdasarkan Gaya Belajar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 9 No. 1.
Ardianingtyas, Illyuna Rizki, Sunandar, dan Dwijayanti, Ida. 2020. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 2 No. 5, Hal. 401-408.
Cleopatra, M. 2015. Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Belajar Terhadap. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA.
Davita, P.W.C., dan Pujiastuti, H. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol. 11 No. 1, hlm 110-117. DOI: http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601.
Fadli, Muhammad Rijal. 2021. Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, Vol. 21 No. 1, hlm 33-54.
Fauzi, Ade Miftah, dan Abidin, Zainal. 2019. Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Tipe Kepribadian Thinking-Feeling dalam Menyelesaikan Soal PISA. Suska Journal of Mathematics Education, Vol. 5 No. 1, hlm 1-8. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v5il.6769.
Hermawati, dkk. 2021. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Kubus dan Balok di SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 10 No. 1.
Hidayat, W dan Sariningsih. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), Vol. 2 No. 1, Hal. 109118.
Kurniawan, Reka Ikraami, dkk. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, Vol. 1 No. 2.
Latifah, Teli, dan Afriansyah, Ekasatya Aldila. 2021. Kesulitan Dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education, Vol. 3 No. 2, pp. 134-150. DOI: https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.3207.
Opaldo, S. U., Heryani, Y. 2017. Korelasi Antara Motivasi Belajar Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, Vol. 3, No. 1, pp. 63-70.
Pujiastuti, H. 2014. Pembelajran Inquiry Co-operation Model untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi, dan SelfEsteem Matematis Siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia.
Putriani, Jesika Dwi dan Hudaidah. 2021. Penerapan Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3 No. 3, hlm 831-838.
Septikasari, Resti dan Frasandy, Rendy Nugraha. 2018. Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, Vol. 8 Edisi 2, hlm 112-122.
Setiani, A., Lukman, H. S., dan Suningsih. 2020. Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping. PRISMA, Vol. 9 No. 2.
Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suraji, dkk. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, Vol. 4 No. 1, Hal. 9-16.
Suriati, Arista, dkk. 2021. ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS X SMA ISLAM KEPANJEN. RAINSTEK (Jurnal Terapan Sains & Teknologi), Vol. 3 No. 3.
Suryawan, Herry Pribawanto. 2020. Pemecahan Masalah Matematis. Yogyakarta: SANATA DHARMA UNIVERSITY PRESS.
Ulya, Himmatul. 2015. HUBUNGAN GAYA KOGNITIF DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Jurnal Konseling GUSJIGANG, Vol. 1 No. 2.
Uno, B. H. 2014. Teori Motivasi & Pengukurannya. Personel Review.
Warti, E. 2016. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Mosharafa, Vol. 5, No. 2.
Yona, Sri. 2006. PENYUSUNAN STUDI KASUS. Jurnal Keperawatan Indonesia, Vol. 10 No. 2, hal 76-80.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fauzi Pangestu, Ana Setiani, Aritsya Imswatama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Educatio FKIP UNMA agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work